Masih Pandemi Covid-19, Coba Strategi Marketing untuk Produk Kamu!

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Sep 28, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    42
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia, pemerintah mengharuskan kita untuk tetap di rumah dan melakukan social distancing. Hal itu membuat masyarakat sekarang lebih dekat dengan keberadaan media sosial sebagai pelengkap sarana berinteraksi dan memperoleh informasi.

    Kini saatnya bagi pelaku bisnis untuk memulai strategi marketing secara digital. Salah satunya melalui Instagram, Platform media sosial instagram yang muncul sebagai visualisasi dan informasi, menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati.

    Instagram ikut menciptakan tren dan peluang bagi perusahaan untuk ikut melakukan strategi pemasaran di dalamnya. Namun, walaupun Instagram sudah menjadi salah satu tempat pemasaran yang efektif dan memiliki banyak pengguna, bukan berarti kamu akan mendapatkan pembeli dengan mudah.

    Kamu juga tetap butuh strategi marketing yang tepat, agar promosi produk yang kamu lakukan menjadi tepat sasaran dan mendatangkan pembeli.

    1. Penggunaan Hashtag atau Tagar yang Tepat

    Instagram adalah media sosial yang mengutamakan visual, akan tetapi ada elemen lain yang perlu kamu tambahkan ke dalam Instagram, seperti misalnya menulis caption.

    Salah satu cara menulis caption yang populer adalah memberikan hashtag. Pemberian tagar bertujuan untuk merepresentasikan merek maupun tren yang berkaitan dengan produk tersebut.

    Hal tersebut dapat mendorong followers kamu untuk ikut berbagi foto yang sesuai dengan hashtag. Misalnya kamu menjual produk sepatu buatan dalam negeri. Maka kamu dapat menggunakan hashtags seperti #localpride #brandlocal #lokalberkualitas dan sebagainya sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan.

    2. Kasih Promosi yang Menarik Minat

    Tidak ada cara terbaik dalam berpromosi selain dengan memberikan penawaran promo yang menarik untuk followers Instagram kamu. Ingatlah, followers merupakan calon pembeli. Untuk itu, kamu perlu memberikan penawaran yang membuat mereka menjadi tertarik untuk membeli.

    Misalnya, dengan memberikan promosi khusus berupa potongan harga atau bahkan free untuk produk tertentu setelah membeli produk utama. Jangan lupa untuk meminta pembeli kamu berbagi foto produk bisnis kamu menggunakan hastag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi tersebut sehingga secara tidak langsung telah menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis kamu.

    3. Menulis Caption yang Menarik

    Instagram mungkin berisi konten visual yang menarik, namun peran caption juga sangat mendukung di setiap foto yang kamu posting. Caption memberikan peluang besar bagi bisnis kamu untuk menceritakan sebuah kisah. Keterangan Instagram memungkinkan kamu untuk memperluas informasi, dan memperjelas keterangan dari gambar yang kamu unggah.

    4. Konten yang Konsisten

    Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter atau tema yang sama pada setiap unggahan. Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto, akun Instagram bisnis kamu akan memiliki sebuah konsep yang mudah dikenali oleh follower kamu. Semakin konsep terlihat bagus, semakin besar kemungkinan followers kamu akan memberikan like dan meninggalkan komentar di foto tersebut.

    5. Bagikan Profil Instagram di Media Sosial Lain

    Berbeda dengan beberapa media sosial lain, pencarian profil dalam Instagram tidak begitu baik. Oleh sebab itu, Hal ini menyebabkan sebuah akun Instagram terkadang hanya memiliki sangat sedikit proses interaksi dengan pengguna lainnya.

    Untuk mengatasi kelemahan ini, hubungkan profil kamu secara otomatis ke media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Google Plus. Dengan begitu, pengikut kamu di situs tersebut dapat dengan mudah menemukan profil Instagram kamu.

    6. Perhatikan Waktu

    Salah satu hal yang harus di lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki konsistensi dan tanpa mengganggu followers dengan update yang berlebihan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan melihat hasilnya.

    Dan itulah beberapa strategi marketing Instagram yang bisa kamu coba di tengah pandemi ini. Jangan pantang menyerah yah.
     
Loading...

Share This Page