Mengenal Data Mining, Penting Gak Sih Untuk Kita?

Discussion in 'General Discussion' started by harsonoegi, Oct 30, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    181
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Data mining adalah definisi yang penting untuk diketahui agar perusahaan Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari teknologi ini. Artikel ini akan mengupas hal mendasar tentang data mining beserta manfaatnya.

    Data mining adalah sebuah proses untuk mengekstraksi data berguna dari satu rangkaian data mentah yang luas. Ini mengimplikasikan analisa pola data dalam unit data yang besar dengan memakai sebuah perangkat lunak atau lebih. Data mining mempunyai penerapan dalam beragam bidang, seperti ilmu pengetahuan dan riset.

    Dengan menggunakan data mining, sebuah perusahaan dapat mempelajari lebih banyak tentang konsumen mereka. Mereka turut mengembangkan strategi yang lebih efektif terkait beragam fungsi bisnis. Selanjutnya, bisnis dapat memperluas sumber tersebut dengan memakai cara yang lebih optimal dan bermanfaat.

    Data mining melibatkan pengumpulan data efektif dan penyimpanan beserta pemrosesan komputer. Data mining menggunakan algoritma matematika yang rumit untuk melakukan segmentasi data tersebut dan mengevaluasi potensi kejadian di masa depan.

    Data mining juga disebut sebagai Knowledge Discovery in Data atau Penemuan Ilmu dalam Data. Fitur penting dalam data mining mencakup prediksi pola otomatis menurut analisa tren dan perilaku. Ia meliputi prediksi berdasarkan hasil yang mungkin tercipta. Elemen lainnya adalah fokus terhadap rangkaian data dan basis data untuk analisa.

    Elemen dalam data mining

    Proses dalam data mining terdiri dari beberapa aspek. Yang pertama adalah Ukuran Basis Data. Untuk menciptakan sistem yang lebih kuat diperlukan lebih banyak data untuk diproses dan dipertahankan. Hal kedua adalah kompleksitas pencarian. Sistem yang lebih kuat dibutuhkan untuk mengakomodir pencarian yang lebih kompleks dengan jumlah pencarian lebih banyak.


    Aspek kedua adalah Penggunaannya. Teknik data mining bermanfaat pada banyak proyek penelitian, termasuk matematika, cybernetics, genetic dan pemasaran. Data mining dapat membantu peritel mengelola dan menggunakan rekaman point-of-sale pembelian konsumen sebelum mengirimkan promosi. Dengan cara ini, peritel akan mengirimkan promosi sesuai riwayat pencarian pembelian mereka.

    Manfaat lainnya adalah pebisnis dapat mengembangkan produk dan promosi untuk menarik segmen konsumen tertentu. Faktor yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah promosi menurut data demografi sebagaimana diperoleh melalui data mining. Caranya adalah data mining tersebut membaca komentar dan kartu garansi konsumen sehingga dapat mengetahui lokasi keberadaan mereka.

    Melalui pemahaman betul dan mendalam terhadap konsep tersebut, Anda dapat mempelajari kegunaan data mining lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda. Kebutuhan data mining menjadi hal tak terbantahkan sebab bisnis yang banyak beralih ke e-commerce. Beragam data, baik terstruktur atau pun tidak, dapat menjadi data berharga untuk mengembangkan bisnis Anda.Peng
     
Loading...

Share This Page