MENGAPA IKUT BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PROGRAM PENGAJARAN UNIK BISA MENINGKATKAN NILAI SBMPTN

Discussion in 'Education' started by Educamp Ganesha, Nov 27, 2014.

  1. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    94
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    8
    Seringkali academia bertanya-tanya, mengapa kawan-kawan yang mengikuti bimbingan belajar cenderung lebih berhasil dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi? Apa sebenarnya rahasia di balik proses belajar mengajar di berbagai tempat bimbingan belajar yang mampu membuat para siswanya lolos diterima universita impiannya? Bahkan tidak sedikit bimbingan belajar yang menawarkan jaminan membayar kembali 100% uang pendidikan apabila siswa yang bersangkutan tidak diterima di universitas impiannya.

    Pada dasarnya bimbingan belajar adalah tempat siswa mendapatkan pendidikan “kedua” selain sekolah. Sederhananya apa yang tidak begitu dipahami di bangku sekolah, dijelaskan ulang di tempat bimbingan belajar. Jadi tanpa sengaja, setiap siswa yang mengikuti program bimbingan belajar akan mengulang pelajaran yang sudah diterimanya. Hal ini meningkatkan kesempatan otak untuk mencerna dan memahami kembali setiap materi tersebut.

    Keuntungan kedua adalah kelas-kelas di tempat bimbingan belajar memiliki jumlah murid yang jauh lebih sedikit dibandingkan kelas di sekolah regular. Ini berarti tentor dan guru pembimbing bisa lebih memusatkan perhatian dan pengajaran mereka dengan lebih baik. Mereka dapat mendengarkan permasalahan academia, menjawabnya satu per satu tanpa harus merasa tergesa-gesa. Tidak hanya itu, interaksi yang akrab dalam suasana yang menyenangkan akan membantu academia menyerap pengajaran materi dengan lebih mudah.

    Ketiga, hampir setiap bimbingan belajar kini mengembangkan sistem pengajaran unik. Ini memungkinkan satu materi yang sama diajarkan dengan cara-cara yang berbeda. Metode ini seringkali lebih mudah dipahami, lebih sederhana, dan memiliki trik-trik yang mampu memudahkan academia mengerjakan persoalan dalam mata pelajaran. Memang tidak semua bimbingan belajar mempunyai sistem pengajaran unik ini, jadi academia perlu melakukan riset kecil-kecilan mana bimbingan belajar yang metodenya terbukti efektif dan efisien.

    Hal lain yang menjadikan tempat bimbingan belajar jauh lebih menyenangkan dibandingkan sekolah regular adalah di sini academia bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai sekolah. Masing-masing sekolah tentulah memiliki pergaulan dan pertemanannya yang unik. Dengan bergabung di bimbingan belajar, academia bisa mempelajari sistem-sistem baru yang diterapkan oleh masing-masing sekolah ini.

    Teman-teman baru ini pun akan memperkaya wawasan academia. Misal teman dari sekolah A lebih pandai dalam pelajaran hitung berhitung namun ternyata lemah dalam pelajaran yang bersifat hapalan. Tentu dengan saling berbagi, academia juga mendapatkan kesempatan untuk mengulang kembali berbagai materi yang sudah dipelajari.

    Di tempat bimbingan belajar, academia juga akan mendapatkan materi terpadu yang berbeda dengan sekolah regular. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk memahami mata pelajaran tertentu dengan lebih baik. Ini dikarenakan pada dasarnya setiap mata pelajaran sebenarnya berkaitan satu sama lain. Namun karena keterbatasan waktu di sekolah regular, juga banyaknya murid dalam satu kelas, guru-guru jarang memiliki kesempatan untuk mengajarkan materi secara terpadu. Lain kisahnya bila academia mengikuti kelas bimbingan belajar. Di tempat ini, academia diberi kesempatan untuk mengulang materi dasar. Tidak jarang tentor dan guru pembimbing pun akan menegaskan materi mana yang sebaiknya diulang atau dipahami lebih lanjut.

    Terakhir adalah di tempat bimbingan belajar academia tidak harus terpaku untuk memahami pelajaran dengan 1 cara saja. Bila dengan cara tertentu academia masih belum berhasil memahaminya, maka tentor dan guru pembimbing akan membantu menemukan langkah dan cara lain yang akan membuat academia mengerti dengan lebih baik.

    Hal-hal di atas hanyalah sedikit alasan mengapa bimbingan belajar bisa menambah peluang academia masuk dan diterima di universitas impian. Tentu saja semua ini tetap harus dibarengi dengan usaha dan doa.
     
    Edi Jersey likes this.
  2. Edi Jersey

    Edi Jersey Member

    Joined:
    Aug 25, 2014
    Messages:
    33
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Tentunya harus pintar-pintar memilih Bimbingan Belajar yang tepat untuk dijadikan pilihan dalam mencari teman belajar.
     
  3. guysensei

    guysensei New Member

    Joined:
    Mar 22, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nah kalau bimbel yang ini wajib untuk diikuti agar bisa lulus pada saat ujian masuk perguruan tinggi negeri
    *belajar*
     
  4. putra bungsu

    putra bungsu Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    357
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    duh gimana ya ane harus mulai darimana menanggapinya saa rasa bimbel lebh nyantay dan tenang
     
  5. davidrahman

    davidrahman Active Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    669
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Bimbel ya ?? saya paling ga suka dengan bimbel, udah capek mikir di sekolah, pulangnya kudu mikir lagi di bimbel. malah tambah stress
     
Loading...

Share This Page