Manfaatkan Cloud Computing Untuk Mengubah Dunia Pendidikan

Discussion in 'Education' started by raihan615, Aug 1, 2017.

  1. raihan615

    raihan615 New Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Cloud Server Indonesia –
    Keuntungan yang ditawarkan oleh cloud computing tidak hanya bagi bisnis dan perusahaan tetapi juga dapat diterapkan dalam bidang pendidikan. Teknologi yang diramalkan masih akan terus berkembang ini dipercaya dapat mengubah dunia pendidikan dengan berbagai kemudahan yang dimilinya. Sama seperti sebelumnya di mana cloud computing sukses mengubah dunia bisnis.

    Dengan memanfaatkan cloud computing pada bidang pendidikan maka:

    Tidak ada lagi buku pelajaran yang mahal. Bukan rahasia lagi kalau beberapa buku pelajaran, terutama pada tingkat universitas, sangat mahal hingga tidak terjangkau oleh sebagian pelajar. Cloud computing dapat menjadi solusi dengan menyediakan materi yang dibutuhkan dengan basis cloud computing yang dapat diakses dari berbagai perangkat milik pelajar atau mahasiswa setiap kali mereka membutuhkannya.

    Materi selalu dapat diperbaharui dengan mudah. Jika menggunakan buku pelajaran seperti saat sekarang sangat susah mengubah atau memperbaharui materi pendidikan karena itu berarti harus menarik seluruh buku kemudian mencetak dengan menambahkan materi baru tersebut lalu kembali membagikannya kepada murid. Sangat berbeda jika sekolah atau dunia pendidikan sudah bermigrasi menggunakan cloud computing. Pembaruan materi cukup dilakukan dengan menambahkan informasi tersebut.

    Sekolah akan menghemat biaya operasional karena tidak perlu lagi menyediakan perangkat komputer canggih atau software yang mahal. Aplikasi dengan basis cloud computing dapat diakses melalui browser internet selain itu sebagian besar juga kompatibel dengan perangkat seperti smartphone. Ini berarti sekolah tidak perlu menyediakan komputer lagi karena para murid dapat mengakses aplikasi yang diperlukan melalui smartphone mereka. Para murid juga tidak perlu membeli tambahan ruang penyimpanan seperti harddisk eksternal karena banyak yang menawarkan ruang penyimpanan berbasis cloud yang tidak berbayar. Salah satunya Google.

    Keuntungan lain yang tidak kalau pentingnya adalah dengan bermigrasi menggunakan cloud computing maka para pelajar tidak perlu membeli software untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Mereka cukup menggunakan aplikasi dan software yang disediakan oleh penyedia cloud computing. Selain itu mereka juga dapat menggunakan Google Docs secara gratis. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelajar juga sekolah dan para guru.

    sumber
     
    Last edited by a moderator: Aug 2, 2017
  2. rosyad

    rosyad Well-Known Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,067
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    48
    99% sma persis dengan forum.maxmanroe.com/threads/manfaatkan-cloud-computing-untuk-mengubah-dunia-pendidikan.6270 @ncang
     
Loading...

Share This Page