Manfaatkan Pola Engulfing Candle Dengan Baik Saat Trading Forex

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Dec 1, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    100
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Seorang trader yang profesional (crypto) pastilah memiliki strategi andalan dalam melakukan aktivitas trading. Strategi andalan yang dimaksud bisa merupakan strategi yang dikembangkan sendiri maupun strategi default yang sudah umum beredar di kalangan para trader. Baik itu strategi yang dikembangkan sendiri maupun strategi default, sama saja bagusnya karena semuanya akan kembali lagi pada diri trader itu sendiri. Itulah mengapa strategi default seperti memanfaatkan pola engulfing candle menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh trader, baik trader pemula maupun profesional.

    Pada dasarnya penerapan strategi yang dimaksud tadi cukup mudah, karena hanya perlu memperhatikan jejeran candle stik yang terbentuk. Apalagi strategi tersebut dapat digunakan pada kondisi tren harga bullish maupun kondisi tren harga bearish. Untuk lebih jelasnya terkait strategi yang satu ini baik itu dalam kondisi bullish maupun bearish, berikut ini pembahasannya.

    [​IMG]

    1. Pada kondisi tren harga bullish

    Seperti yang sudah umum diketahui bahwa tren harga bullish artinya tren harga sedang cenderung menuju ke arah naik baik itu secara cepat maupun secara lambat. Kondisi bullish jelas disimbolkan dengan bar-bar candle stik yang bergerak ke atas hingga terjadilah pola engulfing. Pola engulfing pada candle stik yaitu ketika ada dua bar candle stik yang menyimbolkan harga naik, kemudian ada satu bar candle stik baru yang terbentuk dengan arah melawan tren, yang dalam hal ini artinya ke arah harga turun. Tetapi bukan sembarang turun, melainkan bar candle stik yang baru terbentuk dengan arah berlawanan tersebut harus lebih besar dari satu bar candle stik sebelumnya, sehingga memberi kesan seolah-olah menelan. Itulah mengapa diberi istilah pola engulfing karena engulf sendiri memiliki arti menelan.

    2. Pada kondisi tren harga bearish

    Konsepnya sebetulnya sama saja dengan pada saat kondisi tren harga bullish, yang membedakan jelas arah dari tren dan tentu saja tiap-tiap bar candle stik. Pada kondisi ini, pola engulfing yang dimaksud adalah ketika ada dua bar candle stik sedang menunjukkan harga turun, kemudian ada satu bar candle stik yang baru terbentuk dengan arah sebaliknya. Bar candle stik yang baru terbentuk itu juga memberikan kesan seolah menelan satu bar candle stik sebelumnya yaitu candle stik yang masih bearish.

    Apabila pola engulfing pada candle stik baik itu ketika bullish maupun bearish muncul, maka hal itu merupakan tanda akan adanya pembalikan tren harga. Jika tren harga tadinya sedang bullish maka setelah pola tersebut tren akan cenderung turun. Begitu juga sebaliknya ketika tren tadinya sedang bearish maka setelah pola demikian akan segera berbalik arah menuju ke atas menandakan kenaikan harga. Karena kondisi yang demikianlah maka banyak orang yang juga menyebut pola engulfing pada candle stik sebagai titik balik tren.

    Mengenai akurasi dari pola yang satu ini memang cukup tinggi, itulah mengapa sering dijadikan strategi andalan bagi trader profesional sekalipun. Tidak sedikit juga yang mengembangkan strategi memanfaatkan pola yang satu ini dengan dibantu indikator seperti misalnya indikator RSI. Sehingga ketika pola engulfing ini terjadi bertepatan dengan menyentuh salah satu titik RSI, sudah hampir dapat dipastikan harga memang akan benar-benar mengalami pembalikan arah tren.

    Setelah mengetahui informasi mengenai cara memanfaatkan pola engulfing candle stik seperti di atas maka tentunya akan semakin banyak trader yang akan menggunakannya. Tetapi tentu saja hal tersebut bukanlah masalah, karena strategi yang dijalankan oleh seorang trader tidak memiliki efek langsung terhadap trader lainnya.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,588
    Likes Received:
    122
    Trophy Points:
    63
    Engulfing candle adalah bentuk candle yang menelan candle sebelumnya
    pola lain yang mungkin muncul adalah inside bar, outside bar dsb.
     
Loading...

Share This Page