Manfaat Plastik Beserta Daur Ulangnya

Discussion in 'Science' started by Wizam Robbani, Apr 7, 2016.

  1. Wizam Robbani

    Wizam Robbani New Member

    Joined:
    Oct 3, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pernahkah kamu bayangkan hidup tanpa adanya plastik? Sadar atau tidak, plastik kini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

    Ketika bangun pagi, secara tanpa sadar kamu sudah menggunakan beragam benda berbahan plastik, seperti smartphone atau alarm. Meskipun perannya dianggap penting, akan tetapi plastik juga telah menimbulkan permasalahan paling utama pada kelestarian lingkungan.

    Pengolahan limbah plastik wajib dieksekusi secara tepat. Hal ini dikarenakan plastik mengandung materi yang sulit diurai secara alami. Berikut ini beberapa keterangan terkait peran plastik pada kehidupan kita sehari-hari beserta pemanfaatan daur ulangnya.

    Plastik Sudah Banyak Digunakan dalam Berbagai Sektor

    Plastik memilliki fleksibilitas dalam setiap hal pengemasannya. Terlepas dari pembuatannya yang berdasarkan pada ketahanan, kekuatan, bentuk dan ukuran.

    Plastik kini telah menjadi pilihan pertama dalam pertimbangan pengemasan dan perlindungan pada suatu produk. Seperti halnya dalam bidang medis, kemasan plastik kini sudah dikemas pada beberapa alat kedokteran agar terhindar dari kontaminasi dan penyebaran beragam infeksi.

    Bahkan, tak jarang pula ibu-ibu yang membawakan makanan untuk anaknya dalam wadah plastik yang berkualitas dan aman meskipun makanan masih dalam keadaan panas. Selain aman, membawa bekal dengan menggunakan plastik juga dapat menjaga keutuhan rasa makan serta kemudahan dalam penyimpanan maupun pengiriman.

    Beralih ke bidang konstruksi dan bangunan, beragam bahan yang terbuat dari plastik dapat kita temukan disini. Seperti pipa, pintu, insulasi dan lain sebagainya.

    Dari beberapa paragraf diatas, dapat kita simpulkan bahwasanya plastik telah memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, jika kita masih ingin menggunakan plastik maka gunakanlah sewajarnya saja. Karena penggunaan plastik berlebihan akan berdampak pada kerusakan ekosistem alam dan lingkungan.

    Manfaat Mendaur Ulang Plastik

    [​IMG]


    Melakukan daur ulang terhadap plastik bekas adalah salah satu solusi dalam merawat kelestarian alam dan lingkungan. Berbagai negara maju pun kini sudah merintis untuk memulai program daur ulang biji plastik berkualitas. Produk dengan bahan plastik umumnya mempunyai sebuah kode untuk memastikan apakah produk tersebut dapat didaur ulang atau sebaliknya.

    Keuntungan lainnya dalam mendaur ulang plastik yakni menghemat bahan bakar. Saat ini, harga bahan bakar telah naik dan menyebabkan harga kebutuhan pokok lainnya juga bernasib demikian. Dengan mendaur ulang plastik, diharapkan penggunaan bahan bakar akan lebih efisien ketimbang memproduksi plastik yang baru.

    Daur ulang plastik juga dapat menekan intensitas gas rumah kaca. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang dibutuhkan lebih sedikit ketimbang memproduksinya secara baru lagi. Sehingga energi yang dihabiskan pun menjadi lebih kecil dan akan berdampak pada keluarnya hasil polusi yang sedikit pula.

    Dari penjelasan diatas, sepertinya kita sudah memahami bahwa mendaur ulang plastik adalah solusi alternatif dalam merawat lingkungan.
     
  2. Baihaqi

    Baihaqi Member

    Joined:
    Dec 26, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    Ternyata plastik ada manfaatnya juga ya.. *akhirnya*
     
Loading...

Share This Page