Mengapa Air Laut Mempercepat Korosi (Pengkaratan)

Discussion in 'Science' started by KangAndre, Nov 10, 2015.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,886
    Likes Received:
    2,592
    Trophy Points:
    313
    Karat merupakan salah satu masalah yang merugikan yang perlu mendapat perhatian khusus akibat efek yang dapat ditimbulkannya. Namun proses terjadinya karat (korosi) merupakan proses alamiah maka prosesnya tak dapat dicegah, yang dapat kita lakukan adalah dengan mengendalikan dan mengurangi laju korosi sehingga produk tersebut efisien sesuai yang direncanakan.

    Air laut adalah air murni yang di dalamnya terlarut berbagai zat padat dan gas. Suatu contoh air laut sebesar 1000 g berisi kurang lebih 35 g senyawa-senyawa terlarut yang secara kolektif disebut garam. Dengan kata lain, 96,5% air laut berupa air murni dan 3,5% zat terlarut.

    Banyaknya zat yang terlarut disebut salinitas. Zat-zat terlarut meliputi garam-garam anorganik, senyawa-senyawa organik yang berasal dari organisme hidup, dan gas-gas terlarut. Fraksi terbesar dari bahan terlarut terdiri dari garam-garam anorganik yang berwujud ion-ion.

    Enam ion anorganik membentuk 99,28% berat dari bahan anorganik padat. Air laut adalah suatu zat pelarut yang bersifat sangat berdaya guna, yang mampu melarutkan zat-zat lain dalam jumlah yang lebih besar dari pada zat cair lainnya.

    Proses korosi dalam air laut berlangsung karena adanya unsur-unsur kimia, oksigen yang larut dan pengaruh bakteri. Korosi logam pada air laut mengikuti mekanisme pada elektrokimia dimana pada logam yang mengalami korosi terdapat tempat-tempat berupa anoda dan katoda. Plat baja karbon dalam air laut mengalami laju korosi antara 0,1 sampai 0,15 mm pertahun, namun jika serangannya berupa sumuran, penetrasi yang terjadi jauh lebih dalam.

    Laju atau tingkat karat suatu logam yang terkorosi umumnya ditentukan konduktivitas elektrolit yang terlarut. Lingkungan tersebut merupakan media likuid. Pada lingkungan laut dengan kadar garam hingga 3,5% atau lingkungan dengan mempunyai kadar ion klorida yang cukup tinggi, baja karbon rendah mengalami kegagalan material akibat korosi yang menyeluruh ke seluruh permukaan logam tergantung dari konsentrasi elektrolit di lingkungan. Aplikasi baja karbon rendah di lingkungan dengan kadar ion klorida lebih dari 3% banyak di pakai pada bangunan kapal dan peralatan maritim.

    Salah satu usaha pencegahan korosi air laut adalah dengan pengorbanan anode (Sacrificial Protection). Magnesium adalah logam yang jauh lebih aktif (berarti lebih mudah berkarat) daripada besi. Jika logam magnesium itu akan berkarat tetapi besi tidak. Cara ini digunakan untuk melindungi pipa baja yang ditanam dalam tanah atau badan kapal laut. Secara periodik, batang magnesium harus diganti.
     
    Last edited: Jan 31, 2019
  2. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    karane terdapat zat garam,,, kaya garem di kasih di besi pasti karat
     
  3. danisukoco

    danisukoco Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    368
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    karena kadar garam yang tinggi dapat mempercepat besi menjadi mudah berkarat kang . .
     
  4. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    masih bingung soal karatan, kadang peralatan besi ga ada air atau kering terus aja bisa karatan. contoh usb saya gapernah ditempel air (boro boro) tapi bisa karatan





    btw karat yang diitung dari emasnya ... karat ya :D
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,886
    Likes Received:
    2,592
    Trophy Points:
    313
    Pakai usb full plastik, dijamin gak karatan dan gak berfungsi :D
     
  6. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    nanti saya buatin deh :D khusus di indonesia
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,886
    Likes Received:
    2,592
    Trophy Points:
    313
    kalau bisa yang refill :D
     
  8. artinur

    artinur Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    air hujan dikota2 juga bikin korosi
     
  9. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    153
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Klo jawaban singkatanya gmn ya @KangAndre? Ane pernah di tanya anak SD mengapa besi yang dipinggir laut cepat berkarat? tapi susah menjelaskannya krn kn msh anak2... blm mengerti ion2 dll hehe *bingung*
     
  10. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    635
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Ane tinggal di deket pantai ada enak sama gknya hahahaha
     
  11. edgar

    edgar Guest

    Mungki karena sifat air bersifat melumatkan dan menekan
     
  12. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,886
    Likes Received:
    2,592
    Trophy Points:
    313
    Karena air laut mengandung garam yang tinggi dibandingkan air tawar. :D
     
  13. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    jadi gitu ya penyebabnya, pantesan, air ujan jg sama kalau kita ada kendaraan makanya wajib dicuci kalau kena ujan, kalau engga dijamin cepet banget tuh kena karatan
     
Loading...

Share This Page