Mau Magang ke Jepang? Ini Syarat Wajib Yang Perlu Kamu Miliki Loh!

Discussion in 'Education' started by Nur Maulida, Jul 15, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Jepang merupakan salah satu negara berkembang yang terbuka dan telah bekerja sama dengan beberapa negara lainnya untuk bertukar pelajar hingga tenaga kerja bahkan hanya sekedar magang.

    Salah satu negara yang juga menjalin kerja sama dengan Jepang adalah Indonesia. Lalu apa saja persyaratan yang dibutuhkan agar dapat mengikuti program magang ke negeri sakura tersebut?

    Untuk sekedar diketahui, program magang ke Jepang sebenarnya telah lama dilakukan antara Kementerian Tenaga Kerja dengan Pemerintah Jepang. Meski begitu, tetap dibutuhkan beberapa syarat khusus untuk dapat magang ke Jepang.

    Jika kamu berkeinginan untuk magang ke Jepang, sebaiknya mengikuti beberapa persyaratan berikut ini, antara lain yaitu:

    Mampu Berbahasa Jepang dengan baik

    Syarat wajib yang perlu dimiliki oleh para peserta program magang ke Jepang adalah mampu berbahasa Jepang dengan baik. Hal ini dikarenakan tidak semua warga Jepang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Selain itu, beberapa perusahaan di Jepang juga membutuhkan tingkat kecakapan berbahasa Jepang tertentu agar mampu berkomunikasi dengan pekerja asal Jepang yang berada di level tertentu.

    Jika kamu kesulitan untuk dapat berbahasa Jepang dengan baik dan benar, kini tersedia beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan Jepang dalam menyalurkan para pekerja magang ke Jepang. Salah satunya adalah www.tsubame-jltc.com.

    Mempunyai Etos Kerja yang Tinggi

    Salah satu budaya Jepang yang paling dikenal dunia adalah budaya etos kerja mereka yang sangat tinggi atau dikenal dengan sebutan shuushinkoyou atau bekerja untuk satu pekerjaan saja seumur hidup mereka. Nah, jika kamu berminat untuk magang ke Jepang, sebaiknya siapkan mental Anda untuk bisa mengikuti budaya kerja keras dari warga Jepang. Sebab, hampir semua perusahaan di Jepang lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas, serta loyalitas.

    Memiliki Keterampilan Khusus

    Syarat magang ke Jepang lain yang perlu kamu miliki sebelum benar-benar berangkat ke Jepang untuk magang adalah mempunyai keterampilan khusus yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan Jepang tersebut. Selain itu, beberapa perusahaan di Jepang juga lebih menyukai para pekerja yang mempunyai lebih dari satu keahlian yang dimilikinya.

    Siap bekerja lembur tanpa tambahan gaji

    Secara umum, beberapa perusahaan di Jepang amat menyukai para pekerja yang rela untuk bekerja lembur tanpa digaji lebih, seperti menghabiskan waktu mereka untuk berlama-lama di kantor atau sekedar menghabiskan waktu di kantor ketika akhir pekan atau saat hari libur nasional. Karena itu, jika kamu berkeinginan untuk mencoba magang ke jepang, sebaiknya menyiapkan mental ini ya.

    Semoga beruntung.
     
  2. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  3. Joko Ariyanto

    Joko Ariyanto New Member

    Joined:
    Jul 9, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ribet amat ya..................
     
  4. Awanuser

    Awanuser New Member

    Joined:
    Jul 14, 2020
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iya ya ribet.. apalagi etos kerja disana berkali lipat dari indonesia.. dan faktanya banyak yang meninggal bukan cuma karena penyakit, tapi karena saking addictnya kerja terus kelelahan.. dan itu wajar.. :eek::eek:

    emang gila jepang..klo suruh begawe:D... thread yg bermanfaat keep going...
     
  5. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bermanfaat sekali min, kebetulan saya juga ingin ke sana. hehe
     
  6. ogntng

    ogntng New Member

    Joined:
    Jul 8, 2020
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jangan lupa, walau gaji gede, pajaknya gede cuy, tapi sebanding sih dengan fasilitas umumnya
     
  7. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    semangat mas, pasti bisa kok
     
  8. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    ini kan biar nggak kaget aja mas, maklum berbeda budaya
     
  9. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    usia udah keala 3 masih bisa?
     
  10. Haryo Tri W

    Haryo Tri W Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    133
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Tapi apa masih ada tenaga kerja ilegal (bukan jalur resmi) yang bisa kerja di jepang gak ya mbak?
     
  11. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    dalam prakteknya sih masih ada mas, karena itu pilih yang udah pasti dan terdaftar aja
     
  12. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    caranya gimana mb tolong di jelaskan dengan rinci
     
  13. rahmat ar

    rahmat ar New Member

    Joined:
    Jul 21, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ingin merantau kesana tp ga bisa bhsa jepang min.. hhe
     
  14. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    140
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    kalo ke korea gmna ka?
     
  15. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    selain korea selatan jepang juga tempat idaman para calon tki karena gajinya yang besar, hehehe
     
  16. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    bisa kok kak, kan nanti kan ada programnya agar kakak bisa berbahasa Jepang dengan baik dan benar
     
  17. Mosario Nial

    Mosario Nial New Member

    Joined:
    Aug 13, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Teman saya ada yang kerja di Jepang. Katanya etos kerja di Jepang itu sangat tinggi, sampai karyawa asli Jepang dibuat peraturan agar mau cuti :)
     
  18. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    lebih tenang dan nyaman mencari nafkah di negeri sendiri
     
Loading...

Share This Page