Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Discussion in 'Health & Medical' started by Windi Ariska, Aug 4, 2016.

  1. Windi Ariska

    Windi Ariska Member

    Joined:
    Dec 5, 2014
    Messages:
    403
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Tidur siang bagi buah hati seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sepele oleh para orang tua. Padahal manfaat tidur siang untuk si kecil sangat luar biasa karena memberikan pengaruh yang sangat penting untuk daya tahan tubuh, kesehatan, daya ingat, dan masih banyak lagi yang lainnya. idealnya setiap anak memerlukan waktu tidur selama 12-14 jam dalam sehari semalam.
    [​IMG]
    Jika buah anak tidur di malam hari selama 10-12 jam, maka anak harus tidur di siang hari selama 2 jam. namun semakin besar dan aktif anak, maka ia akan semakin sulit untuk disuruh tidur siang. Maka anda harus mengkondisikan buah hati agar ia tidur di siang hari untuk mengembalikan lagi energinya yang banyak terpakai untuk bermain. Berikut ini beberapa manfaat penting tidur siang untuk buah hati:

    1. Merangsang pertumbuhan tubuh
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang terbiasa tidur siang akan memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal dibandingkan anak yang tidak mau tidur siang. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan yang disebut Human-Growth Hormone (h-Gh) lebih aktif mengalir dalam darah saat si kecil tidur siang. Hormon ini dihasilkan oleh otak yang bekerjasama dengan hormon yang lainnya seperti hormon gondok, anak ginjal, tulang, dan otot. Semuanya mendukung proses pertumbuhan tubuh buah hati.

    2. Meningkatkan kemampuan untuk memproses informasi
    Untuk bayi berumur di atasu satu tahun, aktivitas tidur siang akan membantu meningkatkan kemampuan dalam memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuannya. Jika si kecil mendapatkan waktu tidur siang yang cukup, maka mereka tidak akan mudah merasa kelelahan dan akan mampu menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya setiap hari secara lebih optimal.

    3. Membuat anak lebih bahagia
    Jika anak tidak mendapatkan waktu tidur siang yang cukup, maka hal tersebut akan menyebabkan anak mudah stres dan tidak bahagia. Hal ini akan mengakibatkan anak mengalami gangguan mental saat dewasa. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa membiasakan anak untuk tidur siang yang akan membuat anak menjadi lebih bahagia karena dengan tidur siang akan meningkatkan mood si kecil.

    Itulah manfaat tidur siang yang sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil, semoga bermanfaat.
     
    lasealwin likes this.
  2. muxika

    muxika New Member

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Tidur siang bagi si kecil memang bagus dan sehat tapi awas!! nyamuk nakal, barangkalai juga ada yang lebih ganas yang membahayakan si kecil:)
     
  4. Rista aulia

    Rista aulia Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    wah terimkasih kak, infonya... lumayan buat si adek ni :D
     
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Kemampuan menyerap informasi adalah kemampuan otak dan menjadi bahagia juga adalah kemampuan pikiran
    Rileks dan berbaring membuat pikiran jernih
     
Loading...

Share This Page