Matickers, Ini Suka Duka Punya Motor Matic

Discussion in 'Otomotif' started by Muhammad Khoir, Sep 28, 2014.

  1. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Punya motor matic memang menyenangkan matickers, cukup hidupkan mesin bisa dengan electric starter atau engkol, tunggangi dan tinggal tarik gas. Apalagi inovasi teknologi matic era kini semakin canggih dan irit bahan bakar, itu pula yang membuat matickers betah mengendarai matic hingga menempuh jarak puluhan kilometer baik kondisi jalan lancar maupun bermacet ria.
    [​IMG]

    Nah, kenyamanan matic pun harus mendapatkan perhatian lebih dari sang pemilik. Bisa saja matic yang tadinya kencang tiba-tiba kehilangan tenaga dan putaran mesin terasa berat, bensin lebih boros, suara mesin lebih berisik dan biaya perawatan lain pun akan lebih mahal.

    Satu-satunya cara supaya motor matic kesayangan matickers tetap asik dan irit bensin saat perjalanan, ada beberapa trik jitu supaya motor matic terasa baru, simak disini matickers..

    1. Hidupkan motor matic dengan engkol

    Usahakan matickers setiap pagi selalu panaskan motor matic menggunakan engkol belakang selama 5 sampai 10 menit. Hal ini bertujuan agar motor tidak kaget saat di bawa berkendara

    2. Cuci motor air biasa atau air PAM

    Sebaiknya cuci motor matickers menggunakan air biasa, bisa air PAM atau air tanah. Hindari penggunaan air hujan karena mengandung asam yang dapat membuat komponen motor berkarat.

    3. Jangan sering sering main gas

    Matickers yang gemar main gas sambil rem, itu sama saja membuat mesin motor matickers cepat rusak. Sebaiknya tarik gas secara stabil, ingat matickers bukan pembalap. Motor matic juga mempunyai mesin yang lebih sensitif

    4. Perhatikan indikator bensin

    Jika indikator bensin sudah berada ditanda merah, langsung isi bensin jangan ditunda tunda. Apalagi yang sudah mengusung mesin injeksi, hal ini justru membuat umur injektor mesin lebih singkat.

    5. Rajin rajinlah mengganti oli

    Penggantian oli merupakan perawatan ringan dan dapat dilakukan setiap kelipatan 2 ribu km di dealer resmi.

    6. Gunakan komponen asli bawaan

    Jangan pernah mengganti bagian orisinil pada motor matickers, Jika ingin modif motor, sebaiknya bagian luarnya saja.

    7. Gantilah oli shockbreaker

    Penggantian oli shockbreaker atau peredam kejut bisa diganti setiap 10 ribu km.

    8. Cek komponen ringan motor

    Sebaiknya selalu cek keadaan motor matickers setiap ingin berangkat seperti komponen ban, busi, aki, rem dan hal hal yang penting lain.

    Tetap berkendara aman matickers… [​IMG]

    Nih sumbernya : http://www.matickita.com/matickers-ini-suka-duka-punya-motor-matic/
     
    bioterra garut and Hafizh like this.
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Selain rajin mengganti oli diharapkan pengguna matic juga rajin menabung untuk membeli oli tersebut.
     
  3. fairadisain

    fairadisain Member

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    168
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
  4. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Untung gak punya motor matic
     
  5. ninafaira

    ninafaira Member

    Joined:
    Sep 14, 2014
    Messages:
    168
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Hahaha... Iya lah mas @Ardilas ... Nabung buat servisnya juga... Sekarang kan harus Ke bengkel resmi semua karena pakek injeksi

    Yupz
     
  7. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Meski bukan Matic kan butuh perawatan juga... Tapi gak seribet matic...!

    Bener Gan... Kalau cowok yang makek ya kurang macho...!
     
  8. Evans

    Evans Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    524
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau motor yang sudah menggunaka injeksi ngak perlu dipanasin soalnya sistem pencampuran bahan bakar dan udara bisa dibilang srmpurna
     
  9. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ini bukan masalah pencampuran bahan bakar gan... Tapi karena untuk menaikkan Oli yang turun dalam mesin... Dan juga upaya dalam menjaga Aki tetap kuat...!
     
  10. Hafizh

    Hafizh Member

    Joined:
    Jul 24, 2014
    Messages:
    173
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Air hujan rupanya gak boleh di pake buat nyuci ya..... baru tau.
    yaudah, pake masak aja air hujannya :D
     
  11. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    laki, narik gigi. ckckckck :D
     
  12. rakadimas11

    rakadimas11 Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2014
    Messages:
    400
    Likes Received:
    109
    Trophy Points:
    43
    Terimakasih info sharing bermanfaat nya gan :)
     
  13. Lano pratama

    Lano pratama Member

    Joined:
    Aug 26, 2014
    Messages:
    124
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ane sering main gas, jarang ganti oli, hidupkan motor pagi jarang engkol ( bisa dibilang gak pernah ) :D jujur 5 tahun udah itu motor gak pernah masuk bengkel karena rusak, masuk bengkel paling cuman ganti oli, ban dll:D
     
  14. bioterra garut

    bioterra garut Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    50
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    apapun memang butuh perawatan... punya saya bukan matic ya sama aja perawatannya..
     
  15. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Ok, Mantap Infonya,,selama ini makai aja yang tahu
     
  16. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,510
    Likes Received:
    227
    Trophy Points:
    63
    selain rajin menabung untuk membeli oli tersebut, matickers harus : "rajin bekerja untuk bisa menabung untuk membeli oli tersebut.

    he he he
     
  17. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Iya bener.
    Pinter banget.
     
  18. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    387
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kalau menurut ane nih gan, artikelnya bukan bahas suka duka punya matic. tapi seputar tips mempunyai motor matic..agak ga nyambung gtu judul sama artikel. TS yg kmren HT di k@skus bukan nih?
     
  19. Mulia Rifai

    Mulia Rifai Member

    Joined:
    Sep 27, 2014
    Messages:
    95
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    matic ane udah pensiun gan, buat jatuh beberapa kali hancur dah
     
  20. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Waw mantab... sebagai pengganti garam

    Kalau cewek narik apa?
     
Loading...

Share This Page