Mengenal Hutan Hujan Tropis

Discussion in 'Education' started by Obatrindu, Oct 28, 2016.

  1. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Hutan adalah bioma yang tersebar di setiap tempat di seluruh dunia. Hampir setiap negara mempunyai hutan. Apakah itu suatu negara yang memiliki 4 musim khatulistiwa atau iklim yang memiliki hanya dua musim hanya.

    Hutan hujan tropis yang memerlukan sinar matahari serta air menjadikan hutan ini sangat subur dan tidak diragukan lagi benar-benar sesuai dengan kondisi yang Indonesia miliki, yaitu berada di daerah khatulistiwa.

    Curah hujan dan sinar matahari dapat diperoleh dengan mudah. Dengan begitu, hutan hujan tropis yang tumbuh di negara seperti Indonesia ini membuat hutan tropis tumbuh dengan intensitas yang tinggi dan kandungan sumberdaya hayati yang tinggi pula. Dengan adanya hal ini membuat kita harus selalu menjaga dan melestarikan hutan hujan tropis ini..

    Arti Hutan Hujan Tropis

    Ada yang sudah mengerti apa itu hutan hujan tropis ? Ya, hutan hujan tropis adalah kumpulan banyak pohon serta tanaman lain yang menciptakan bioma. Suhu lingkungan hutan hujan tropis juga kondisinya nyaman, lembab dan juga memiliki curah hujan tinggi.

    Hutan tropis pada umumnya berada pada daerah khatulistiwa. Sebagai contoh di Indonesia yang terletak di sekitar garis ekuator antara 23.5 derajat N sekitar 23,5 LS.

    Kualitas Hutan Hujan Tropis

    Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa lokasi hutan Indonesia mendapatkan sinar matahari yang memadai dan juga air aman sepanjang tahun. Selain itu persediaan makanan yang dibutuhkan cukup sesuai tuntutan tanaman.

    Jika kita periksa posisi lintang, hutan hujan, terkonsentrasi di daerah 10 derajat N tingkat sebanyak 10 LS. Tetapi kita masih dapat menemukan hutan tropis di lokasi di dekat khatulistiwa seperti di Asia Tenggara negara-negara lain selain Indonesia seperti Malaysia serta Thailand.

    Sementara di lokasi dari negara-negara Afrika, hutan tropis dapat ditemukan di Kongo dan berbatasan dengan negara. Dan juga untuk wilayah AS hujan hutan di lembah Sungai amazon. Sebagai contoh, negara Brasil, Venezuela, Bolivia, dan juga Kolombia.

    Masalah wilayah hutan hujan tropis dilalui khatulistiwa sehingga sangat membantu pertumbuhan serta pengembangan makhluk hidup. Hal ini membuat sumber hayati yang dihasilkan oleh hutan hujan berkembang pesat.

    Juga jika dihitung, lebih dari setengah jumlah tanaman serta binatang yang ada di planet ini bisa kita temukan di setiap daerah yang memiliki hujan hutan tropis ini. Dan juga khas, kebanyakan jenis flora yang tumbuh di tropis hutan hujan bisa dimanfaatkan menjadi obat-obatan.

    Dengan keadaan seperti ini. Hutan hujan tropis mendapatkan nama julukan sebagai “Laboratorium Farmasi Terbesar Dunia” sejak sebanyak 25% bahan sumber daya obat dunia terbuat dari tanaman yang hidup di hutan hujan tropis.

    Untuk ciri-ciri hutan tropis lebih jelasnya, berikut adalah uraian menyeluruh tentang ciri dari hutan tropis adalah:

    1. Pohon Tinggi dan Berdaun Tebal

    [​IMG]
    Sudah hal ini tidak mengherankan bahwa jika tanaman di hutan tropis tumbuh dengan optimal dengan memiliki batang besar dan daun yang lebat sehingga dapat mengembangkan sebuah kanopi. Hal ini karena sinar matahari mendapat tanaman sangat cukup untuk keberlanjutan tanaman tumbuh.

    Pohon-pohon tinggi di hutan hujan tropis bisa mencapai 50 meter dengan ukuran batang pohon besar. Namun demikian juga memiliki berbagai macam tanaman beragam dengan kehidupan strata tanaman berbeda.

    2. Kelembaban agak Tinggi di Hutan

    [​IMG]
    http ://obatrindu.com/

    Kelembaban udara di hutan hujan sangat tinggi. Ini adalah karena curah hujan mengguyur hutan daerah khatulistiwa.

    Hujan mencapai 350 sentimeter dan relatif datar terjadi sepanjang tahun itu sehingga jarang terjadi kekeringan. Dan biasanya bulan di mana kurangnya periode hujan yang terjadi setidaknya hanya berlangsung selama 3 bulan dalam satu tahun. Hal ini menyebabkan hutan hujan tropis kaya akan air.

    Dalam lingkupnya, air lebih cepat menguap dan berganti lagi menjadi hujan yang mengguyur hutan sehingga suasana kering di dalam hutan menjadi jarang terjadi. Ini menyebabkan bertambahnya unsur kelembaban dalam hutan.

    Selain itu, sejumlah besar tanaman hijau yang ada dan tingkat suhu hangat yang sedikit menjadi sebab utama luasnya kelembaban di hutan hujan.

    3. Kehidupan Tanaman Sangat Bervariasi

    Hutan hujan tropis memiliki pilihan berbagai tanaman menjadi sebuah gudang tanaman dengan tingkat strata tanaman derajat A sampai E. Membuat hutan jarang ditemukan adanya lantai hutan yang lapang.

    Tanaman dengan strata A, biasanya adalah tanaman dengan ketinggian lebih dari 30 meter tinggi, dengan batang lurus dan juga tergantung pada sendiri dengan tidak ada pohon yang lebih besar membayangi.

    [​IMG]
    http: //obatrindu.com/

    Kemudian untuk tanaman dengan strata B, adalah tanaman yang memiliki banyak cabang pohon. Tanaman ini umumnya saling melengkapi satu sama lain untuk memastikan membuat sebuah kanopi atau menutupi lantai hutan. Sementara ketinggian tanaman hanya mendapat antara 20 meter hingga 30 meter.

    Sedangkan tanaman dengan strata C mencakup tanaman dengan ketinggian pohon bervariasi dari 4 meter hingga 20 meter. Tanaman ini memiliki beberapa cabang untuk mengembangkan daun-daun pada pohon.

    Tanaman dengan strata D. Hutan tropis memang memiliki banyak pohon. Berbagai macam tanaman organik bersama dengan pohon tua, dan tanaman paku-pakuan juga kaya dan beragam. Ketinggian pohon strata D sampai 4 meter di dari tanah.

    Yang terakhir adalah tanaman dengan gelar strata E. tanaman tanaman ini pendek dan juga kadang-kadang juga ditemukan di lingkungan kita. Namun, sejak jatuh tempo di hutan eksotis, pasti tumbuh lebih kaya.

    Tanaman ini memiliki fungsi sebagai lantai hutan, khususnya yang menghias tanah di dekat bagian bawah. Tanaman yang hidup dalam strata ini juga biasanya hedges, Lumut, serta jamur.

    4. Sinar Matahari Tidak ke Lantai Hutan

    Hutan hujan tropis terdiri dari lapisan yang berbeda dari tanaman, baik tanaman dari A ke strata E. Jenis tanaman ini dapat menjadi penutup yang sangat aman untuk memastikan bahwa sinar matahari tidak untuk masuk dan mencapai permukaan tanah di hutan.

    Hal ini menyebabkan lantai hutan menjadi sangat basah karena sulitnya matahari yang masuk ke bawah.

    5. Air Menggenangi Permukaan Tanah

    [​IMG]

    Intensitas curah hujan di hutan hujan tropis sangat tinggi, khususnya jika musim hujan tiba seperti di akhir dan juga permulaan tahun. Ini membuat tanah menjadi jenuh dan enggan untuk menyerap lebih banyak air yang jatuh.

    Karena itulah muncul genangan genangan air di beberapa tempat khususnya daerah tersebut berada lebih rendah daripada daerah yang lain.

    — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — —

    Sumber : Ciri-ciri hutan hujan tropis

    Saya harap ada banyak masukan tambahan nan membangun untuk saya menciptakan artikel ini.

    Terimakasih
     
    Last edited: Oct 29, 2016
    lasealwin likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Tulisan seperti translate yang tidak ditat lagi. Padahal materi bagus... :(
     
  3. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Hehe..
    Maaf gan, udah jam malam di pesantren. Jadi udah g bisa ngedit lebih lama lagi. Besok saya perbaiki.
    Dan itu bukan hasil translate, tapi hasil SPIN RANDOM. THANKS
    Untuk materi yang lebih lengkap bisa ke website saya ^_^
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Jangan salahkan Admin atau moderator jika thread dihapus karena kacau dan cuma mementingkan link saja.
     
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Luar biasa teman. Indonesia kaya akan hutan hujan tropis
    Tapi sayang agak licin kalau digunakan untuk mandi
    Kami punya beberapa solusi buat anda yang sering dan selalu menggunakan air hujan untuk mandi. http://lasealwin.info/cara-menghila...ndi-dengan-air-hujan-mengapa-air-hujan-licin/
    Terimakasih dan semoga dapat membantu
     
  6. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    artikel yang diSpin hasil nyalin dari buku pelajaran
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    @Obatrindu pembaca atau pengunjung forum ini bukan hanya member saja, bahkan lebih banyak tamu sehingga tulisan yang "kacau" tidak enak dibaca dapat mempengaruhi kredibilitas forum yang dibangun @Dan

    Tidak masalah dari sumber mana saja, yang penting enak dibaca dan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi semua.
    Mohon jangan diulang kembali.
    Sukses!
     
  8. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Itu murni hasil nulis sendiri yang di blog bang, enak aja.
     
  9. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sudah saya ubah sebagian besar ban.
    Terimakasih saran dan alertnya. Saya tadi malam ngepost keburu-buru soalnya.
     
  10. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    saya juga bisa kalau nulis sendiri dengan melihat buku pelajaran :)
     
  11. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Di pesantren g ada yang namanya buku pelajaran formal bang. Ada pun g se lengkap di sekolah2 pemerintah.
    Dan yang penting tuh, bermanfaat.
     
  12. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    jadi, intinya ada kan? walau nggak lengkap bukan berarti opini saya tadi salahkan? :)
     
  13. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tetep salah gan, karena menyatakan kepastian kalau semua punya.
    Tetapi yang saya bilang adalah "ada pun", yang berarti tidak semua pesantren mempunyai itu.
    Dan emang saya g nulis dari buku pelajaran. Saya mengulasnya dari berbagai sumber baik itu ilmu pengetahuan offline, online, maupun pengalaman pribadi.:p
     
    ngeblogasyikk likes this.
  14. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sudah pernah ke hutan hujan? di daerah mana mas? :)
     
  15. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tahu semeru enggak?
    Kebetulan itu kampung halaman saya. Walau sekarang daerah yang masuk hutan tropisnya udah tipis banget karena udah seperti hutan wisata saja. Sense horornya juga udah meleleh. :(
     
    Damar likes this.
  16. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kasian hutan sekarang, bukannya dilindungi malah dibinasakan..
     
  17. Vichha Aprilia

    Vichha Aprilia New Member

    Joined:
    Oct 15, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    puyeng bacanya *pusing*
     
  18. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Padahal itu udah aku perbaiki lagi. Atau emang bahasaku aja yg kurang oke.
    Kalau yang di websiteku bgaimana?
     
Loading...

Share This Page