Mau Investasi? Baca Dulu Perbedaan Investasi dan Tabungan ini!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jan 11, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa investasi dan tabungan merupakan dua hal yang sama. Tapi, tahukah Kamu bahwa investasi dan tabungan merupakan dua hal yang berbeda? Lalu, apa ya perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini!

    Perbedaan Investasi dan Tabungan

    Pengertian Investasi

    Investasi adalah langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di masa depan. Investasi ini bertujuan untuk kepentingan jangka panjang, jadi tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Investasi banyak macamnya, mulai dari yang high risk hingga low risk, diantaranya properti, saham, emas batangan, reksa dana dan lainnya.

    Contohnya investasi properti. Meskipun memiliki risiko yang lumayan tinggi, investasi properti memiliki pertambahan nilai aset lebih cepat. Dalam jangka waktu 2 tahun saja investasi properti menjanjikan keuntungan lebih dari 20%.

    Pengertian Tabungan
    Tabungan adalah proses penyimpanan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan masa depan atau keperluan tertentu. Walaupun pada praktiknya, tabungan juga bisa menjadi aset yang akan terus bertambah jumlahnya meski lebih lambat daripada investasi (tabungan yang berbunga).

    Tabungan sendiri umumnya merupakan sebuah produk dari bank tertentu. Terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya yang paling umum adalah tabungan jangka pendek yang berfungsi untuk berjaga-jaga, tabungan untuk menambah nilai aset, ataupun tabungan yang minim risiko.

    Lalu, lebih menguntungkan investasi atau tabungan?
    Keduanya sama-sama menguntungkan. Tabungan bisa Kamu jadikan sebagai dana darurat ketika dibutuhkan. Namun perlu Kamu tahu, jika jumlah saldo tabungan terbatas, nilai saldo bisa berkurang karena tergerus potongan biaya admin dan pajak. Sedangkan untuk jangka panjang, Kamu bisa investasi properti untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Semua tergantung kebutuhan Kamu!

    Nah, hal inilah yang sering kali membuat orang salah mengerti perbedaan investasi dan tabungan. Pasalnya, keduanya memang berfungsi untuk menjaga atau melipatgkamukan aset yang Kamu miliki. Hanya penerapannya saja yang berbeda. Akan tetapi, jika Kamu sudah memiliki tabungan dan masih bisa menyisihkan gaji, ada baiknya untuk berinvestasi.
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kalau investasi di cryptocurrency bagus tidak ya?
     
  3. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    wah kalau cryptocurrency ane kuran tau gan, soalnya di indo belum ada peraturannya. denger-denger katanya buat yg melakukan transaksi cryptocurrency kaya bitcoin gitu bakal kena denda ya?
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bagus gan, asal paham ada resiko yang menanti sih :D
     
Loading...

Share This Page