Memilih Sepatu Trail Running untuk Aktivitas Outdoor

Discussion in 'General Sports' started by Lakukeras, Sep 16, 2020.

Tags:
  1. Lakukeras

    Lakukeras Member

    Joined:
    Nov 21, 2014
    Messages:
    61
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Salah satu tipe olahraga lari yang banyak disukai yaitu trail running. Trail running adalah olahraga lari dengan lintasan alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan jalan beraspal. Olahraga ini perlu sepatu dengan sol khusus berciri waterproof, memakai sol tebal, dan ukuran lebih lebar.

    Pemula yang baru ingin coba trail running umumnya kebingungan ketika memilih sepatu. Oleh sebab itu, pada artikel di bawah ini membahas cara memilih sepatu trail running paling baik. Artikel ini juga merekomendasikan sejumlah produk dari brand terkenal, seperti Hoka One One, Columbia, Asics, hingga sepatu Adidas ori.

    Tips Memilih Sepatu Trail Running

    [​IMG]
    Dalam menggunakan sepatu lari, khususnya trail running, sangat penting memilih sepatu yang sesuai untuk Anda. Namun, pertanyaannya bagaimana Anda mengetahui sepatu tersebut sesuai untuk Anda? Di bagian ini, dijelaskan cara memilihnya dengan detail.

    - Pilih Ukuran Sedikit Lebih Besar

    [​IMG]
    Ketika membeli trail running shoes, pilih yang ukurannya lebih besar sedikit dari ukuran sepatu Anda sehari-hari. Setidaknya ukuran sepatu trail running harus 1,5 cm lebih besar dari ukuran kaki Anda. Jalur trail running tidak selalu menanjak, namun juga ada downhill atau turunan.

    Ketika Anda berlari turun, postur tubuh Anda bisa bertumpu ke depan sampai lebih menekan bagian depan kaki. Agar mencegah jari kaki terlampau menekan ke ujung sepatu yang bisa menimbulkan sakit, sepatu Anda harus memiliki ruang lebih.

    - Coba Sepatu menggunakan Kaos Kaki Tebal

    Ketika memilih sepatu trail running, Anda harus menggunakan kaus kaki tebal. Kaus kaki untuk trail running umumnya lebih tebal dibandingkan kaus kaki lainnya. Tebalnya kaus kaki berpengaruh pada kenyamanan dan kesesuaian Anda dengan sepatu running untuk trail yang dipilih.

    Jadi, pakailah kaos kaki yang umumnya Anda gunakan ketika trail running sehingga tidak salah pilih. Bila Anda tidak membawa kaos kaki, coba pinjam ke penjual di tempat Anda membeli. Bahkan, bila Anda menyukai kaos kaki yang Anda gunakan ketika mencoba sepatu, Anda dapat membelinya sekaligus.

    - Cermati Lebar Sepatu

    Selain panjang ukuran sepatu, penting juga untuk mencermati lebarnya. Olahraga trail running membutuhkan banyak variasi footstep sebab medannya juga beragam. Oleh sebab itu, gerakan kaki ke arah samping kadang diperlukan sehingga Anda butuh sepatu lebih lebar. Untuk mengeceknya, coba lakukan gerakan seperti ingin mematikan rokok dengan kaki. Rasakan kenyamanan kaki saat Anda melakukan gerakan itu. Kemudian, pilih yang tidak sempit dan terasa nyaman.

    - Perhatikan Daya Tahan Sepatu

    [​IMG]
    Kondisi jalan yang bervariasi adalah hal lumrah ketika Anda melakukan trail running. Ada yang sedikit berbatu, lumpur, beraspal, tanah licin dan masih banyak lagi. Anda wajib menjaga supaya kaki selalu stabil dan tidak tergelincir di jalur seperti itu. Trail running shoes yang Anda gunakan harus mempunyai daya cengkeram yang efektif untuk berbagai medan.

    Agar memastikan daya cengkeramnya, Anda harus memperhatikan bagian outsole. Bagian outsole sepatu trail running dilengkapi stud dan gigi-gigi. Semakin tinggi giginya, daya cengkeram sepatu semakin kuat, namun Anda bisa lebih kesulitan ketika berjalan biasa. Sementara, outsole dengan gigi lebih pendek membuat Anda dapat berlari lebih cepat di lintasan datar.

    Bila Anda ingin memilih sepatu trail running yang lebih awet, pilihlah yang gigi di bagian outsole rendah. Sepatu trail running dengan gigi tinggi umumnya tidak terlalu awet untuk dipakai dalam waktu lama.

    Jadikan Kenyamanan Sepatu Trail Running Prioritas Utama

    Saat memilih sepatu trail running, Anda bisa merasakan kenyamanan dan keempukan dari sepatu itu. Kedua hal ini dipengaruhi ketebalan sol pada bagian tumit. Sepatu yang memiliki sol tebal bisa empuk dan mengurangi beban Anda ketika menumpu kaki pada tanah. Sepatu jenis ini sesuai untuk pemula yang belum biasa dengan lintasan perbukitan.

    Di lain sisi, sepatu trail running lebih tipis membuat Anda lebih dapat merasakan pijakan kaki pada permukaan. Hal ini membuat Anda dapat berlari lebih cepat dan natural. Seiring dengan bertambahnya jam terbang Anda pada dunia trail running, mungkin Anda lebih menyukai sepatu yang mempunyai sol tipis. Tujuannya pasti untuk mempercepat waktu Anda.

    Umur Sepatu Trail Running Wajib Jadi Perhatian

    [​IMG]
    Seperti produk lainnya, trail running shoes juga mempunyai umur pemakaian. BIla bantalan di sepatu sudah terasa kurang stabil atau cengkeramannya tidak optimal, itulah tanda Anda wajib segera menggantinya.

    Sepatu yang mempunyai kualitas yang turun bisa meningkatkan risiko cedera ketika dipakai. Biasanya trail running shoes telah harus diganti bisa telah menempuh rata-rata jarak 480 hingga 800 km. Tetapi hal ini tergantung masing-masing brand sepatu. Anda wajib memeriksanya dengan saksama supaya dapat tetap berlari dengan aman dan nyaman.
     
Loading...

Share This Page