Mengapa Gereja Ayam Magelang Begitu Populer

Discussion in 'Tourism' started by rendika Iswandi, Sep 17, 2016.

  1. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Gereja Ayam atau gereja merpati merupakan sebuah gereja dengan bentuk arsitektur yang cukup unik, mengapa demikian? pasalnya gereja ini secara nampak luar memiliki bentuk menyerupai seekor ayam lengkap dengan leher dan juga kepalanya. Cukup unik bukan? Akan tetapi, taukah kamu pada awalnya gereja didesain dengan bentuk ingin menyerupai seekor burung merpati. Namun setelah seiiring berjalannya sang waktu, masyarakat sekitar malah menyebutnya dengan nama 'Gereja Ayam' hingga saat ini.

    Nama gereja ayam sendiri mulai ramai diperbincangkan oleh khalayak umum semenjak kemunculannya sebagai salah satu latar belakang tempat bertemunya pemeran utama dalam film 'Ada Apa Dengan Cinta 2', yang sukses menjadi jawara pada box office Indonesia dengan jumlah penonton hingga 3.6 juta penonton. Sebelum Dian Sastrowardoyo (Cinta) dan Nicholas Saputra (Rangga) main film di Gereja Ayam, bangunan unik ini sebelumnya sudah lama populer hingga ke mancanegara karena bentuknya yang tidak biasa. Namun pasti berkat AADC 2, tempat ini semakin kian populer di Indonesia dan akhirnya semakin menarik minat banyak wisatawan. Sebetulnya terdapat juga bangunan serupa yaitu sama-sama berbentuk menyerupai ayam yang terdapat di Uruguay, Amerika Serikat.

    [​IMG]

    Tepat pada 02/07/2016, saya memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut. Bila kamu berdomisi di Jakarta, sama halnya seperti saya. Kamu dapat menggunakan jasa kereta dengan tujuan Stasiun Pasar Senin menuju Stasiun Lempuyangan, Jogja. Setibanya di Jogja, saya memutuskan untuk menyewa sepeda motor yang banyak terdapat pada kawasan wisata Malioboro, dengan merogoh kocek sekitar Rp. 80-90.000/24 jam. Gereja ayam berlokasi di Bukit Rhema, Magelang atau tepatnya sekitar 2 Km sebelum Candi Borobudur. Dikarenakan ingin memenage waktu dengan baik, saya bergegas untuk langsung menuju Bukit Rhema, Magelang dengan jarak sekitar 42 Km dari Jogja.

    Dengan suasana yang sangat asri dikelilingi dengan hutan tropis, membuat sejuk sepanjang perjalanan singkat ini. Pada saat sewaktu saya mengunjungi gereja ayam, akses jalan memang sedang diperbaiki dengan alasan sebagai keamanan dan juga sarana bagi para wisatawan yang datang, agar tak menjadi becek kala waktu musim penghujan tiba. Namun info terakhir yang saya ketahui bahwasanya saat ini pengerjaan jalan tersebut sudah rampung, sehingga para wisatawan dapat merasa nyaman untuk melewati jalan beton tersebut.

    Tak lama berselang, sudah nampak bangunan besar berbentuk ayam ataupun burung merpati tersebut, seakan membuat jantung ini kian berdebar, merasakan begitu bersemangatnya untuk sesegera mungkin masuk melihat suasana bagian dalamnya. Setibanya dipintu masuk gereja ayam yang terletak disisi kiri tepat dibawah leher ayam, saya bergegas untuk dapat masuk. Bagian dalam gereja terdapat sebuah ruangan utama berbentuk seperti aula kosong yang cukup besar. Mungkin ruangan inilah yang digunakan untuk beribadah, akan tetapi saya sudah tak menemukan bangku-bangku ataupun meja-meja layaknya seperti rumah peribadatan pada umumnya.

    Kemudian tepat pada sisi kanan dari pintu masuk sebelumnya, terdapat sebuah tangga yang dapat dipergunakan agar sampai di puncak mahkota ayam pada bangunan ini. Bagian leher ayam ini memiliki 4 lantai sebelum menuju puncak dan pada lantai ke-3 terdapat banyak coretan-coretan dinding. Ya, memang saya akui cukup disayangkan melihat kondisi gereja yang banyak terdapat coretan-coretan dinding hampir diseluruh bagian-bagian bangunan gereja. Sesampainya di puncak mahkota ayam atau merpati ini, para pengunjung dapat puas melihat panorama alam perbukitan yang sangat asri, dipenuhi hutan-hutan yang sangat lebat, seakan warna hijau pepohonan mendominasi sepanjang mata memandang. Tepat berhadapan pula view dari megahnya bangunan Candi Borobudur tampak dengan jelas. Seakan membuat mata ini seperti fokus tertuju padanya, ya memang saya akui hal tersebut nampak wajar bilamana sedang berada disini.

    Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Geraja Ayam Bukit Rhema atau tempat wisata Magelang terbaik. Semoga kiranya informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang berbagai info tempat pariwisata di Indonesia. Kamu pun dapat membaca secara detail pengalaman saya selama berkunjung ke tempat ini.

    source Wisata Gereja Ayam
     
  2. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Perlu juga pergi ke sini kayak nya
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,129
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Sering lewat, tapi nggak pernah mampir. Yang tinggal di Magelang saja, mungkin banyak yang belum pernah ke sana :D
     
  4. adara

    adara Member

    Joined:
    Aug 5, 2014
    Messages:
    44
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Belum pernah mampir. Tapi boleh tuh.
     
  5. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    thnks reseponnya @tokobunga @KangAndre @adara dan iya, betul tuh kata kang andre wkt kmrn sih sempet nanya2 sama orng di Magelang, dan ternyata banyak yang gak tau. Hmm, mungkin karena di tengah hutan kali letaknya ya.
    *hore**hore**hore**hore*
     
  6. Hape

    Hape Member

    Joined:
    Jan 20, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Inilah kehebatan promosi melalui film,, dulu belitung juga terkenal karena ada film Laskar Pelangi. Sayangnya, masih banyak juga film Indonesia yang konten ceritanya gak begitu bermutu hehee
     
  7. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    thnks responnya @Hape iya bener banget belitung mulai dari laskar pelangi
    *akhirnya**akhirnya**akhirnya*
     
Loading...

Share This Page