Mau Mulai Berbisnis ? Ini Dia Tips Kelola Keuangan Tanpa Pusing

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Sep 30, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    159
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Dalam memulai suatu usaha atau bisnis, tentunya kita harus mengatur sistem keuangan bisnis kita. Dan jika anda baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, tidak heran jika merasa kerepotan dalam hal ini dan alhasil, keuangan pribadi anda bercampur aduk dengan keuangan bisnis anda. Perlu diingat bahwa hal ini tidak baik lho..

    Berikut ini beberapa tips diantaranya untuk mengatur keuangan bisnis anda tanpa pusing, berikut diantaranya :

    Buat Rekening Khusus Untuk Bisnis Anda
    Pastinya langkah awal dalam mengatur keuangan bisnis ialah dengan menyiapkan tempat khusus untuk urusan bisnis anda, dengan membuat akun rekening khusus bisnis anda. Jangan sekali-kali anda mencampur keuangan bisnis anda di rekening pribadi jika tidak mau kesulitan dalam mengelolanya.
    Setiap aktivitas bisnis anda seperti pemasukan dan pengeluaran akan tertuju pada rekening bisnis anda, jangan sekali-kali menyentuh rekening pribadi anda ya. Dengan hal ini, anda bisa melihat keuntungan dan kerugian dari bisnis yang anda tekuni.

    Tulis Catatan Pemasukan & Pengeluaran
    Selanjutnya setelah anda membuat rekening bisnis anda ialah membuat catatan rutin mengenai pemasukan dan pengeluaran dari bisnis anda (income dan outcome). Hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena yang anda catat hanyalah tanggal, anggarannya, dan keterangan dari anggaran pemasukan ataupun pengeluaran tersebut. Sekalipun anggaran tersebut nominalnya kecil, jangan sampai anda malas untuk mencatatnya. Bagi yang sudah biasa melakukan catatan keuangan pribadi, tentu bukanlah hal yang sulit ya.

    Bukan karena tanpa alasan, hal ini berguna untuk sewaktu-waktu jika halnya dana di rekening anda terjadi kekurangan atau bertambah secara signifikan, anda bisa dengan mudah melakukan cek pada buku catatan ini untuk mengetahui apa penyebabnya secara detail.

    Buat Laporan Bulanan Untuk Bisnis Anda
    Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk membuat sebuah laporan keuangan bulanan bisnis anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui total pemasukan dan pengeluaran bisnis yang anda jalani selama satu bulan penuh. Hal ini juga bisa menunjukkan anda apakah bisnis yang anda jalani itu beranjak naik atau turun. Dengan begitu anda juga bisa dengan matang memikirkan strategi bisnis apa yang akan dijalankan nantinya.

    Cek Ketersediaan Produk Barang Anda
    Ketersediaan stok penting bagi anda yang merintis bisnis berjenis produk barang, dengan melakukan pengecekan stok barang secara berkala akan membantu anda dalam mencegah terjadinya kekosongan stok, apalagi jika produk tersebut sedang diminati para konsumen anda. Disampin hal tersebut, ini juga memudahkan anda dalam mencocokkan antara jumlah produk terjual didalam laporan keuangan dan stok produk yang masih tersisa.

    Jangan Lupa Untuk Menggaji Diri Sendiri
    Terkadang sebagai pemilik usaha bisnis sendiri, ada juga sebagian orang yang melupakan untuk menggaji dirinya sendiri. Memang bisnis itu milik anda sendiri, tetapi anda juga sebaiknya memberikan gaji pada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi dari kerja keras anda. Anda bisa menentukan persentasenya sendiri, dan jangan lupa untuk segera transfer ke rekening pribadi anda.

    Kesimpulannya ialah dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis modal kecil, yang namanya pengelolaan keuangan bisnis anda sangat penting, dan untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis, anda perlu yang namanya kecermatan dan kedisiplinan dalam menjalani usaha yang anda jalani tersebut. Tetaplah bersemangat dan pantang menyerah.
     
Loading...

Share This Page