Mau Bangun Usaha Sendiri? Ketahui Cara-Cara Berikut untuk Mengumpulkan Modal dengan Cepat

Discussion in 'General Lifestyle' started by Samuel Samuel93, Apr 12, 2018.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Siapa yang tidak ingin menjadi seorang wiraswasta, mempunyai usaha sendiri dan memimpin bisnisnya. Namun kendala terbesar yang sering menjadi masalah adalah kurangnya modal. Tidak bisa dihindari berjalannya sebuah bisnis juga tergantung pada modal yang ditanamkan oleh pengusaha atau investor.

    Dengan adanya kemajuan informasi pinjaman online dan finansial, semakin mudah mendapatkan akses pinjaman dana secara online. Oleh karenanya, jika Anda ingin memulai usaha, agar bisnis Anda bisa berjalan lancar tanpa kendala biaya, perhatikan 7 cara medapatkan modal usaha dengan cepat berikut ini.

    1. Peer to Peer Lending

    Peer to peer lending ialah sebuah penyedia layanan yang menjadi jembatan bagi para pemberi dana pinjaman (Investor) dengan para pencari dana pinjaman (Start-up). Jadi Peer to Peer Lending ini merupakan cara seorang pengusaha untuk meraih pinjaman dana dari investor.

    Layanan ini biasanya bisa ditemukan berupa website, di mana saat ingin meminta pinjaman Anda bisa mengisi kualifikasi Anda, mulai dari jumlah modal yang dibutuhkan sampai jenis usaha yang akan dijalankan melalui website. Setelah itu penyedia layanan peer to peer lending akan mencocokkan investor terbaik yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

    Akan tetapi Anda tidak serta merta mendapat pinjaman, sebelumnya penyedia layanan harus menawarkan profil Anda terlebih dulu kepada investor. Bila investor tertarik, barulah mereka akan memberikan pinjamannya. Bila modal sudah dikirim kepada Anda tidak perlu menunggu lama, Anda bisa segera mencairkan pinjaman mereka. Anda juga bisa mengajukan pinjaman uang melalui mobile app yang sudah banyak tersedia untuk pinjaman KTA.

    2. Berutang dengan Orang Dekat


    Alternatif lain untuk meminjam modal usaha adalah dengan mencari pinjaman dari orang-orang sekitar. Misalnya keluarga, saudara, rekan kerja dan teman-teman dekat. Meminjam uang dengan orang dekat, biasanya tidak ada batas waktu untuk mengembalikannya. Jarang pula ada yang meminta suku bunga untuk dibayarkan. Namun walaupun demikian, Anda harus segera menggantinya.

    3. Business Loan ke Bank


    Cara satu ini terbilang paling mainstream, yaitu meminjam uang ke Bank. Ada 2 jenis Pinjaman Bank, yaitu pinjaman dengan jaminan dan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA). Pinjaman dengan jaminan, berarti Anda harus memberikan jaminan kepada bank ketika ingin meminjam uang, misalnya aset berupa surat tanah, surat kendaraan, emas, dan lainnya. Sedangkan KTA, adalah pinjaman uang tanpa jaminan, yang umumnya memiliki bunga lebih tinggi pada cicilannya. Jadi harus berhati-hati saat memilih cicilan.


    4. Menjual Aset Berharga


    Ini adalah cara lain yang paling mudah dan aman untuk mendapatkan modal usaha yaitu dengan menjual aset bernilai tinggi yang Anda miliki. Misalnya motor, perhiasan, tanah dan lain-lain. Dengan menjual aset berharga Anda tidak perlu bingung untuk membayar utang yang dipinjam dari investor atau rekan. Dan kalau ternyata usahamu maju, Anda bisa langsung menggunakan uang tersebut untuk membeli yang baru.


    5. Gadaikan Aset Berharga


    Jika Anda merasa berat bila harus menjual aset berharga seperti perhiasan atau tanah, maka Anda mempunyai pilihan alternatif lain yakni dengan cara menggadaikannya ke tempat gadai. Setelah menggadaikan barang berharga Anda, Anda akan mendapatkan sejumlah uang dari tempat gadai tersebut.

    Jadi, selama Anda menjalankan usaha, barang yang Anda gadai akan tetap tersimpan aman hingga Anda mempunyai cukup dana untuk menebus. Tapi perlu diingat, bila ternyata Anda tidak mampu menebus barang tersebut, mau tak mau Anda harus rela melepasnya.


    6. Ajak Teman Menjadi Partner Bisnis


    Saat baru membangun usaha, Anda juga bisa mengajak teman untuk menjadi partner bisnis. Namun jangan asal memilih teman, Anda harus menyeleksi mereka yang terbaik. Misalnya teman yang memiliki modal yang cukup, kemampuan bisnis mumpuni dan bertanggungjawab. Akan sangat tepat jika Anda menemukan teman yang memiliki modal cukup untuk diajak bekerjasama dan menanamkan modal pada usaha.


    7. Mengikuti Pelatihan Bisnis


    Cara lain adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis, selain Anda bisa menambah pengetahuan, juga memberikan informasi mengenai akses untuk mendapatkan modal. Jadi bila saat kuliah dulu Anda sering mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan dunia usaha, sebaiknya sampai sekarang tetap dilanjutkan agar semakin menambah pengetahuan Anda.

    Pikirkan Kelangsungan Usaha Anda dengan Modal yang Didapat

    Dengan penjelasan diatas, kini Anda telah mengetahui cara mendapatkan modal dengan cepat untuk modal usaha. Namun perlu diingat, Anda harus memperhitungkan keberlangsungan usaha Anda juga, jangan sampai memulai bisnis hanya karena ingin ikut-ikutan orang lain, lalu separuh jalan bisnis nya tidak Anda kelola dengan baik. Karena tujuan berbisnis adalah untuk menambah penghasilan bukan untuk menghabiskan uang dengan sia-sia.
     
  2. sulis89

    sulis89 New Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    itu salah satu cara yang saya gunakan sebelum memulai usaha sendiri.
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,469
    Likes Received:
    106
    Trophy Points:
    63
    Ingin menjadi pengusaha juga harus siap dengan mentalnya,
    tapi kalau sudah jiwa enterpreneur biasanya memang berani mengambil tindakan
     
  4. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  5. Hari Harjono

    Hari Harjono New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kalau saya, dibandingkan pinjam uang ke bank maupun ke teman sendiri, lebih baik jual aset apa aja dulu, walaupun ga cukup tapi kita menjalankannya dengan aman dan nyaman
     
Loading...

Share This Page