Mau Beli Aki Motor? Nih 5 Tipe yang Bisa Dipilih

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 12, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    390
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Aki merupakan komponen yang memengaruhi kinerja sistem kelistrikan dalam motor, aki motor berdampak pada kerja capasitor discharge ignition (CDI).

    Komponen ini membutuhkan aki berkualitas dengan tegangan tinggi. Selain ditentukan merek, kualitas aki dipengaruhi oleh tipenya. Saat ini, ada lima tipe aki yang bisa dipilih. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.


    1. Aki Motor Basah

    [​IMG]
    Aki basah jadi aki standar untuk sepeda motor

    Aki basah adalah aki standar untuk motor. Tipe ini mengandung cairan elektrolit sulfat. Namun, hati-hati, cairan tersebut bisa memunculkan korosi pada komponen berbahan besi. Untuk mengantisipasi masalah ini, sebaiknya lakukan pengecekan ketinggian air aki secara rutin.

    Sementara itu, mengenai kelebihan, aki basah paling banyak digunakan untuk kendaraan bermotor. Pasalnya, aki tersebut relatif murah dan lebih awet. Di samping itu, aki basah mudah didapatkan di toko automotif atau bengkel.

    Salah satu jenis aki basah yang populer adalah merek NS. Meski tergolong aki basah, NS memiliki tingkat penguapan rendah. Selain itu, masa pakai aki NS lebih lama dan antibocor dengan adanya teknologi Absorbent Glass Mat. Lantas, bagaimana mengatasi aki basah yang tekor?

    Memperbaiki aki basah yang tekor bisa dengan cara menguras airnya sampai habis. Setelah habis, cuci bersih sampai endapannya tidak terlihat. Kemudian, keringkan aki di bawah sinar matahari. Kalau sudah kering, isikan kembali cairan ke dalam aki. Tunggu hingga 1 jam sebelum memasangnya ke motor.


    2. Aki Motor Kering

    [​IMG]
    Aki kering jadi pilihan mayoritas pengendara

    Aki kering atau maintenance free (MF) dipakai banyak kendaraan masa kini. Pasalnya, MF memiliki segel khusus untuk mengamankan cairan elektrolit. Dengan demikian, tingkat penguapan MF tergolong kecil. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengecekan air aki atau mengisi ulang.

    Kelebihan lainnya, MF memiliki tegangan stabil dan bisa menyimpan energi listrik lebih lama. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan keawetan aki meski motor jarang dipakai.

    Dari segi masa pakai, aki MF mampu bertahan hingga maksimal 2 tahun asalkan Anda tidak memasang perangkat elektronik tambahan. Sebaliknya, jika Anda memasang aksesori tambahan, aki MF bisa awet sampai 1,5 tahun.

    Tertarik menggunakan aki kering? Anda harus menyiapkan bujet cukup banyak karena harga aki MF terbilang mahal. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page