Memulai Bisnis Toko Online Di Internet

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Mydia Inggit Prahastiwi, Jun 11, 2016.

  1. Mydia Inggit Prahastiwi

    Mydia Inggit Prahastiwi New Member

    Joined:
    Jun 4, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Bisnis toko online atau online shop, atau e-commerce saat ini sedang berada di zaman keemasan. Bisnis yang berbasis internet ini dapat digunakan sebagai promosi usaha ke masyarakat luas, tentunya dengan biaya yang lebih murah dan lebih cepat. Modalnya kecil, tetapi penyebarannya sangat luas, itulah mengapa bisnis toko online banyak diminati oleh mereka yang ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan maupun usaha tetap. Kelebihan lain dari bisnis toko online yaitu dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja.

    Sebagai pemula atau startup bisnis toko online, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Pertama kenali dulu model bisnis toko online anda, apakah B2B atau B2C, berikut penjelasannya:

    B2B (business to business)

    Model ini mengarah pada penjualan dan penawaran satu bisnis ke bisnis lainnya. Jadi tidak menjual langsung kepada konsumen. Peluang bisnis dengan model ini lebih kecil dibandingkan dengan bisnis yang langsung mengarah ke konsumen.

    B2C (business to consumen)

    Yaitu menjual langsung kepada konsumen. Model bisnis seperti ini adalah yang umum digunakan dan biasanya menjadi pertimbangan oleh banyak orang ketika baru memulai bisnis toko online atau e-commerce.

    Setelah anda mengenali model bisnis toko online yang diinginkan, selanjutnya kenali juga lebih dalam tentang produk yang ingin dipasarkan. Jenis dan tipe produk yang ditawarkan, dimana produk tersebut didapatkan, termasuk sumber produk bila anda menjual kembali atau men-supply dari pengusaha lain.

    Hal-hal penting lainnya yang juga harus anda perhatikan saat memulai bisnis toko online, adalah:

    - Mulailah dengan website gratis

    Banyak sekali website yang menyediakan fitur gratis untuk berjualan. Anda dapat memanfaatkan website gratis tersebut untuk memulai bisnis anda. selain, menghemat modal pembuatan toko online, penggunaan website gratis dapat dijadikan sebagai percobaan untuk mengetahui tingkat penjualan.

    - Uji tingkat penjualan

    Keuntungan dari bisnis online salah satunya yaitu waktunya fleksibel, sehingga anda mempunyai banyak waktu luang untuk menata toko online anda. Website toko online anda merupakan sebuah kanvas dimana anda dapat memperbaiki ide desain sesuai yang anda inginkan hingga anda menemukan rahasia kunci sukses. Mulailah lakukan beberapa perubahan seperti mendesain toko online semenarik mungkin serta mengubah teks website. Anda juga dapat membuat penawaran khusus, misal diskon atau potongan tiap pembelian jumlah tertentu, dsb. Setelah melakukan hal-hal tersebut, mulailah mengukur respon pelanggan sebulan atau dua minggu sekali, gunanya untuk mengetahui keuntungan anda serta minat masyarakat terhadap produk yang anda pasarkan. Beberapa komoditas yang penjualannya meningkat akhir-akhir ini adalah fashion, gadget dan kecantikan.

    - Penjualan delapan detik

    Dalam sebuah artikel berjudul 6 Tips for Building a Business Online, dikatakan bahwa orang akan melihat website rata-rata tidak lebih dari delapan detik. Dari itu, sebaiknya konten produk anda ditempatkan di bagian depan sehingga akan terlihat jelas.

    - Gunakan media sosial dengan seksama

    Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya merupakan sarana yang umum digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan usahanya. Anda juga dapat menggunakannya sebagai alat promosi produk yang anda jual. Namun pemakaiannya juga harus hati-hati, jangan sampai gara-gara promosi yang berlebihan atau terlalu banyak anda tidak memperhatikan klien atau customer anda. Bangunlah jaringan komunikasi yang baik dengan klien dan customer sehingga mereka merasa lebih dihargai.

    Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis toko online di internet. Semoga bermanfaat J
     
    DedyAkas Website likes this.
  2. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    856
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    makasih informasinya bermanfaat..
     
    DedyAkas Website likes this.
  3. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,250
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sip... Dapat ilmu baru nih.... :)
     
    DedyAkas Website likes this.
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Mantap teman
    Saya setuju ketika kita melakukan sesuatu itu harus dimulai dari nol alias dimulai dari yang gratisan dulu
    Setelah dapat aplaus positif barulah mulai dengan yang lebih premium
    Salam dahsyat
     
  5. Mydia Inggit Prahastiwi

    Mydia Inggit Prahastiwi New Member

    Joined:
    Jun 4, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    semoga bisa membantu kalian gan
     
  6. mydewaz

    mydewaz Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    52
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    keen nih tips nya, apalagi ditambah kod, on page seo sama backlink bergizi
     
Loading...

Share This Page