Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Tanpa Susu Anak 1 Tahun. Mungkinkah?

Discussion in 'Education' started by Mellisa.Lisa, Jun 5, 2018.

  1. Mellisa.Lisa

    Mellisa.Lisa New Member

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Aneh saja jika sekarang ini ada orang tua yang tidak memberikan susu anak 1 tahun. Padahal, dulu sebelum adanya perusahaan susu, semua bayi juga sehat. Bahkan, tidak ada kasus balita keracunan. Justru pernah suatu ketika ada kasus di mana balita mengalami keracunan susu hingga akhirnya produk susu tersebut ditarik dari peredaran.

    Jadi, apakah mungkin nutrisi harian anak bisa terpenuh tanpa memberikan susu untuk anak 1 tahun? Jawabannya sangat mungkin. Hanya saja, perlu diperhatikan juga apa yang orang terdahulu lakukan.

    Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian Anak Orang Zaman Dahulu

    Jika menilik sejarah zaman dahulu, jarang sekali seorang ibu yang bekerja. Seorang ibu tugasnya hanya di rumah. Ia mengurus rumah, memasak, merawat bayi, dan lain sebagainya. Semua urusan rumah tangga ada di tangan seorang ibu. Ini yang menjadi pembeda antara ibu di zaman dahulu dengan zaman sekarang.

    Lalu, apakah seorang ibu yang bekerja atau yang sering disebut dengan wanita karir bisa melakukan hal tersebut? Tentu saja bisa. Hanya saja, butuh effort yang lebih.

    Yang pasti, seorang ibu bisa sama tidak perlu memberikan susu anak 1 tahun. Seorang ibu sekarang ini seharusnya meniru apa yang dilakukan ibu-ibu di zaman dahulu. Dulu, tidak ada susu. Toh anak mereka sehat. Kenapa? Karena anak-anak kecil pasti mendapatkan ASI. Bahkan, tidak jarang anak yang usianya melewati 2 tahun masih mendapatkan ASI. Karena pada dasarnya tidak ada susu yang lebih baik dibandingkan dengan ASI.

    Ini yang disayangkan. Banyak ibu sekarang ini yang merasa tidak kuat untuk memberikan ASI. Entah apapun alasannya, banyak bayi yang tidak mendapatkan ASI. Jangankan menjalankan ASI eksklusif. Memberikan ASI saja terkadang ada yang tidak mampu. Kebanyakan ibu sudah menyerah untuk memberikan ASI ketika usia bayi menginjak 2-3 bulan. Hingga akhirnya mereka memberikan susu formula kepada sang buah hati.

    Jadi, jika seorang ibu ingin memastikan kebutuhan nutrisi harian sang buah hati terpenuhi, pastikan si kecil mendapatkan ASI. Jadi, tidak perlu lagi si kecil mendapatkan susu formula.

    Selain itu, ibu-ibu di zaman dahulu juga rajin memberikan makanan yang sehat. Bukan hanya makanan yang bergizi tapi juga makanan yang sehat. Sayangnya, sulit sekali sekarang ini untuk mendapatkan makanan yang sehat. Banyak bahan makanan yang sudah mengandung kimia berbahaya.

    Selain itu, banyak ibu yang tidak telaten. Artinya, bayi hanya diberikan makanan instan, bukan makanan yang dibuat sendiri. Padahal, dengan memberikan makanan bergizi yang sehat, itu jauh lebih lantaran nutrisinya lebih tinggi.

    Setidaknya dua hal tersebutlah yang bisa dilakukan jika bunda tidak ingin memberikan susu anak 1 tahun. Mampukah bunda melakukan hal tersebut?

    Dengarkan Apa Kata Ahli Gizi Anak

    Sebenarnya, pakar gizi anak sudah menjelaskan bahwa anak tidak perlu mendapatkan susu formula. Hanya saja, ada satu pertanyaan, bagaimana cara memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari. Ini yang harus dicari jawabannya.

    Bahkan, para ahli juga sudah menjelaskan sampai usia berapa anak harus minum susu. Ternyata, ketika balita usia di atas 2 tahun, frekuensi minum susu sudah harus dikurangi. Ia harus lebih banyak mencoba minuman lain yang juga bergizi seperti berbagai varian jus buah.

    Jadi, intinya satu. Asalkan bunda bisa pastikan anak mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup, bunda tidak perlu lagi memberikan susu anak 1 tahun.
     
  2. Mellisa.Lisa

    Mellisa.Lisa New Member

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul banget itu mom, jangan asal dan sembarangan saja. :)
     
  3. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    98
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Anak saya yang pertama selama dua tahun gak diberi susu tambahan, hanya dikasih asi saja, anak yang kedua saya kasih susu tambahan karena kurang minum ASI nya, lebih suka susu formula, gigi depannya rusak untuk anak yang nomor 2, memang kasih susu tambahan tidak boleh sembarangan
     
  4. Mellisa.Lisa

    Mellisa.Lisa New Member

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah, masnya lagi. Ya begitu memang kalau pemberian sufor nggak pakai takaran dan pengawasan dari orang tua. Kandungannya bisa berbahaya untuk kekuatan dan kesehatan gigi anak.
     
  5. wini hamidah

    wini hamidah Member

    Joined:
    Jul 22, 2018
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iyaa jangan sembarangan bahaya
     
Loading...

Share This Page