Membersihkan dan merawat lantai kayu setelah ditinggal mudik

Discussion in 'Education' started by Raja Parquet, Jun 26, 2018.

  1. Raja Parquet

    Raja Parquet New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Minal aidzin wal faa idzin masih dalam suasana lebaran saya sekeluarga memohon maaf lahir dan bathin semoga kita semua kembali ke fitrah. Libur lebaran dimanfaatkan untuk ber silaturahim di kampung,balik kampung seperti nge-charge HP ketika balik lagi ke kota untuk beraktifitas maka pikiran menjadi fresh lagi dan lebih siap menjalani rutinitas.

    Waktu mudik adalah saat dimana kita meninggalkan rumah dalam jangka waktu cukup lama hal ini akan menyebabkan rumah menjadi kotor berdebu dan banyak sarang laba-laba yang dapat merusak permukaan lantai kayu. Perawatan lantai kayu tentu saja berbeda dengan merawat keramik,apalagi lantai kayu yang ditinggal pergi (mudik) dalam jangka waktu cukup lama.

    Artikel kali ini akan membahas informasi bermanfaat seputar perawatan lantai kayu setelah ditinggal mudik.
    Libur panjang ditambah dengan pesta demokrasi PILKADA serentak dan ajang piala dunia Rusia,menggoda untuk menyambung cuti bersama dengan cuti tahunan,karena fokus pada liburan,rumah semakin lama ditinggal dan tak disadari debu dan kotoran menumpuk ketika balik nanti.

    Merawat lantai kayu rada susah,butuh ketelatenan tapi semua itu dibayar punah dengan efek memasang lantai kayu yang dapat dirasakan langsung (sejuk,asri dan alami) tapi tahu-kah Anda bahwa merawat lantai kayu tidak semudah merawat keramik atau sejenisnya. Berbanding lurus dengan apa yang kita dapatkan dari lantai kayu maka perawatannya pun butuh perhatian lebih. Salah dalam merawat/membersihkan lantai kayu maka akan berakibat mudah keropos,kusam dan rusak.

    Lantai kayu memiliki sifat mudah lembab dan mudah menyerap air,kotoran seperti debu dan air lebih mudah masuk ke serat kayu dan sangat sulit dibersihkan apalagi lantai kayu yang ditinggal mudik,ada kotoran tidak langsung di bersihkan akan meresap kedalam pori-pori kayu.

    Selain debu dan kotoran,ada juga hal-hal yang dapat merusak lantai kayu seperti perubahan cuaca panas dan hujan,aktifitas yang dilakukan dan cara perawatan yang salah. Kini tidak lagi setelah membaca artikel ini sampai tuntas.
    • Menyapu debu dan kotoran dengan segera,jangan tunggu lama ketika kotoran hinggap pada lantai kayu Anda,sifat kayu yang mudah menyerap debu dan air jika tidak dengan segera maka kotoran akan masuk kedalam pori-pori dan sangat sulit dibersihkan. Gunakan sapu yang terbuat dari bulu halus lebih baik menggunakan vacuum cleaner agar debu di sela-sela kayu dapat terangkat.
    • Mengepel lantai. Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apakah lantai kayu tersebut diberi lapisan atau tidak,lapisan dimaksud berupa pernis atau lilin,jika lantai kayu Anda menggunakan lapisan anti air,cukup gunakan air hangat dicampur cairan pembersih dan mulai membersihkan dengan gerakan memutar di area yang kotor. Jika lantai kayu tidak menggunakan pelapis,cukup beri cairan pembersih dengan sedikit air lalu oleskan pada noda dan biarkan sampai kering.
    • Memilih kain pel yang disarankan. Kain pel yang bagus terbuat dari bahan katun kualitas terbaik,pada saat mengepel,peras kain pel hingga tersisa sedikit air.
    • Mengepel dua kali,setelah mengepel menggunakan kain basah selanjutnya mengepel dengan lap kering.
    Merawat lantai kayu sebaik mungkin akan memberikan manfaat bagi pemiliknya,lantai kayu menjadi awet,tahan lama,mengkilap dan kuat. Simak cara perawatan lantai kayu agar kuat dan tetap kinclong.
    1. Untuk perawatan sehari-hari,lantai kayu hanya cukup disapu dengan bahan halus atau lebih baik menggunakan vacum cleaner,jangan biasakan menggunakan air karena air dapat masuk ke sela-sela parket mengendap didasar parket dan lama kelamaan menjadi lapuk.
    2. Jangan mengepel menggunakan air basah,air dapat mempengaruhi kelembaban lantai kayu yang menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis,sendi parket dapat lepas dan berbunyi ketika diinjak.
    3. Pada dasarnya setiap ada benda cair jatuh ke lantai kayu maka harus segera dibersihkan,jangan tunggu lama karena dapat menyerap pada pori sehingga lama-lama akan membuat lantai kayu keropos.
    4. Untuk menghindari goresan pada permukaan lantai kayu,gunakan lapisan karet pada setiap kaki furniture Anda dan jangan memindahkan furniture dengan cara diseret.
    5. Gunakan karpet anti slip dibagian yang sering dilalui seperti dekat pintu utama.
    6. Jangan memakai sepatu hak tinggi didalam rumah.
    7. Khusus untuk lantai kayu solid ada tambahan perawatan yaitu waxing yaitu penyemiran ulang setiap bulan menggunakan bahan pengkilap kayu seperti teak oil & pledge dan coating ulang setiap 2 tahun sekali.
    8. Dapat juga menggunakan bahan alami untuk mengkilapkan dan membersihkan noda lama yaitu perasan air lemon dicampur air cuka oleskan pada noda dan diamkan selama 4 menit,setelah itu dilap kering.
    9. Gunakan penyuntikan anti rayap pada sela-sela parket lama Anda atau jika membeli baru pilih parket yang sudah diberi suntikan anti rayap.
    10. Untuk menjaga warnanya tetap stabil dan sama rata,diusahakan letak perabotan dirumah letak posisinya bergantian terutama ruangan parket yang terkena sinar matahari langsung.
    Terimakasih telah mampir di artikel ini,jangan mau ketinggalan dengan artikel menarik lainnya dan informasi harga up to date dengan cara follow di situs resminya http://www.kiosparquet.com/2012/06/harga-lantai-kayu.html
    Terimakasih
     
Loading...

Share This Page