mendongkrak tenaga mesin diesel

Discussion in 'Otomotif' started by ken_dhou, Feb 12, 2018.

  1. ken_dhou

    ken_dhou New Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Cara menambah tenaga pada Mesin Diesel



    [​IMG]



    Alhamdulillah... Akhirnya bisa menulis artikel pertama saya di Bersosial, semoga Sobat-sobat pembaca bisa memahami apa yang saya tuliskan dengan bahasa yang sederhana ala saya, dan dapat memberikan manfaat serta menambah teman sesama pecinta "oprek" maupun tune up mesin.

    Tak semua orang bisa peka merasakan bahwa mobil yang mereka kendarai telah mengalami penurunan tenaga, konsumsi bahan bakar berubah, atau ada perubahan pada mesin kendaraan mereka. Apalagi jika perubahan tesebut begitu kecil.

    Tapi saya yakin, semua orang menginginkan "tunggangan" mereka bisa lebih bertenaga dari aslinya (bawaan dealer) tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih kecil (bingung-bingung kan...?)



    Karena saya adalah mekanik Bengkel Injection Pump (Pompa Injeksi) maka saya hanya akan menerangkan tentang menambah tenaga mesin dari sisi Pompa Injeksi, sedangkan dari sisi engine masih banyak Sobat2 pakar engine yang lebih menguasai dan lebih pantas untuk menjelaskan.

    Apa sajakah yang bisa kita rubah untuk melakukan itu????



    [​IMG]

    Tancap Sob...!!!

    1. Timing / Saat Pembakaran



    Seperti yang kita tahu, bahwa Pompa Injeksi dari sananya diset untuk menembakkan bahan bakar sesaat sebelum titik mati atas kompresi.

    Agar pembakaran bisa benar-benar matang maka kita majukan saat pembakaran agar bisa menginjeksikan bahan bakar bersamaan dengan TMA. Akan ada efek suara mesin menjadi lebih kering, tetapi jika suara berubah menjadi kasar (beda lho dengan kering) itu tandanya saat pembakaran terlalu maju (terlalu ngepur).

    Timing yang terlalu maju harus segera dikoreksi lagi, jika tidak maka akan ada harga yang harus dibayar yaitu mesin menjadi lebih cepat panas, dan beberapa komponen mesin menjadi lebih pendek umurnya.



    2. Setelan Minyak

    Siapapun tahu teori ini, semakin boros minyak maka mesin akan semakin bertenaga. Tetapi hal itu bisa menjadi boomerang jika kita menambahkan terlalu banyak (boros), karena mesin malah akan menjadi kurang bertenaga karena komposisi bahan bakar dan udara tidak sesuai. kalau istilah mekanik jalanan biasa bilang "mblebek".



    3. RPM



    [​IMG]



    Yang dimaksud menambah RPM disini adalah menambahkan tekanan Governor sehingga putaran mesin akan diajak oleh Pompa Injeksi untuk bisa berputar lebih kencang lagi dari standarnya. Nafas mesinpun menjadi lebih panjang dan lebih mudah untuk menyemburkan tenaga pada angkatan pertama mesin.

    Tetapi berhati-hatilah jangan sampai Sobat menambahkan RPM terlalu banyak, karena akibatnya bisa sangat fatal yaitu bisa memcu terjadinya patah Kruk As. Dan tidak semua Pompa Injeksi memiliki setelan RPM.



    4. Nosel

    [​IMG]



    Setel ulang Nosel, dan hal ini harus lebih diperhatikan karena seperti yang kita tahu bahwa Nosel adalah "ujung tombak" penginjeksian bahan bakar. Lebih baik lakukan pemeriksaan maupun perawatan Nosel secala berkala.

    Apalagi jika mengingat Nosel memiliki lobang yang sangat kecil hingga beresiko terjadi kebuntuan akibat kerak pembakaran ataupun kotoran yang terbawa dalam bahan bakar.

    Sepertinya hanya 5 poin diatas yang dapat kita otak atik dari sisi Pompa Injeksi, sedangkan Poin yang ke 2 biasanya saya lakukan terakhir kali, karena semakin bertenaga mesin maka ,otomatis konsumsi bahan bakar menjadi berkurang.

    KOK BISA???!!!!

    Logikanya begini sob, untuk mendapatkan power yang sama seperti saat sebelum ditune up kita tidak perlu menekan gas sama dalamnya. Dan itu artinya pembukaan bahan bakar pun lebih kecil dari sebelumnya. Semoga bisa dimengerti ya, hehehe....

    Jadi kalau si empunya kendaraan masih ingin tambah lagi tenaganya, baru deh saya borosin sedikit minyaknya.

    NB : Sebagai tambahan, mengganti filter (udara dan solar) dan setel klep tidak saya cantumkan pada daftar diatas karena hal standar yang pasti dilakukan semua pemilik mesin diesel.
    Trik diatas berlaku untuk pompa injeksi model konvensional bukan Common Rail
    Saya rasa cukup disini dulu ya Sobat sekalian... semoga bermanfaat dan terima kasih
     
    Last edited: Feb 12, 2018
  2. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    ini mesin diesel secara keseluruhan gan? untuk mesin diesel genset juga sama?
     
  3. ken_dhou

    ken_dhou New Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Genset berapa silinder sob?
    Kalau yang 1 silinder hanya bisa "main" di nosel sama setelan klep
    Sedangkan untuk 3 / 4 silinder bahkan lebih bisa menggunakan cara diatas
     
    Last edited by a moderator: Feb 12, 2018
Loading...

Share This Page