Mengapa Gaji Project Manager IT Tinggi?

Discussion in 'Programming' started by SatyaAR, Apr 6, 2020.

  1. SatyaAR

    SatyaAR New Member

    Joined:
    Dec 11, 2019
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pesatnya perkembangan dunia Informasi dan Teknologi atau IT membuat profesi manager IT cukup menjanjikan. Bagi yang awam sekalipun, sekali atau dua kali mungkin terlintas berapa sih gaji project manager IT. Sedangkan bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT pada level awal, ulasan berikut mungkin bisa meningkatkan motivasi Anda menekuni dunia ini.

    Faktor yang Menentukan Gaji Project Manager IT

    [​IMG]

    Joko Irwansyah, IT Project Manager PT Chubb Life Insurance Indonesia, dalam wawancara dengan TechforID menyebutkan gaji project manager IT tergantung dengan level pengalaman dan durasi lamanya bekerja.

    Joko menyebut gaji project manager IT dapat mencapai Rp8 jutaan bagi yang telah bekerja selama setahun. Bagi yang telah senior, gaji untuk posisi ini dapat mencapai Rp15 juta. Bahkan, gaji project manager IT bisa menembus Rp20 juta apabila telah bekerja lebih dari 10 tahun.

    Gaji tersebut sepadan dengan beragamnya pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang project manager IT. Masih mengutip narasumber yang sama, seorang project manager IT dapat menangani banyak hal, mulai dari anggaran, kerangka waktu pekerjaan, sumber daya bidang IT hingga tenggat waktu pengerjaan.

    Secara umum, seorang project manager IT terbuka untuk pekerjaan internal dan eksternal. Rumitnya tugas pada dua aspek ini membuat project manager IT mempunyai tanggung jawab besar. Untuk pekerjaan internal, ia harus membuat jadwal proyek, merekrut anggota tim, memberikan tugas, memantau hingga mengendalikan hasil proyek.

    Sedangkan untuk tugas eksternal, project manager IT berkewajiban melaporkan status dan kemajuan proyek, bekerja dengan sponsor proyek hingga mengidentifikasikan kebutuhan sumber daya, termasuk cara untuk mendapatkannya. Tentunya, gaji project manager IT tergantung pula pada kemampuan perusahaan. Profesi ini semakin diincar untuk hampir semua segmen bisnis, seperti asuransi, perbankan, keuangan, ritel hingga jasa.

    Dari sekian banyak daftar pekerjaan tersebut, mengelola sumber daya manusia atau staf IT menjadi yang paling menantang. Joko berbagi cerita seorang project manager IT harus bisa menjembatani beragam kemampuan anggotanya yang beraneka ragam, belum lagi jika ada yang mundur di tengah jalan saat proyek beroperasi. Baginya, bagian berkomunikasi dengan banyak pihak inilah yang tersulit.

    Ia mengharapkan kampus dapat membantu mereka yang tertarik menjadi project manager IT dengan menghadirkan pelajaran, seperti System Development Life Cycle (SDLC), algoritma, database dan programming. Mahasiswa diharapkan dapat mengasah logika melalui mata kuliah terkait algoritma. Kabar baiknya, profesi project manager IT tidak hanya khusus bagi yang lulusan IT. Asal mempunyai pengalaman yang cukup dan cakap, lulusan dari jurusan lain bisa menempati posisi ini.

    Tertarik?

     
  2. Naufal Farisi

    Naufal Farisi New Member

    Joined:
    Apr 12, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Semakin besar gajinya besar juga tugas dan tanggung jawab yang dipegang.
     
Loading...

Share This Page