Masalah Yang Kerap Terjadi Pada AC Kantor dan Rumah

Discussion in 'General Discussion' started by karangmulya, Aug 14, 2019.

  1. karangmulya

    karangmulya Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    152
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Masalah Yang Kerap Terjadi Pada AC Kantor dan Rumah terutama pada AC jenis Split akan menjadi hal yang sering ditemukan bagi pengguna dan pemilik AC serta akan menjadi hal yang biasa. Tapi bagi pengguna baru tentunya tidaklah demikian, Oleh karena itu Karangmulya Rental, Jasa Sewa AC pada artikel kali ini akan coba membahas Permasalahan itu.

    Air Conditioner (AC) merupakan produk elektronik, Tidak seperti kebanyakan produk elektronik semisal Televisi, Speaker, Media Player, dll, Yang tidak memerlukan perawatan rutin, Pada AC diperlukan perawatan berkala dan pengerjaanya diperlukan pengetahuan serta kemampuan yang memadai. Selain itu Pemilik maupun pengguna AC diutamakan memiliki kemampuan dalam pengoperasiannya, Karena pada AC telah ditanamkan teknologi-teknologi guna lebih memaksimalkan kemampuan AC dan pada AC yang lebih modern, akan terpasang teknologi yang semakin canggih dan modern.


    Solusi dan Masalah Yang Kerap Terjadi Pada AC Kantor dan Rumah


    Kurang perhatiannya pemilik dan pengguna AC pada hal Perawatan dan Pengoperasian AC, dapat menimbulkan masalah-masalah kecil pada AC dan bila terus dibiarkan dapat menimbukan masalah yang lebih besar, bahkan kerusakan parah. Masalah Yang Kerap Terjadi Pada AC Kantor dan Rumah seperti AC tidak dingin, AC terlalu dingin, Suara berisik pada unit AC Indoor dan Outdoor, AC bocor, AC Hidup lalu Mati sendiri, dll.


    AC Tidak Dingin


    AC Tidak Dingin merupakan masalah yang serius dan sering membuat pemilik dan pengguna AC untuk tebak-tebak dimana masalah utamanya, Wajar saja jika tebak-tebak karena faktor kerusakannya memanglah banyak. Namun ada baiknya untuk mensetting terlebih dahulu menggunakan remote AC, Pastikan anda mengerti dan paham cara menggunakan Remote AC yang baik dan benar, Karena sering terjadi Permasalahan AC Tidak dingin bahkan AC terlalu dingin hanya karena pemilik atau pengguna AC kurang memahami cara menggunakannya.

    AC Tidak dingin atau tidak terlalu dingin bisa juga disebabkan karena salah perhitungan antara luas ruangan dengan jumlah PK pada AC. Perhitungan yang tepat sebelum membeli atau menggunakan AC amat penting agar tidak kecewa pada akhirnya.

    Kurangnya perawatan berkala dan perawatan yang tidak dilakukan dengan baik akan membuat AC tidak dapat bekerja maksimal sehingga AC tidak Dingin atau AC Tidak terlalu dingin. Masalah utamanya adalah kotoran-kotoran yang menumpuk pada Saringan AC atau Filter AC, Kipas AC atau Blower AC, Evaporator AC, dll. Rutin dalam membersihkan komponen tersebut dapat menjaga agar AC selalu dingin dan memberikan kenyamanan, Selain itu kotoran debu tersebut jika tersebar keruangan tentunya dapat membawa keburukan terutama masalah kesehatan.

    Air Conditioner (AC) merupakan produk elektronik dan kerusakan komponen tentu saja tidak mustahil, AC Tidak Dingin dapat disebabkan karena adanya kerusakan komponen, Namun sebelumnya dapat dilakukan pengecekan pada Freon AC, Tidak dinginnya AC karena dampak dari kehabisan atau kekurangan Freon AC. Komponen yang dapat dicek seperti Thermostat yang berfungsi sebagai pengatur suhu, Kompresor AC, Kapasitor, Kipas, Relay pada unit Outdoor AC, dll.



    AC Terlalu Dingin


    AC terlalu dingin disebabkan karena Setting AC pada Remote AC yang salah, Saat mensetting suhu AC dengan remote, selalu pastikan remote menghadap ke AC dan memberikan indikator bunyi atau lampu yang berkedip. Angka pada suhu ac yang ditunjukan oleh remote tidak menunjukkan suhu yang diatur jika tidak mengarah ke unit AC. Akhirnya mengira sudah disetting pada suhu 18ºC, padahal AC otomatis masih membatasi suhu pada 27-28ºC.
    AC terlalu dingin juga disebabkan karena salah perhitungan antara luas ruangan dengan jumlah PK pada AC. PK AC yang besar sedangkan ruangan tidak luas akan membuat suhu diruangan akan terlalu dingin.

    Kerusakan komponen AC seperti Thermostat dapat membuat AC terlalu dingin, Thermostat yang rusak akan membuat AC tidak dapat mengatur suhu ruangan secara otomatis, akibatnya dapat membuat AC terlalu dingin atau bahkan tidak dingin, Penggantian komponen dapat membuat AC akan bekerja normal kembali.



    AC Bocor atau Kebocoran Pada AC


    AC Bocor atau Kebocoran Pada AC biasanya ditandai dengan adanya rembasan hingga ada air yang menetes dari unit AC. Permasalahan AC Bocor umumnya terjadi karena adanya penyumbatan pada selang pembuangan air sehingga air tidak lancar bahkan tidak mampu menuju bak penampungan. Debit air yang semakin banyak namun arusnya terhambat akan meluber keluar sehingga terjadilah kebocoran AC.

    AC Bocor atau Kebocoran Pada AC juga bisa terjadi karena selang atau pipa pembuangan air terjadi kerusakan seperti bolong, pecah, dll. Umumnya permasalahan ini terjadi karena faktor usia dari selang atau pipa AC atau kerusakan karena human error.



    Suara Berisik Pada Indoor dan Outdoor AC


    Suara Berisik Pada Indoor dan Outdoor AC umumnya terjadi karena adanya komponen AC yang kotor, aus hingga mengalami kerusakan. Membersihkan kotoran pada baling-baling kipas AC hingga melumasi motor dan bearing kipas AC dapat menjadi solusi tepat dalam mengatasi Suara Berisik Pada Indoor dan Outdoor AC walaupun masalah utamanya bukan pada bagian kipas setidaknya sudah melakukan perawatan yang baik. Jika baling-baling kipas mengalami kerusakan segera ganti dengan yang baru.

    Suara Berisik Pada Indoor dan Outdoor AC umumnya juga terjadi karena adanya getaran dari body AC, Solusinya adalah mengecek ulang apakah AC sudah terpasang mantab. Cek pada baut-baut dan sekrup serta cek juga apakah ada kotoran keras seperti batu, baut, sekrup yang masuk kedalam body.
    Masalah lainnya bisa dari kompresor atau freon, liquid freon pada ac biasanya mengeluarkan suara mendesis seperti suara angin yang keluar pada lubang kecil dengan tekanan besar, Sehingga dapat mengeluarkan suara berisik. Dudukan kompresor juga dapat dicek, Karena karet penahan dudukan kompresor jika telah mengeras bahkan pecah dapat menimbulkan suara berisik juga.



    AC Hidup lalu Mati sendiri


    AC Hidup lalu Mati sendiri sering juga dialami pengguna atau pemilik AC, Pada pemasalahan AC Hidup lalu Mati sendiri diperlukan pengecekan yang baik sehingga dapat ditemukan masalahnya dan dicarikan solusinya. Cobalah untuk mematikan AC dan melakukan setting dengan remote, Jika tidak ditemukan solusinya maka diperlukan jasa service AC, Gunakanlah jasa service AC yang mantab dan terpercaya.

    Diakhir tulisan artikel ini, Karangmulya Rental, Jasa Rental AC hanya ingin menyarankan agar pemilik dan pengguna AC selalu melakukan perawatan berkala dan mempelajari tentang cara menggunakan AC yang baik. AC yang terawat dengan baik akan memberikan dampak yang positif terutama guna mendapatkan kesejukan dimusim panas.

    ........................

    Sumber Artikel: https://www.karangmulya.com/permasalahan-yang-sering-terjadi-pada-ac-rumah-dan-kantor/
     
Loading...

Share This Page