Menentukan Harga Pembuatan Website

Discussion in 'General Discussion' started by noer98, Mar 20, 2019.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    555
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bagaimana Cara Menghitung Harga / Biaya Pembuatan Website?

    Apa yang mempengaruhi harga website, serta bagaimana memilih platform website / blog yang tepat untuk kita?

    Pertanyaan ini biasanya sering diajukan oleh mereka yang berniat untuk memiliki website. Terutama bagi mereka yang ingin website bisnis.

    Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga web. Mulai dari penggunaan websitenya sendiri hingga kepada siapa Anda meminta dibuatkan website. Ini jika Anda membuat website di jasa pembuatan website.

    Website untuk konten. yaitu website yang berisi artikel, foto serta video presentasi produk, company profile serta web / blog pribadi cenderung jauh lebih murah.

    Alasannya adalah web semacam ini biasanya menggunakan CMS atau content management system yang mudah digunakan.

    Untuk website aplikasi, maka harganya menjadi jauh lebih mahal.

    Alasannya, biasanya web aplikasi memerlukan coding atau pemrograman yang sesuai dengan fungsi aplikasinya. Fungsi ini bisa sangat spesifik tergantung keperluan. jadi, kita pasti membayar mahal untuk website seperti ini.

    Misalnya, kita perlu website yang mampu mendukung proyek kita. Caranya adalah dengan membuat form laporan dari setiap unit untuk progress harian. Nah, setiap unit juga melaporkan laporan keuangan serta beberapa laporan lainnya. Jika kita berharap bisa mengintegrasikan semua data diatas, serta mengolahnya sekaligus, maka bersiaplah membayar hingga ratusan juta rupiah untuk 1 buah website.

    Untuk blogger biasa, mereka biasanya sudah memutuskan untuk menggunakan platform seperti wordpress atau blogspot.

    WordPress.com adalah platform website gratis dan blogspot juga gratis. Keduanya cukup memenuhi keperluan kita yang hanya ingin blog pribadi saja.

    Tetapi, bagi yang ingin serius dengan website atau web bisnis, maka blog gratis jelas tidak memenuhi syarat. Blog gratis membuat repot karena fiturnya terbatas serta sulit diupgrade.

    Kebaikannya, blog gratis termasuk aman dari hacker selama kita bisa menjaga password dan nama login kita dengan benar.

    Apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform website?
    Yang pertama adalah fungsi websitenya.
    Kami tidak menyarankan Anda untuk membuat website dengan Framework jika fungsi websitenya hanya untuk menjual jasa service AC. Mubazir! Anda akan membayar programer untuk membangun web Anda dari awal, kemudian jika ada perubahan, perlu si programer lagi untuk merubahnya.

    Untuk keperluan menjual jasa service AC, jasa sewa kapal serta company profile, kita hanya memerlukan website biasa saja.

    Web semacam ini memiliki CMS atau Content Management System yang sudah terkenal saja. CMS membuat Anda mudah mengupdate konten, atau menambah serta mengurangi isi konten. Juga, Kita bisa menambah atau mengubah catatan atau artikel kita disana.

    Website semacan ini sangat praktis serta murah. CMS biasanya tidak memerlukan banyak uang untuk dibangun.

    Bagaimana soal kehandalannya?

    Jangan salah, CMS terkenal biasanya jauh lebih handal serta berfitur jauh lebih lengkap. Mengapa? Ini karena CMS terkenal seperti wordpress biasanya dibuat oleh banyak orang. CMS terkenal biasanya merupakan produk hasil pekerjaan ribuan kontributor. Nah, ribuan programer tadi tentunya jauh lebih jago dibanding 8 atau bahkan 20 orang programer di suatu jasa pembuatan web dan aplikasi kan?

    Yang menjadi masalah barangkali hanya satu. CMS tadi tidak didesain sesuai keperluan kita. jadi, kita sulit memakainya. Nah, jika kita ingin web aplikasi yang fungsinya kita definisikan sendiri, maka kita mungkin perlu membuat web dari nol.

    Tetapi jika hanya membuat web toko online atau tiket online, maka lebih baik Anda menggunakan CMS saja.

    Untuk website company profile, juga jauh lebih mudah serta murah jika kita menggunakan CMS.

    Ada jasa pembuatan website yang menggunakan CMS buatan sendiri. Ini semua dilakukan supaya pelanggan mereka mudah mengupdate website atau menambah gambar. Tetapi, Karena CMS ini dibuat sendiri, biasanya harganya juga menjadi lumayan mahal.

    Apa bedanya CMS buatan sendiri atau CMS terkenal?

    Bedanya mungkin di fungsi yang lebih spesifik. Tetapi, kekurangannya ada juga. Soal keamanan dan kehandalan belum tentu lebih baik. Kemudian soal promosi online. Website dengan CMS terkenal bisa jadi lebih bagus untuk keperluan SEO atau Search Engine Optimization, bisa jadi juga tidak.

    SEO sendiri adalah teknik untuk masuk halaman pertama Google dengan kata kunci incaran kita.

    Membangun CMS yang mudah masuk rangking tinggi di Google bukan sekedar bisa memprogram. Tetapi juga mesti faham SEO serta mengaplikasikan kedalam program CMS website yang ada. Struktur link harus bagus untuk mudah diindeks Google dan sebagainya.

    Yang kedua adalah: dimana Anda membuat website
    Jika website Anda dibuat ditempat jasa pembuatan website. maka mereka akan memberikan harga yang berbeda. Ada jasa pembuatan website yang menggunakan pemrograman dari nol saat membuat website untuk company profile. Hal semacam ini sebenarnya tidak perlu. Karena setiap perubahan bisa jadi melibatkan perubahan program juga.

    Jadi, Anda akan membayar lumayan mahal. Kita seperti menyewa programer untuk mengetik program dari nol. Kemudian menyewa dia lagi jika ada perubahan. harga akhirnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

    Untuk komponen terakhir biaya pembuatan website adalah berupa biaya nama domain serta biaya hosting.

    Nama domain .com adalah termasuk yang paling murah. Selain itu merupakan nama domain yang paling mudah masuk rangking atas di Google. Nilainya bervariasi antara 140 ribu hingga 160 ribu rupiah tergantung tempat Anda membelinya.

    Biaya hosting atau server hosting juga biasanya tidak terlalu mahal untuk website pemula. Ini karena kita tidak akan memperoleh ribuan pengunjung pada hari pertama website kita online. Jadi, biaya server juga tifdak terlalu tinggi.

    Bagi lawangtechno.com sendiri, harga web akan disesuaikan dengan keperluan. Bagi website company profile atau jasa rental mobil, pastinya tidak perlu semahal mobilnya juga.

    Yang jelas, kami tetap memberikan website dengan desain yang sesuai identitas bisnis Anda. warna, layout dan sebagainya disesuaikan untuk mendapatkan impresi yang baik bagi bisnis Anda.
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    "Kalau yang handal tapi harga murah ada nggak? Mahal ya? Nggak salah harga segitu? dll." Itu adalah contoh komentar orang yang mau dibikinin website tapi gagap informasi, dia membandingkan sama tetangganya yang bikin blog gratis di blogspot :D:D:D
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,522
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Mantab benar harga website bisa saingan sama harga mobil
    pasti itu akan rumit sekali isinya
     
  4. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    tp kalau yang gratisan peforma yh bagus.,. ngapa harus bayar wkwkwkw : D: D: D
    modal irit.,.,peforma selangit
     
  5. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    kalo gratisan lebih bagus,, ngapain cari yang bayar :v
     
  6. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kadang bayar orang juga perlu sih kalau kita pengen fokus ke bisnisnya dan nggak pengen ngurus tekniknya. Tapi permasalahannya banyak yang nggak tau range harga website itu seberapa. Yahhh... mungkin kalau udah ganti generasi baru paham. Hehehe
     
  7. Rudi Nazarudin

    Rudi Nazarudin Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    351
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    kalo saya biasanya sekelas menggunakan CMS wp paling sekian juta, gak mahal2 :D
     
  8. Ervan Repana

    Ervan Repana New Member

    Joined:
    Feb 27, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  9. Parsas89

    Parsas89 New Member

    Joined:
    Apr 11, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau saya pribadi, menentukan harga website murah - murah saja, yang mahal maintenance nya, heheheh.. karena saya gak jual putuh.
     
  10. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    210
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Kalau saya pribadi, harga websitenya terjangkau saja tapi disesuaikan sama budget dan fitur yang client mau ;) dan buat yang mau bikin sendiri & memanfaatkan gratisan, ya silahkan saja, toh butuh ilmu dan waktu yang banyak juga untuk memaksimalkannya :D
     
  11. khezo

    khezo Member

    Joined:
    Aug 27, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalau saya sih bayar dikit dapet nya banyak hehehe
     
Loading...

Share This Page