Manfaat Susu Untuk Sendi Lutut

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Nov 20, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Rasa sakit yang ditimbulkan akibat osteoarthritis bisa sangat menyakitkan. Orang-orang yang terkena OA ini akan sangat kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari nya. Hal ini segala aktivitas menjadi terhambat. Maka dari itu, rasa sakit pada sendi lutut ini harus dicegah agar tidak mengganggu rutinitas.

    Nyeri Lutut Secara Umum ?

    Kebanyakan, rasa nyeri pada sendi ini seringkali menyerang orangtua. Akan tetapi, tidak juga menutupi kemungkinan anda yang masih muda untuk terserang penyakit sendi dan tulang yang satu ini. Rasa sakit pada sendi lutut atau OA ini sering menyerang wanit daripada pria pada usia sekitaran 25 tahun ke atas.

    Penyebab dari OA sendiri adalah adanya pengapuran sendi karena menipis atau rusaknya tulang rawan sendi. Tulang rawan yang menipis ini tidak dapat lagi melapisi permukaan sendi sehingga tulang dapat saling bergesekan dan akhirnya mengakibatkan rasa nyeri.

    Salah seorang peneliti mengklaim bahwa hanya dengan segelas susu sehari dapat membantu menghentikan rasa nyeri sendi pada lutut. Hal ini diperkuat kembali yang dilakukan oleh peneliti di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa wanita yang sering mengkonsumsi susu rendah lemak cenderung memiliki sedikit permasalahan pada sendi lututnya.

    Penelitan tersebut telah dilakukan pada sekitar 1.260 wanita yang diberikan susu setiap hari dalam waktu kurun 12, 24, 36, dan 48 bulan untuk melihat hasilnya. Hal mengejutkan terjadi bahwa susu rendah lemak memang sangat membnatu mengurangi rasa nyeri pada sendi lutut dan memperlambat perkembangan peradangan dengan sangat baik pada wanita.

    Susu Untuk Sendi Lutut

    Menurut Dr. Bing Lu yang menjelaskan bahwa OA adalah bentuk yang paling umum dari arthritis dan merupakan kondisi degeneratif yang cukup kronis. Selain itu, kerusakan sendi lutut pada wanita dapat menurun ketika asupan susu meningkat per gelasnya. Kendati demikian, semua wanita nampaknya mengalami beberapa penyempitan ruang sendi. Akan tetapi, yang paling tidak terlihat jelas adalah pada wanita yang lebih banyak meminum susu.

    Pada saat wanita meminum susu tidak kurang dari 3-6 gelas, maka lebar dari ruang sendi lutut nya mengalami penurunan sebesar 0,26mm. Hal ini tidak akan berdampak sama sekali jika anda mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju. Mengkonsumsi keju justru hal sebaliknya yang akan terjadi, OA yang anda alami akan semakin berkembang. Sedangkan untuk yoghurt sendiri meskipun anda mengkonsusmi dalam jumlah yang banyak, kondisi dari sendi lutut anda tidak akan mengundang efek apapun.

    Secara umum, susu memang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh fosfor, protein, vitamin D, dan juga kalsium. Oleh karenanya, tidaklah heran jika susu memberikan efek sangat baik meredakan nyeri osteoarthritis.

    Tidak hanya disini saja, hal lain yang perlu ditekankan adalah bahwa mengkonsumsi sus harus yang rendah lemak, bukan susu full cream. Hal inilah yang mampu untuk mencegah perkembangan arthritis. Meskipun penelitian ini masih perlu untuk dilanjutkan, akan tetapi para peneliti yakni bahwa peran dari hormon estrogen ini sangat berpengaruh terhadap tulang wanita akibat efek susu terhadap OA.

    Oleh karenanya, jika anda ingin bebas dari penyakit sendi pada lutut, konsumsi susu rendah lemak segelas sehari mulai dari sekarang juga.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,407
    Likes Received:
    102
    Trophy Points:
    63
    Susu macam mana yang sebaiknya dikonsumsi untuk penderita sendi lutut ini?
    Apakah susu kedelai juga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit sendi lutut ini?
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Susu kedelai juga termasuk ke dalam susu rendah lemak gan
    Hal tersebut tentu saja sangat baik untuk menjaga kualitas sendi dan tulang anda :):)
     
  4. banbang

    banbang New Member

    Joined:
    Nov 15, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalo susu kambing kira² berpengaruh tidak?
     
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Nah untuk susu kambing, terdapat sebuah produk yang sangat baik dan tidak mengandung lemak yang berlebih gan, sehingga akan lebih baik untuk kesehatan sendi dan tulang anda
     
Loading...

Share This Page