Mekanisme Cara Penyambungan Alat Penyambung Pipa Hdpe!

Discussion in 'General Discussion' started by Deo Vilfredo, Oct 18, 2019.

  1. Deo Vilfredo

    Deo Vilfredo New Member

    Joined:
    May 8, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mekanisme cara penyambungan alat penyambung pipa hdpe! Alat penyambung pipa hdpe merupakan bagian terpenting. Karena tanpa adanya alat penyambung ini maka pipa hdpe tidak akan bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, penting banget agar kamu menyambungkan alat penyambungan ke pipa hdpe dengan benar. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan sedikit pun karena bisa menyebabkan pipa hdpe tersebut tidak bekerja dengan baik.

    Tidak jarang ada saja beberapa orang yang salah dalam menyambungkan alat penyambung ke pipa hdpe. CV Karya Pelita kali ini akan memberitahu mengenai mekanisme penyambungan untuk alat penyambung pipa hdpe. Ada beberapa cara penyambungan yang harus kamu ketahui sebelum mengetahui bagaimana mekanisme penyambungan pipa hdpe. Penasaran seperti apa mekanismenya? Maka saya akan memberitahu kamu mengenai mekanisme cara penyambungan alat penyambung pipa hdpe. Maka kamu bisa melihatnya di bawah ini.

    Cara penyambungan melalui mechanical joint

    Ada beberapa mekanisme alat penyambungan pipa hdpe yang harus kamu ketahui. Nah, salah satunya adalah cara penyambungan melalui mechanical joint. Metode mechanical joint ini biasanya menangani pipa berbentuk seperti roll. Maka pipa tersebut akan mudah dipasangkan oleh seseorang yang telah memahami mechanical joint. Biasanya panjang pipa berbentuk roll ini minimal adalah 50 sentimeter. Sedangkan untuk diameternya kurang dari 90 mm atau yang biasa disebut dengan 3 inci.

    Biasanya kamu bisa menyambungkan alat penyambung tanpa menggunakan mesin perekat pipa hdpe. Tetapi kamu hanya membutuhkan beberapa aksesoris pendukung yang biasa disebut dengan compression joint. Compression joint memiliki berbagai macam bentuk seperti compression collat, union, ring penjepit dan masih banyak lagi yang lainnya. Compression joint juga memiliki fungsi untuk menjaga agar cairan di dalam pipa tidak keluar dari pipa tersebut.

    Adapun cara penyambungan alat penyambungan pipa hdpe melalui mechanical joint seperti membuka compression collar dan melepaskan union serta ring penjepitnya, memasang kembali union serta ring penjepitnya ke ujung pipa, memasang kembali compression collar, kemudian kamu bisa mengencangkan dengan tangan kamu atau bisa menggunakan alat pengencang, dan melakukan hal tersebut sama dengan pipa yang akan kamu sambungkan. Pastikan kamu menyambungkan dengan benar dan tidak ada kesalahan.

    Cara penyambungan melalui welded joint

    Cara penyambungan pipa hdpe yang kedua ini adalah welded joint. Welded joint merupakan metode yang berbeda dari mechanical joint. Metode welded joint biasanya dilakukan dengan cara melelehkan atau yang biasa disebut dengan welded. Welded joint ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu metode butt fusion dan metode electro fusion. Butt fusion merupakan cara penyambungan pipa hdpe yang menggunakan teknik melelehkan pipa. Biasanya pipa akan dilelehkan tepat di bagian ujung pipa.

    Kemudian, ujung pipa yang akan dilelehkan tersebut akan dipasangkan dengan pipa yang akan disambungkan. Pipa yang akan disambungkan tersebut biasanya bisa digantikan dengan aksesoris yang ingin disatukan. Cara melakukan penyambungan alat penyambung pipa hdpe mudah banget. Kamu hanya cukup untuk melelehkan kedua ujung bagian yang ingin disatukan dengan cara yang bersamaan. Biasanya dalam melelehkan kedua bagian pipa tersebut membutuhkan alat khusus.

    Jadi, tidak sembarang alat bisa melelehkan kedua bagian pipa tersebut. Nah, alat khusus itu mempunyai nama welding machine pipa hdpe. Welding machine pipa hdpe ini mempunyai beberapa bagian seperti penyerut, ragum pengikat dan teflon pemanas. Biasanya metode butt fusion ini hanya menyambungkan pipa secara lurus. Biasanya bisa dilakukan tanpa aksesoris, hanya dengan pipa ke pipa saja.

    Ada pula cara penyambungan alat penyambung pipa hdpe butt fusion seperti memasangkan ujung pipa hdpe yang akan disambung dengan menggunakan alat khusus, kemudian kamu bisa mengencangkan alat penjepitnya, pastikan alat penjepit tersebut sampai pada ujung pipa dalam satu sumbu saja, meratakan ujung pipa dengan menggunakan alat elektrik sampai keua bagian pipa rata satu sama lain, memasang plat pemanas pada kedua bagian ujung pipa sampai pada titik senyawa, menyambungkan dan menekan pada kedua ujung pipa yang sudah dipanaskan. Pastikan kamu memanaskannya sampai tekanan senyawa yang sesuai.

    Sekian artikel ini mengenai alat penyambung pipa hdpe. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya. Semoga artikel ini bisa menghibur kamu.
     
Loading...

Share This Page