Mau Jual Rumah KPR? Simak Tips Berikut ini!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Feb 7, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Memiliki rumah dengan cara mencicil melalui KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rumah. Sayangnya, seringkali orang memutuskan untuk menjual rumah yang masih dalam proses KPR atau belum lunas.

    Apakah Anda termasuk salah satunya?Berikut ini merupakan tips jual rumah KPR:

    1. Hitunglah Sisa Tagihan Kredit di Bank dan Lunasi Lebih Awal
    Status rumah yang masih KPR, mau tidak mau memang harus dibayar cicilannya setiap bulan. Cobalah menghitung sisa tagihan kredit di bank dan lunasi lebih awal.
    Dalam hal ini, mungkin Anda akan dikenakan sejumlah denda karena melunasi sebelum tenor yang telah disepakati sejak awal. Tapi, tak perlu khawatir! Jumlah denda ini akan lebih kecil daripada sisa bunga pinjaman yang masih harus dilunasi dalam waktu cicilan normal.

    2. Teliti Harga Rumah Saat Ini
    Meski Anda membeli rumah secara KPR, ketika akan dijual nanti akan mengalami kenaikan harga. Hitung dan lihat harga pasaran dan sesuaikan dengan kondisi rumah saat ini.

    3. Menjual Rumah KPR Dengan Over Kredit
    Cara ini sudah populer dalam proses jual-beli properti. Ada dua sistem over kredit yang bisa diterapkan. Pertama, penjual mengambil alih KPR di bank yang sama, dan yang kedua memindahkan kredit ke bank lain dengan debitur yang juga berbeda.

    Jika masih dalam bank yang sama, proses akan jauh lebih mudah karena segala dokumen ada di bank tersebut. Jika ingin dipindahtangankan ke bank berbeda, umumnya proses akan jauh lebih rumit karena kebijakan masing-masing bank yang berbeda.

    Pembeli harus menyetor uang muka terlebih dahulu sebagai keuntungan Anda dari hasil menjual rumah tersebut. Perlu Anda ketahui, tidak semua over kredit KPR dapat diterima oleh bank. Hal ini biasanya karena calon pembeli tidak memenuhi syarat saat mengajukan KPR.
     
  2. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    betul banget, kalau mau jual rumah over kredit cermati dulu aspek ke 4 yaitu seberapa banyak sisa rumah dekat sana. Kalau udah langka maka jual aja secara mahal
     
  3. giovanodst

    giovanodst New Member

    Joined:
    Apr 16, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau lebih enak sih jual KPR rumah yang udah lunas.
    Btw, kalo kata agan yang diatas, bener juga tuh. Bisa juga jual rumah dengan harga yang lumayan tinggi karena memang sudah laris didaerah situ.
     
Loading...

Share This Page