Mengapa Beberapa Orang Memilih Untuk Menjadi Vegetarian

Discussion in 'Health & Medical' started by Agungayu88, May 11, 2015.

  1. Agungayu88

    Agungayu88 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Halo teman-teman mungkin teman teman disini jika mendengar kata-kata vegetarian berarti penyiksaan ya. Hehe Penyiksaan makan makanan yang enak seperti daging-dagingan, susu, dan olahan makanan dari hewan-hewan lainya. Namun tahu g jika diluar sana banyak sekali orang yang memilih gaya hidup vegetarian dengan berbagai macam alasanya. Berikut akan di jabarkan kenapa sih orang memilih untuk meninggalkan makanan-makanan lezat dari hewan dan memilih mengurangi atau menghindari makanan dari olahan hewan hewanan.
    1. For Animal’s Sake
    Anda penyayang binatang? Ini bisa jadi salah satu alasan menjadi vegetarian. Banyak orang memutuskan menjadi vegan karena tak tega melihat binatang disembelih untuk dimakan. Inilah alasan etika yang banyak digembar-gemborkan orang-orang Barat.

    2. Hidup Lebih Berwarna
    Sayur dan buah memiliki banyak warna. Semakin berwarna semakin sehat makanan Anda. Misalnya, sayur dan buah berwarna oranye dan hijau, kaya akan beta karoten. Manfaatnya, tak hanya ampuh menangkal radikal bebas, tapi juga menjauhkan tubuh dari sel kanker. Sementara, sayur dan buah berwarna kemerahan, kebiruan dan keunguan seperti plums, ceri, paprika, blueberry, dan kedelai hitam, mengandung antisianin. Manfaatnya, mencegah proses oksidasi yang terjadi secara dini dan menimbulkan penyakit degeneratif.

    3. Sehat Lebih Lama Dengan menjadi vegetarian, kita terhindar dari semua lemak hewani. Kita tahu, lemak hewani merupakan sumber kolesterol yang jadi salah satu pemicu penyakit jantung dan kanker. Selain itu, tubuh juga akan mendapat banyak serat dari sayuran dan buah. Bahan makanan ini sumber antioksidan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Oh ya, meski hanya mengonsumsi sayuran, buah dan kacang-kacangan, tak perlu takut terkena osteoporosis. Asupan kalsium bisa dicukupi dari kacang-kacangan, tempe, tahu, susu kedelai dan sayuran berwarna gelap seperti bayam dan brokoli.

    4. Berat Badan Stabil Karena asupan lemak dari hewani berkurang, Anda tak perlu lagi takut kegemukan.
    Namun, jangan takut kelaparan juga. Makanan sehat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan cukup kok memenuhi semua kebutuhan tubuh. Bahkan bisa membantu Anda mendapatkan berat tubuh ideal. Dengan rajin makan sayur dan buah, otomatis tubuh kita mengonsumsi banyak serat. Dijamin, pencernaan akan lancar dan racun-racun di tubuh pun bisa keluar setiap hari.

    5. Hemat Kita tahu produk daging dan olahannya termasuk bahan makanan yang harganya mahal. Mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayuran dan kacang-kacangan, artinya Anda telah menghemat pengeluaran belanja harian atau jatah uang makan siang. Coba bandingkan ketika Anda makan di warung makan dengan mengunakan daging sebagai lauk dan menggunakan tahu atau tempe sebagai lauk. Pengeluaran Anda pasti jauh beda.

    6. Cegah Global Warming
    Jangan kaget dulu, apalagi tertawa! Fakta yang diungkap FAO tahun 2006 menjelaskan bahwa daging merupakan komoditi penghasil emisi karbondioksida paling tinggi (20%). Ini bahkan melampaui jumlah emisi gabungan dari semua kendaraan di dunia. Kok bisa? Ternyata industri ternak telah menghasilkan 9% racun karbondioksida, 65% nitrooksida, dan 37% gas metana. Selain itu, industri ternak juga memerlukan banyak energi untuk mengubah ternak menjadi daging siap konsumsi. Untuk memproduksi 1 kg daging saja misalnya, dihasilkan emisi karbondioksida 36,4 kilo. Wah!

    7. Save Energy
    Saat ini krisis energi dan pangan merebak ke seantero muka bumi. Ingin hemat energi? Salah satunya dengan menjadi vegetarian atau setidaknya kurangi sumber makanan hewani. Seperti dijelaskan di atas, bahan makanan hewani membutuhkan lebih banyak konsumsi energi dalam produksi dan suplainya dibanding makanan nabati. Menurut U.S. Geological Survey, untuk membuat satu tangkup hamburger, misalnya membutuhkan setidaknya 1.300 galon air. Jadi, tidak heran jika produk pangan hewani danjunk food memerlukan lebih banyak energi dibanding dengan mengolah sayuran, buah dan beras.

    Nah sumber artikel diatas di ambil dari sini y http://nasional.kompas.com/read/2008/10/17/10212551/7.alasan.jadi.vegeta

    Semoga Bermanfaat
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kebetulan saya juga seorang vegetarian ketika pesan cap cay, walaupun ada seafoodnya sedikit.
     
  3. Agungayu88

    Agungayu88 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    haha..bisa aja mas ardilas :D
     
  4. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau saya belum pernah jadi vegetarian, menurut saya mending seimbang ada makanan dari daging maupun dari tumbuhan :D
     
Loading...

Share This Page