Mau Usaha Kue Kering? Kenali Resikonya!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by nadyadpsl, Jun 9, 2014.

  1. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    CITYDIRECTORY – Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, penjual kue kering biasanya menjamur baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Pasalnya, menyiapkan kue kering sebagai sajian bagi para tamu di hari Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Sehingga, permintaan kue kering akan melonjak selama bulan Puasa hingga Lebaran tiba.

    *onjail**onjail**onjail**onjail**onjail**onjail**onjail**onjail*

    Meski berprospek cerah, bisnis kue kering juga tak luput dari resiko yang merugikan pengusaha. Resiko yang dimaksud yakni sebagai berikut :

    1.Banyak Pesaing
    *benci*

    Bisnis kue kering termasuk bisnis musiman, maka bersiaplah untuk menghadapi banyak pesaing. Para pesaing tersebut tentunya memiliki beragam jenis produk dengan citarasa tersendiri dan menetapkan harga yang kompetitif. ​

    2.Harga Bahan Baku Naik
    *kaget3*

    Seiring meningkatnya permintaan kebutuhan pokok di pasar menjelang Puasa sampai hari Lebaran, maka harga-harga bahan baku pembuatan kue juga ikut naik. Jadi, dibutuhkan modal yang lumayan besar karena biaya produksi kue membengkak. Jika sudah begini, para pedagang tidak bisa mengambil untung banyak karena khawatir ditinggal pembeli kalau harga jualnya mahal.​

    3.Tidak Tahan Lama
    *stres*

    Kue kering yang merupakan produksi rumahan atau home made tentunya tidak menggunakan pengawet. Daya tahan kue kering tanpa pengawet biasanya hanya berkisar 1 sampai 2 bulan. Jika tidak laku selama jangka waktu tersebut, maka banyak kue kering yang rusak alias kedaluwarsa. Dengan begitu, Anda pasti merugi karena kue-kue itu tidak bisa lagi dijual ke pembeli.​

    4.Kue Gagal
    *berkeringat*

    Resiko yang satu ini biasanya dialami oleh pemula. Untuk itu, dalam berbisnis kue kering harus didukung keahlian yang cukup. Jadi, resiko kue gagal seperti tidak matang, gosong, kurang enak, dan sebagainya tidak terlalu besar. Mengingat, bahan baku yang digunakan untuk membuat kue kering harganya tidak murah.​

    5.Toples Rusak
    *tunggu*

    Mereka yang menjual kue kering secara online harus siap menghadapi resiko ini. Sebab, barang yang dikirimkan lewat jasa pengiriman tidak bisa dijamin sampai ke tangan pembeli dalam kondisi yang baik alias tidak cacat. Apalagi untuk barang dagangan seperti kue kering yang dikemas dalam toples plastik atau kaca. Pasti rentan dengan goncangan. Kerusakan yang terjadi akan mengecewakan pembeli, Anda pun sebagai pedagang harus siap untuk menggantinya.​

    Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk berbisnis kue kering selama bulan Puasa nanti.
    *yipee**yipee**yipee*
    sumber : http://www.citydirectory.co.id/main/read/apa-saja-resiko-bisnis-kue-kering
     
  2. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kue yang gagal kayanya bakal jadi hal yang paling menyebalkan
     
  3. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    banget kayaknya, namanya juga usaha ya *yipee*
     
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    pas nih momen usahanya,,biasanya klu lebaran banyak yang order kue kering
     
  5. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    yoa gan, ngelumut malah bukan ngejamur lagi *smooth**smooth**smooth*
     
  6. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    jadi susah dong persaingan banyak belum lagi adu harga antar penjual *pheew*
     
  7. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    nah, itu kita jangan mau kalah, harus lebih "wah" dari yang lain..
    bisalah persaingan mah..
     
  8. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Bisnis kue kering bikin kantong tidak kering *bergaya*
     
  9. ShashaKu

    ShashaKu New Member

    Joined:
    Jun 16, 2014
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setuju, biarpun banyak saingan, untuk teman2 yang udah lama bikin kue kering, pasti udah punya langganan tetap ya... Rasa juga ga bohong..hehehe...
    Tapi bener banget, harga bahan baku naik, jadi kebingungan sendiri ngasih harga..pinter2 kita untuk membuat packaging lebih menarik juga kali ya...

    Selamat manggang... :)
     
  10. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    lumayan bro, buat bisnisan lebaran *happydancing*

    yap.. selamat berbisnis *dancewithme*
     
  11. Nona Kasir

    Nona Kasir Member

    Joined:
    Jul 3, 2014
    Messages:
    165
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    kuee kering memang pas buat moment lebaran,.. semangat buat yg mau usaha kue kering.. *bohong*
     
  12. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    891
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    mndg di mulai jd dropship dulu aja gan, lbh aman dan modal minim
     
  13. IndoKemasan

    IndoKemasan New Member

    Joined:
    Nov 2, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips penting yang menjadi pelajaran berharga
    bagi yang mau mulai usaha makanan kecil.
    Sangat berguna dan mencerahkan.
     
  14. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Pas banget sama kerjaan ane tukang bikin cakep kemasan kue kering:D
     
  15. siti ilha

    siti ilha New Member

    Joined:
    Dec 24, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice share gan...hal diatas sudah lewati semua ...yang terpenting bersungguh sunguh jika mau mulai usaha.
     
  16. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    usaha kue yang paling ribet sih gampang basi, khususnya kue basah. Maka dari itu pastikan usaha makanan ringan kita udah keukur dulu. Untung vs loss
     
  17. vivi

    vivi New Member

    Joined:
    Jan 1, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kue kering memang banyak diminati untuk cemilan.. peluang yang bagus
     
  18. tommy renaldi

    tommy renaldi Member

    Joined:
    Jan 30, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    sebenarnya di bilang kantong tidak kering itu tinggal bagaimana cara kita bisa memasarkan produk agar laku di pasaran gan yooi
     
  19. Rswd

    Rswd Member

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    117
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Nah itu dia, bahan baku yg harganya tak terkontrol hehe
     
  20. lee bee doo

    lee bee doo New Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    paling g enk kalo semua kue udh jadi bagus tiba ada beberapa kue entah itu 2 atau 3 g sesuai yang kita inginkan
     
Loading...

Share This Page