Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Discussion in 'Education' started by ecallica, Jan 5, 2018.

  1. ecallica

    ecallica Member

    Joined:
    Dec 15, 2015
    Messages:
    69
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    ISO 14001 adalah sebuah sistem manajemen lingkungan yang membantu perusahaan Anda mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai bagian dari praktek bisnis normal. Berikut ini beberapa manfaat Sertifikasi ISO 14001 yang dapat Anda perhatikan.

    Tingkatkan Citra dan Kredibilitas Bisnis

    Jika kontrak atau tender Anda memerlukan sertifikasi ISO 14001, maka ini adalah keuntungan yang nyata dari manfaat sertifikasi iso 14001. Tapi, meski bukan persyaratan formal, sangat sering pelanggan, tetangga, dan masyarakat lokal Anda tertarik dengan bagaimana Anda peduli terhadap lingkungan di sekitar Anda. Semakin banyak konsumen prihatin dengan praktik lingkungan dari perusahaan yang menghasilkan produk yang mereka gunakan. Salah satu cara untuk meyakinkan semua orang bahwa Anda berkomitmen untuk mengelola dampak lingkungan Anda adalah dengan memiliki sistem pengelolaan lingkungan yang dapat ditunjukkan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan dampak ini. Hal ini dapat meningkatkan citra Anda, membantu Anda mempertahankan citra publik yang baik, dan memperbaiki hubungan masyarakat – yang dapat membantu meningkatkan pangsa pasar Anda dengan pihak-pihak yang berkepentingan ini.

    Membantu Anda Mematuhi Persyaratan Hukum

    Salah satu manfaat terpenting yang dapat diperoleh dari penerapan dan Sertifikasi ISO 14001 adalah memberi Anda kerangka kerja untuk mengidentifikasi, memantau dan mematuhi berbagai persyaratan lingkungan yang sesuai dengan proses Anda. Tentu saja Anda mencoba mengikuti semua hukum yang berlaku sebelum menerapkan sistem manajemen lingkungan, namun sistem itu sendiri dapat membantu dalam menjaga kepatuhan Anda. Selain itu, implementasi akan memberi tahu orang-orang bahwa Anda peduli terhadap lingkungan, dan memiliki kerangka kerja yang telah terbukti untuk mengidentifikasi dan mematuhi berbagai persyaratan hukum, peraturan dan kontrak, sehingga meningkatkan citra dan kredibilitas Anda seperti di atas.

    Peningkatan Pengendalian Biaya

    Semua perusahaan ingin mengurangi biaya – ini adalah fakta kehidupan di ekonomi dunia saat ini – namun Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sistem manajemen lingkungan dapat membantu pengendalian biaya. Cara pertama yang bisa terjadi adalah dengan menggunakan sistem Anda untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi jumlah insiden lingkungan yang terjadi, yang dapat merugikan perusahaan Anda melalui biaya tanggung jawab denda, pembersihan, dan reparasi. Kedua, Anda dapat menggunakan aspek perbaikan dari sistem manajemen lingkungan untuk membantu mengurangi biaya dengan bekerja untuk menghemat energi dan bahan masukan yang dibutuhkan oleh proses perusahaan Anda.

    Tingkat Keberhasilan yang Lebih Tinggi Saat Menerapkan Perubahan
    Ketika Anda mencoba membuat perbaikan yang diuraikan di atas, penting untuk memastikan Anda bekerja dengan data yang bagus dan akurat, yang merupakan elemen kunci dari standar ISO 14001. Saat melakukan kegiatan perbaikan ini, Anda dapat sangat meningkatkan peluang bahwa Anda akan berhasil pertama kali dengan melacak peningkatan melalui pengumpulan data yang baik – dan bahkan jika inisiatif tersebut tidak berjalan, Anda akan menemukan ini lebih cepat sehingga Anda dapat melakukannya. memperbaiki masalah dan pulih lebih cepat. Ini bisa menghemat waktu dan uang lebih jauh.

    Perbaikan Proses yang Lebih Cepat

    Unsur perbaikan terus-menerus yang merupakan bagian integral dari persyaratan ISO 14001 dapat digunakan untuk membantu bisnis Anda beralih dari peningkatan kecil menuju peningkatan yang lebih besar pada proses organisasi Anda. Melalui proses yang sistematis ini, Anda dapat membangun citra publik Anda dengan lebih baik dan mengurangi biaya Anda seperti yang teridentifikasi di atas, namun untuk terus melakukannya, dapat membantu karyawan Anda menemukan cara baru dan lebih baik untuk mengurangi dampak lingkungan dan menghemat waktu dan sumber daya saat mereka memperbaiki proses. . Ketika orang terlibat dalam budaya yang memanfaatkan mereka untuk bekerja menuju tujuan perbaikan yang sama, mereka lebih terlibat secara keseluruhan.

    Kurangi Turn Over Karyawan

    Seperti yang baru saja dinyatakan, karyawan yang terlibat dalam perbaikan perusahaan lebih banyak terlibat dalam aspek lain dari perusahaan. Mengingat pilihan antara bekerja untuk perusahaan yang menunjukkan kepedulian dan kepedulian terhadap lingkungan disekitarnya dan yang tidak, kebanyakan orang lebih menyukai perusahaan pertama. Karyawan yang terlibat dalam usaha kelompok untuk mengurangi jejak lingkungan perusahaan seringkali akan memiliki peningkatan fokus dan retensi karyawan, dan lebih mudah dan lebih murah untuk mempertahankan karyawan daripada merekrut dan melatih karyawan baru. Jadi, setiap dolar yang dihabiskan untuk membantu karyawan menjadi lebih terlibat perlu penghematan lebih besar untuk departemen pelatihan dan perekrutan.
    Tentu saja, alasan utama untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dengan menggunakan persyaratan ISO 14001 adalah membantu lingkungan dengan tidak mengurangi dampak negatif dan mengurangi jejak lingkungan Anda. Meskipun hal ini tetap benar, beberapa perusahaan masih dapat menemukan kesulitan untuk mempertahankan pengeluaran moneter yang dibutuhkan untuk menerapkan perubahan. Akan lebih mudah untuk membenarkan biaya pembuatan perbaikan ini dengan memusatkan perhatian pada manfaat lain yang dapat melampaui cita-cita sederhana pengelolaan lingkungan dan lebih fokus pada keuntungan jangka panjang dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan.

    Sumber : Badan Sertifikasi ISO
     
Loading...

Share This Page