Memperbaiki Setrika Laundry yang Rusak

Discussion in 'General Business' started by Adam Levine, Dec 4, 2020.

  1. Adam Levine

    Adam Levine Member

    Joined:
    Aug 10, 2020
    Messages:
    27
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    pexels-steve-johnson-1028624.jpg

    Bayangkan jika Anda sebagai pemilik usaha laundry, tetapi terdapat alat-alat laundry yang mengalami kerusakan. Pastinya hal tersebut akan mengganggu pelayanan laundry. Oleh sebab itu, perlu adanya perawatan secara berkala terhadap peralatan laundry, jangan sampai mengalami kerusakan yang berbarengan dan fatal karena akibatnya sangat besar bagi pergerakan usaha tersebut.

    Namun, bagaimana jika peralatan setrika laundry yang sangat vital mengalami kerusakan? Maka hal yang dapat dilakukan ialah dengan mengecek alat tersebut, apabila mengalami kerusakan mendalam maka harus segera diperbaiki. Perbaikan alat pun tidak serta-merta dapat dilakukan sendiri, tetapi juga harus mempertimbangkan tingkat kerusakannya. Apabila sudah sangat fatal dan tidak bisa diperbaiki seccara mandiri maka dapat dilakukan perbaikan melalui teknisi yang handal di bidangnya. Tentu saja, hal tersebut akan merogoh kocek yang tidak sedikit.

    Namun, memperbaiki setrika laundry yang rusak sebagai tahap awal dapat dilakukan perbaikan secara mandiri. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan mandiri guna memperbaiki setrika yang rusak versi paket usaha laundry Koin Laundry.

    1. Memperbaiki Alas Setrika yang Kurang Panas
    Perbaikan yang dapat dilakukan apabila alas setrika yang kurang panas ialah dengan menggantinya yang baru. Pasalnya, apabila alas setrika tidak panas karena mengalami keausan pada bagian bahan-bahannya. Hal ini dapat terjadi karena umur yang sudah usang atau seringnya digunakan sehingga memiliki tingkat kepanasan yang tidak terkontrol. Terlebih pada setrika listrik biasa yang sering digunakan pada jasa laundry dengan berbagai macam pakaian dan jenis bahan yang berbeda. Selain itu juga, apabila pakaian sering terbakar dan menempel lengket pada alas setrika akan menyebabkan alas setrika mudah rusak.

    2. Kabel Listrik Setrika Putus
    Perbaikan setrika laundry jika mengalami kabel putus, maka dapat disambungkan kembali atau diganti dengan kabel yang baru. Hal demikian, cukup dirasa mudah apabila mengalami kabel putus. Tanda-tandanya lampu indikator setrika tidak menyala dan setrika tidak panas. Apabila hal itu terjadi, maka perlu dilakukan pengecekan pada bagian kepala colokan dan kabelnya karena hal tersebut berbahaya dapat menyebabkan korsleting listrik atau mengalami kesetrum. Kabel yang rusak cukup digunting, lalu potong dan buang bagian kabel yang korsleting atau terbakar. Kemudian disambungkan kembali.

    3. Saluran Uap tidak Bekerja Maksimal Bagi Setrika Uap
    Pada setrika uap laundry jika mengalami kerusakan pada saluran uap sehingga menyebabkan uap yang keluar tidak maksimal. Maka perbaikan yang dapat dilakukan ialah dengan membersihkan pada bagian mulut keluarnya uap. Sebab hal tersebut dapat terjadi karena mengalami tersumbat oleh kotoran atau sisa bahan dan benang pakaian yang tersangkut. Namun, apabila tidak mempan maka langkah yang tepat yaitu dengan memperbaikinya dengan menggunakan jasa teknisi.

    4. Selang Gas Setrika Tidak Lancar Bagi Setrika Boiler
    Setrika uap gas ternyata juga bisa mengalami kerusakan loh. Kerusakan umumnya terjadi pada selang uap yang mengakibatkan tidak lancarnya atau tersendat uap yang keluar. Maka perbaikan yang dapat dilakukan dengan membersihkan selang secara rutin dan mengganti selang apabila benar-benar sudah rusak seperti bolong, terbakar, dan sebagainya. Pembersihan dapat dilakukan secara mandiri, tetapi untuk bagian kabel yang rusak atau bagian tabung gas yang rusak maka perlu teknisi yang memperbaikinya.

    Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan secara mandiri guna memperbaiki setrika laundry yang rusak. Jika Anda tidak memiliki keberanian atau tidak paham terhadap hal tersebut disarankan untuk menghubungi teknisi distributor mesin laundry yang memang benar ahli dibidang ini guna memperbaikinya dan keselamatan bersama.
     
Loading...
Similar Threads - Memperbaiki Setrika Laundry
  1. lalakana
    Replies:
    0
    Views:
    428

Share This Page