Mau Hunian Lebih Sehat? Coba Letakkan Tanaman Ini di Rumahmu Yuk!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jun 29, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Tanaman yang diletakkan di dalam rumah nggak hanya berguna untuk menambah keindahan dekorasi lho, tapi juga bisa membuat ruangan jadi lebih sehat dan menyegarkan. Beberapa tanaman bahkan dapat menjadi penetral udara lho.

    Penasaran apa saja tanaman indoor tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

    Anggrek Bulan

    Pertama ada anggrek bulan. Untuk kamu yang baru saja pindah rumah, tanaman indoor ini dapat membantu menetralisir ruangan dan membersihkan udara dari xilenia yang terdapat pada lem dan cat. Selain itu, anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari lho, sehingga baik diletakkan di kamar tidur.

    Lavender

    Bunga yang identik dengan warna ungu ini sering dijadikan bahan tambahan untuk pewangi karena aromanya yang manis. Tahukah kamu bahwa meletakkan segelas lavender di dalam ruangan bisa menambah kesegaran hunian lho. Cukup letakkan bunga di dekat jendela dengan intensitas cahaya matahari tinggi.

    Peace Lily

    Bunga lily merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat bertahan dalam kondisi redup atau lemah cahaya di bawah suhu 27 derajat celcius, sangat cocok untuk kamu yang tinggal di apartemen yang nggak langsung menghadap langit.

    Perawatan tanaman indoor ini pun tergolong mudah karena hanya perlu disiram seminggu sekali. Bahkan peace lily akan tetap tumbuh dengan baik meski hanya mendapat sinar lampu neon sekalipun.

    Sansevieria

    Sansevieria atau lebih dikenal sebagai bunga lidah mertua merupakan tanaman yang dapat bertahan hampir di semua jenis lingkungan. Tumbuhan ini memiliki daun keras yang bisa mentolerir cahaya rendah. Perawatannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya sesekali. Sansevieria tumbuh sangat baik pada temperatur 15 - 30 derajat celcius.

    Ficus Benjamina

    F. Benjamina atau lebih dikenal sebagai Beringin dapat menambahkan jumlah hijau di tempat kecil. Kamu pun hanya perlu menyiramnya setiap 4 hingga 7 hari sekali. Kamu bisa menempatkannya di jendela terang namun dengan sinar matahari tidak langsung. Putar tanaman sesekali untuk menghindari kelebihan pertumbuhan di satu sisi.

    Meski begitu, akan lebih baik jika kamu menempatkannya langsung terkena sinar matahari karena dapat berfungsi sebagai penetral dari racun berbahaya seperti aseton, amonia, benzena dan lainnya.

    Lidah Buaya

    Lidah buaya termasuk tanaman yang cukup sering dijumpai. Seperti yang kita tahu, lidah buaya sendiri memiliki banyak manfaat seperti untuk kesehatan rambut dan juga wajah. Namun, tahukah kamu, tanaman dengan nama ilmiah Aloe Vera ini juga bisa menjadi obat untuk luka gores dan luka bakar lho. Jadi, pastikan tanaman indoor ini tersedia di rumahmu ya.

    Lucky Bamboo

    Lucky bamboo dapat menambah kehijauan pada hunian. Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya redup dan cahaya matahari tidak langsung. Ini adalah tanaman indoor fengshui karena dapat menambah rasa feng shui ke rumahmu. Jika beruntung, lucky bamboo dapat tumbuh di air dan mengubah H2O setiap 2 sampai 4 minggu.

    Itulah beberapa tanaman indoor yang bisa kamu letakkan di dalam rumah. Selain dapat mempercantik ruangan juga terdapat zat penetral di dalamnya. Jadi, tanaman mana yang akan kamu pilih?

    Sumber
     
    lasealwin likes this.
  2. toniiantoniio

    toniiantoniio Member

    Joined:
    May 10, 2018
    Messages:
    45
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Referensi bener, nah kalo rumahnya di kampung mah kayanya gak perlu pake ada tanaman kali ya, soalnya disekilingnya sudah ada barala sama tangkal awi dan jukut *berdarah*
     
  3. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    446
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    sip, kebetulan dirumah ane tanamin nih dipot dlm rumah, lumayan buat ijo2 dan rasanya ademmm
     
  4. Ipan Nursila

    Ipan Nursila Member

    Joined:
    Apr 21, 2015
    Messages:
    300
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Kaya nya Lavender cocok banjget tuh di kamar selain bikin kamar jadi lebih bagus juga buat ngusir nyamuk secara alami
     
  5. Ujan bager

    Ujan bager New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sip, bagus untuk menyejukan ruangan.
     
  6. toniiantoniio

    toniiantoniio Member

    Joined:
    May 10, 2018
    Messages:
    45
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  7. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kayanya hanya Lidah Buaya aja ya yang paling mudah di temui, karena yang lainnya masih susah didapat.. tapi kalau beli online sih banyak yang jual bibit tanaman macam-macam
     
  9. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    wkwkwkwk itulah kelebihan dikampung gan
     
  10. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,869
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Pada dasarnya semua tanaman baik untuk ditarok di sekitar rumah tetapi belum tentu bisa diletakkan di dalam ruangan. Salam....
     
  11. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    wahaha, boleh loh gan tambahin salah satu tanaman di atas buat nambah suasana lagi*keren3*
     
  12. The sole studio

    The sole studio New Member

    Joined:
    Apr 19, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Gan, yang digambar itu tanaman apa yaa? hehe
    Mau nyari yang mirip gitu
     
  13. Bayu Prastyo

    Bayu Prastyo New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    cocok nih buat referensi nantinya buat rumah ane
     
  14. craigdavidz

    craigdavidz New Member

    Joined:
    Jul 13, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Keren banget sih kak.. Bikin nyaman banget
     
  15. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    193
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    yang ada di rumah ane cuma lidah buaya , itupun di taruh di luar rumah
     
  16. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    360
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    diisi kolam ikan atau aquarium juga bagus tuh
     
  17. Sspabali

    Sspabali New Member

    Joined:
    Jul 9, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebuah penelitian mengatakan ada keterkaitan alam dengan lahan hijau bagi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Namun dalam hal tanaman dalam ruangan, buktinya terbilang lemah daripada yang kita temukan pada lahan hijau di luar atau dari alam, kata Frances E. Kuo, seorang profesor sumber daya alam dan ilmu lingkungan di University of Illinois di Urbana-Champaign.
     
  18. craigdavidz

    craigdavidz New Member

    Joined:
    Jul 13, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Beneran bikin nyaman banget ini mah!
     
Loading...

Share This Page