Mengenal Fungsi Oli Pada Kendaraan Bermotor

Discussion in 'Otomotif' started by Fadli Hafizulhaq, Mar 7, 2020.

  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Saya baru benar-benar tahu fungsi oli ketika telah duduk di bangku kuliah S1 dulu. Saya berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di S1 teknik mesin dulu. Nyatanya memang kebanyakan orang sudah tidak asing dengan oli, baik oli sepeda motor, mobil atau motor lainnya. Hanya saja, belum semua orang tahu dengan baik apa fungsi oli itu. Oleh karena itu, kali ini saya ingin sedikit berbagi apa fungsi oli bagi kendaraan bermotor.

    Namun sebelum itu, tahukah Anda bahwa pelumas atau oli merupakan elemen penting pada sistem kerja mesin bermotor? Setidaknya oli memiliki 3 fungsi utama bagi mesin bermotor. Apa saja fungsi itu? Mari disimak.

    Sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen mesin

    Ketika melihat iklan produk oli di manapun, apa yang paling sering divisualisasikan? Jika Anda menjawab piston, maka Anda benar. Salah satu fungsi oli adalah melumasi komponen mesin seperti piston agar tidak tergores saat bergesekan dengan dinding silindernya.

    Selain piston, masih banyak komponen mesin yang dilumasi oleh oli. Sebut saja kopling dan sebagainya. Dengan adanya oli, gesekan-gesekan antar komponen akan dapat dikurangi sehingga mengurangi resiko tergoresnya komponen tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat mesin motor memiliki umur yang lebih panjang.

    Sebagai pendingin mesin motor

    Fungsi lainnya dari oli adalah sebagai pendingin, tepatnya oli memindahkan panas dari mesin motor ke luar. Anda mungkin pernah merasakan bahwa ketika oli motor sudah lama tidak diganti, mesinnya menjadi cepat panas. Itu berarti oli motor Anda sudah tidak memberikan performa maksimal lagi, sehingga perlu diganti.

    Umumnya sebuah oli bisa dipakai selama 2 bulan atau pada rentang jarak tempuh 2.000-3.000 km. Mengganti oli dengan rutin adalah salah satu cara merawat mesin motor agar tidak cepat rusak. Selain itu, Anda juga perlu memilih oli motor terbaik yang cocok dan memberikan performa terbaik bagi motor Anda. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan pengalaman berkendara terbaik.

    Sebagai pengendali kotoran

    Fungsi oli yang ketiga ini agaknya tidak banyak diketahui oleh orang lain. Selain mengurangi gesekan dan sebagai pendingin, oli juga bisa menjadi pembersih kotoran pada mesin. Kotoran di sini adalah gram (geram) hasil gesekan dalam mesin motor dan sisa pembakaran. Oli dapat membawa kotoran-kotoran tersebut. Itulah alasan mengapa oli menjadi hitam ketika sudah dipakai cukup lama.

    Nah, itulah beberapa fungsi dari oli bagi kendaraan bermotor. Oli ini merupakan elemen yang sangat penting bagi mesin sepeda motor. Jika Anda tidak rutin memperhatikan dan mengganti oli motor Anda, siap-siap dengan resiko kerusakan mesin. Kerusakan paling umum adalah muncul asap putih di knalpot, sedangkan yang paling parah bisa menyebabkan turun mesin. Jadi, perhatikan oli sepeda motor Anda ya.
     
Loading...

Share This Page