Mencuci Clodi Dengan Mesin Cuci? Ini Tipsnya!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Mar 28, 2019.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    154
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Popok clodi kini menjadi salah satu produk andalan para ibu untuk menggantikan penggunaan pospak (popok sekali pakai). Selain lebih aman karena risiko bayi terkena iritasi lebih kecil, menggunakan popok clodi juga lebih hemat karena dapat dipakai berkali-kali (reusable).

    Karena bersifat reusable ibu pun harus berhati-hati mencucinya karena jika sampai salah, bahan clodi malah jadi cepat rusak, khususnya jika ibu menggunakan mesin cuci.

    Lalu, bagaimana sih cara mencuci clodi yang benar menggunakan mesin cuci?

    Pertama, pisahkan insert dengan popok. Insert kotor dicuci secara terpisah dengan merendamnya di air hangat yang sudah dicampur deterjen. Namun jika insert sudah dijahit pada cover, bunda bisa mencuci keduanya secara bersamaan dengan cara yang sama.

    Kedua, Jangan terlalu banyak memasukan clodi ke dalam mesin cuci. Hal ini bertujuan agar mesin cuci dapat membersihkan popok clodi secara sempurna serta menghindarkan clodi dari gesekan berlebih satu sama lain.

    Ketiga, cuci popok kain bayi berbahan katun pada air bersuhu 600 derajat Celcius. Untuk bahan yang lain, cukup ikuti petunjuk pada label perawatan. Beberapa bahan mungkin perlu menggunakan air bersuhu lebih rendah.

    Keempat, pastikan clodi benar-benar bersih dari deterjen. Jika bunda masih menemukan busa, cobalah bilas dan cuci kembali. Apabila popok clodi sudah dicuci dan masih menimbulkan aroma tidak sedap, ulangi mencuci clodi. Hal ini menandakan kuman-kuman belum benar-benar hilang selama proses pencucian pertama.

    Kelima, keringkan clodi di udara terbuka. Pilihlah area yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar atau manfaatkan sinar matahari pagi dan sore saat panasnya tidak terlalu menyengat. Apabila bunda mengeringkannya langsung di bawah terik matahari, hal ini akan menyebabkan clodi menjadi kaku.

    Bagaimana, mudah ‘kan bu? Semoga informasi di atas bisa membantu ibu merawat popok clodi lebih baik ya. Selamat mencoba!

    Sumber: Atur Bisnis
     
Loading...

Share This Page