Mengenal Fungsi Komponen Komputer dan Juga Contohnya

Discussion in 'Computer' started by priadi, Nov 26, 2020.

  1. priadi

    priadi New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Didalam komputer pasti terdapat banyak komponen-komponen komputer. Ada yang terlihat secara langsung ataupun tidak langsung. Bagi kamu yang berkerja di dunia teknisi, mungkin sudah mengetahui setiap komponen yang terdapat dalam komputer. Namun, bagi orang awam hanya memahami sebagian dari komponen komputer bagian luar saja. Padahal, jika amu memperhatikan bagian dalam komputer masih banyak peralatan didalamnya yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.

    Pengertian Komputer

    Sebelum membahas lebih jauh mengenai komponen komputer, ada baiknya kita untuk mengetahui Apa itu Komputer.

    Komputer adalah alat yang digunakan untuk memproses dan mengolah suatu data berdasarkan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.

    Pengertian Komponen Komputer

    Komponen Komputer adalah kumpulan dari berbagai komponen yang memiliki fungsi dan saling berhubungan satu sama lainnya untuk menjalankan sebuah komputer. Setiap komponen memiliki tugas dan fungsi masing-masing, sehingga setiap komponen dapat saling bersinergi.

    Pada umumnya, komponen pada komputer dikategorikan kedalam 4 bagian, yaitu komponen input (input device), komponen proses (processing device), komponen keluaran (output device) dan komponen tambahan, seperti penyimpanan (storage device).

    Suatu komputer akan dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar, apabila setiap komponen tersebut dirakit atau disatukan dengan semestinya sehingga setiap komponen yang satu saling berhubungan dengan komponen lainnya. Lantas, apakah Anda mengetahui peralatan yang termasuk kedalam kategori input? Proses? output? atau storage?

    Berikut adalah komponen komputer berdasarkan bagiannya.

    A. Komponen Masukan (Input Device)
    Komponen masukan atau input adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi untuk menerima masukan berupa data atau informasi dari luar. Komponen input antara lain adalah:
    1. Floppy Disk
    [​IMG]

    Floppy Disk atau Disket adalah suatu perangkat penyimpanan data yang banyak digunakan di antara tahun 1990an sampai awal 2000an. Floppy disk bisa dibaca dengan Floppy Disk Driver, sebuah hardware yang terdapat dalam versi komputer lama. Floppy disk adalah alat yang memiliki motor penggerak, berfungsi untuk memutar disket, juga melakukan proses baca dan tulis data pada komputer. Alat ini dapat digunakan sebagai komponen input apabila dipakai untuk membaca data, dan dapat digunakan sebagai komponen output apabila dipakai untuk menulis (menyimpan) data.

    2. Optical Drive
    [​IMG]

    Optical Drive atau yang lebih dikenal dengan istilah Optical Disk Drive (ODD) adalah salah satu perangkat keras yang umumnya terdapat pada PC maupun laptop. ODD digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, yang dikenal dengan istilah burning. ODD menggunakan sinar laser pada spektrum untuk membaca dan menulis data ke piringan CD maupun DVD. Optical Drive adalah komponen komputer yang fungsinya sama dengan floppy disk.

    Beberapa jenis optical drive, yaitu:
    • CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory), adalah optical drive yang hanya dapat digunakan untuk membaca data pada media CD.
    • CD-RW (Compact Dsik – Rewritable), adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis data pada media CD.
    • DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory), adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca data pada media CD dan DVD.
    • DVD Combo, adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca data pada media CD dan DVD, menulis data pada media CD, tetapi tidak dapat menulis data pada media DVD.
    • DVD RW, adalah optical drive yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis data pada media CD dan DVD.
    3. Mouse
    [​IMG]

    Secara umum pengertian Mouse merupakan alat yang berupa perangkat keras dan berguna sebagai penerima masukan dengan tekanan tombol untuk menjadi perintah kedalam sebuah komputer. Tombol klik dibagi menjadi dua dan terdapat scroll atau penggulungan yang berada di dalam bagian Mouse. Bentuk fisik depan yang meruncing dan bagian belakang yang menggelembung, membuat benda ini dinamai Mouse.

    Mouse terbagi menjadi 2, yaitu mouse dengan kabel dan mouse tanpa kabel. Mouse dengan kabel contohnya adalah mouse serial, PS/2. Dan USB. Sedangkan mouse tanpa kabel contohnya adalah mouse wireless dan optik.

    4. Scanner
    [​IMG]

    Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.

    Scanner adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital atau data digital. Beberapa merk scanner antara lain Canon, HP, Winpro, Umax, Acer, Mustex, dan lain-lain.
    5. Keyboard
    [​IMG]

    Keyboard adalah suatu perangkat keras pada komputer yang berperan sebagai komponen input, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk menginputkan data yang berupa huruf, angka atau simbol dan menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) untuk diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh Processor.
    B. Komponen Proses (Processing Device)
    Komponen proses adalah komponen pada komputer yang mempunyai fungsi untuk mengerjakan atau mengolah data yang diterima dari komponen input dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses pengolahan data berlangsung. Komponen proses antara lain adalah:
    1. Processor
    [​IMG]

    CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU sering juga dikatakan sebagai Processor yang merupakan otak dari sebuah komputer. Processing Unit” adalah suatu chip yang berupa IC “Integrated Circuit” yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

    Bagian-bagian processor adalah sebagai berikut.
    • Control Unit, adalah bagian processor yang mempunyai tugas antara lain mengatur dan mengendalikan komponen-komponen input dan output, mengambil instruksi-instruksi dari memori, mengambil data dari memori utama apabila diperlukan untuk proses, mengirim instruksi ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) apabila ada perhitungan aritmatik atau logika serta mengawasi proses pengerjaannya, dan menyimpan hasil proses ke memori utama.
    • ALU (Arithmetic and Logic Unit), adalah bagian processor yang tugas utamanya adalah melakukan semua proses yang berkaitan dengan perhitungan aritmatik dan logika sesuai dengan instruksi yang diterima.
    • Register, adalah bagian processor yang mempunyai tugas untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh processor.
    Jenis processor antara lain adalah processor Intel (mulai dari Intel Pentium IV 478 sampai Intel Core i7 3820), processor AMD (mulai dari AMD Athlon II X2 240 sampai AMD Phenom II X6 1100T BK), processor Apple (mulai dari Apple I sampai Macintosh), dan sebagainya.

    2. VGA Card
    [​IMG]

    VGA Card (Virtual Graphic Array) merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor. VGA Card sering juga dikatakan sebagai Video Graphic Adapter. VGA (Video Graphic Adapter) adalah komponen proses berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu yang berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan monitor. Jenis-jenis VGA antara lain adalah VGA EISA, PCI, AGP, dan PCI Express.

    3. Motherboard
    [​IMG]

    Motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard, Baseboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB). Motherboard adalah komponen terpenting di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang komponen proses lainnya seperti processor, memori, VGA, power supply, sound card, card Input Output (I/O), dan sebagainya. Jenis motherboard antara lain adalah kelas AT436, kelas Pentium I-IV, Pentium Dual Core, Pentium Core 2 Duo, dan sebagainya.

    4. Power Supply
    [​IMG]

    Power supply merupakan suatu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer. Daya tersebut disuplai menuju motherboard, harddisk, heatsink dan lainnya. Power Supply mempunyai 5 konektor atau lebih, konektor inilah yang digunakan oleh power suplly untuk menyuplai daya ke komponen proses lainnya yang terdapat di dalam CPU. Jenis Power supply antara lain adalah power supply AT yang mempunyai 12 pin pada konektornya dan power supply ATX yang mempunyai 20 pin pada konektornya.

    5. Input/Output Card
    [​IMG]
    Input/Ouput atau I/O card adalah komponen proses yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan komponen input dan output pada komputer. Contohnya adalah menghubungkan motherboard dengan harddisk, printer, dan monitor.
    C. Komponen Penyimpanan (Storage Device)
    Komponen penyimpanan adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai media atau tempat menyimpan data di dalam komputer, baik data sistem, data program aplikasi, maupun data milik pengguna atau user. Komponen penyimpanan komputer antara lain adalah:
    2. Harddisk
    [​IMG]

    Harddisk adalah komponen kompuuter yang berfungsi sebagai media utama penyimpanan data pada komputer. Umumnya, di dalam Hard Disk terdapat piringan, dimana piringan itulah yang memiliki peran untuk menyimpan data secara permanen. Ketika Anda mematikan komputer, data yang telah Anda simpan sebelumnya akan dapat diakses ketika Anda telah menyalakan komputer. Kecuali, jika Anda menghapus data tersebut secara manual atau terkena virus.

    Bagian-bagian harddisk antara lain sebagai berikut.
    • Platter (Piringan logam), digunakan sebagai media penyimpanan data. Berbentuk seperti piringan yang berjumlah satu atau lebih, dan terbuat dari logam alumunium. Piringan ini memiliki lapisan berbahan magnetis yang sangat tipis.
    • Spindel (As atau poros platter), digunakan sebagai poros tempat berputarnya piringan (platter). Semakin cepat putarannya, maka semakin baik kualitas harddisknya.
    • Head (Kepala harddisk), digunakan untuk proses membaca dan menulis data. Proses baca dan tulis (rekam) pada harddisk dilakukan oleh head yang sama. Tiap sisi platter memiliki head tersendiri dan bentuknya berupa sebuah kumparan.
    • Rangkain Elektronika pada PCB (Printed Circuit Board), yaitu bagian yang memiliki rangakaian penguat (read amplifier), yang digunakan untuk membaca sinyal yang diperoleh head dari platter, kemudian DSP (Digital Signal Processor) akan mengkonversinya, dari sinyal listrik menjadi sinyal digital nantinya akan dituliskan ke platter. Pada PCB juga terdapat chip memori, digunakan sebagai cache buffer. Pada bagian belakangnya terdapat konektor yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan CPU.
    • Motor, digunakan untuk memutar platter. Motor bekerja dengan kecepatan putar mulai dari 3.600 – 10.000 rpm, yang arah putarnya berlawanan dengan arah perputaran jarum jam (counter clockwise).
    2. Memori (RAM)
    [​IMG]

    RAM (Random Access Memory) adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. Namun, berbeda dengan Hard Disk yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, Random yang berarti acak. Maksudnya, RAM memang digunakan sebagai media penyimpanan, namun penyimpanan yang sementara dan hanya dapat diakses ketika komputer dinyalakan dan acak.

    Memori terbagi menjadi 4 bagian, yaitu sebagai berikut.
    • Input Storage, digunakan untuk menampung data atau informasi yang diinputkan melalui komponen input.
    • Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.
    • Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
    • Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke komponen output.
    3. Flashdisk
    [​IMG]

    Flashdisk atau sering juga disebut USB Drive adalah suatu media penyimpanan dalam komputer. Penyimpanan data tersebut bersifat non-volatile, yaitu data tidak akan hilang walaupun tidak terdapat aliran listrik di dalamnya. Selama data tersebut tidak dihapus, maka data tersebut akan tetap ada tanpa aliran listrik. Flashdisk dapat terhubung ke komputer melalui port USB yang terletak dalam motherboard.

    D. Komponen Keluaran (Output Device)
    Komponen keluaran atau output adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai media yang untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses atau diolah oleh komputer. Beberapa komponen ouput antara lain adalah sebagai berikut.
    1. Speaker
    [​IMG]

    Speaker adalah suatu perangkat keras yang berperan sebagai komponen keluaran, dimana speaker dapat mengeluarkan output dari CPU yang berupa suara atau audio. Speaker dalam komputer terdiri dari bagian yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat dalam speaker :

    1. Sekat rongga (conus)
      Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang disebabkan oleh gerakan udara yang dapat menghasilkan suara.
    2. Membran
      Komponen ini berfungsi untuk menerima proses induksi yang berasal dari magnet, dimana proses tersebut menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran yang dihasilkan.
    3. Magnet
      Komponen yang berfungsi sebagaimana magnet pada umumnya, yaitu menghasilkan medan magnet untuk melakukan proses induksi yang berasal dari membran tersebut
    4. Kumparan
      Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan energi gerak menuju conus. Kumparan tersebut dapat bergerak disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada medan magnet.
    5. Casing
      Bagian ini digunakan untuk melindungi seluruh komponen vital yang terdapat dalam speaker. Sudah begitu banyak model casing yang beredar dipasaran, misalnya berbahan kertas, plastik, logam atau bahan lainnya.
    2. Printer
    [​IMG]

    Printer adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil hardcopy (rekaman keras) dari proses pengolahan data oleh komputer pada media kertas, baik tulisan maupun gambar. Selain berfungsi untuk menampilkan cetakan dokumen, kini printer juga memiliki fungsi lain, seperti menggandakan dokumen, memindai dokumen serta berfungsi untuk mengirim data (fax).

    Berdasarkan cara kerjanya, printer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
    • Dot Metrix Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan sekumpulan jarum besi untuk melakukan proses percetakan.
    • Inkjet Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan semprotan tinta untuk melakukan proses percetakan.
    • Laser Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan kombinasi dari teknologi xerographic. Printer jenis ini biasanya banyak digunakan pada mesin fotocopy dengan teknologi lase.
    3. Monitor
    [​IMG]

    Monitor merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen keluaran (output). Monitor sering juga disebut dengan layar komputer. Layar itu digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data kedalam bentuk grafis.

    Berdasarkan cara kerjanya, monitor terbagi menjadi 2 jenis, yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Sedangkan jika ditinjau dari jenis VGA yang digunakan, monitor terbagi menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut.
    • Monitor Mono, yaitu monitor yang hanya bisa menampilkan teks. Sementara jika ingin menampilkan grafik.
    • Monitor CGA/RGB, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik.
    • Monitor EGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik dengan resolusi yang lebih tinggi daripada monitor CGA/RGB.
    • Monitor VGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik dengan resolusi yang lebih tinggi daripada monitor EGA.
    • Monitor Super VGA, yaitu monitor yang bisa menampilkan warna dan grafik dengan resolusi paling tinggi diantara jenis monitor lainnya.
    Selain jenis monitor dan resolusi layar, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari monitor, yaitu sebagai berikut :

    1. Dot Pit, menyatakan jarak antara dua pixel. Makin kecil jaraknya, maka kualitas keluaran yang ditampilkan akan semakin bagus dan warnanya yang tajam.
    2. Refresh Rate, menyatakan seberapa banyak monitor di-refresh dalam satuan detik. Makin cepat nilai refresh rate maka gambar yang ditampilkan akan semakin bagus.
    3. Convergence, menyatakan tingkat kejernihan dan ketajaman pixel.
    Itulah beberapa jenis komponen komputer beserta fungsinya lengkap dengan gambarnya. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui setiap komponen yang terdapat dalam komputer kamu dan dapat memahami fungsinya dengan baik dan benar.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,578
    Likes Received:
    121
    Trophy Points:
    63
    Peralatan yang canggih yang dapat dikembangkan untuk banyak macam aplikasi
    tugas yang paling berat mungkin CPU yang menjadi otaknya komputer, yang bikin ini super keren
    cara bikinya bagaimana ya.
     
  3. priadi

    priadi New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    benar sekali mas, CPU adalah bisa di katakan otak dari komputer karna yang mengontrol sistem komputer khususnya dalam menjalankan intruksi
     
    blackking likes this.
  4. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    wah pembahasannya cukup lengkap
    tapi kok gak ada plotter ya
     
Loading...

Share This Page