Mengenal Jenis dan Label Makanan Ikan Koi

Discussion in 'General Discussion' started by jagain, Oct 1, 2019.

  1. jagain

    jagain New Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Makanan ikan koi – Berbagai macam merek pakan ikan koi bereda menawarkan kelebihan formula gizi yang berbeda-beda, manfaat yang ditawarkan oleh makanan tersebut pun berbeda-beda sehingga Anda harus bersikap selektif terhadap pakan yang akan diberikan. Pakan koi ini ada yang berbentuk bulat dan jika disebarkan ke kolam akan mengapung, pakan ini disebut dengan pelet. Pakan ikan koi yang ideal ini ada tiga ukuran kecil, sedang, dan juga besar. Sesuai dengan ukurannya, makanan ikan koi yang kecil ini untuk ikan koi yang berukuran kecil 3 cm sampai 20 cm, sedangkan pakan sedang untuk ikan koi yang memiliki ukuran 15 cm, dan yang besar untuk koi ukuran 10 cm sampai dengan 70 cm.


    Jenis Pakan Ikan Koi
    Makanan untuk ikan koi ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu perawatan dan pertumbuhan, mengeluarkan warna, dan yang terakhir adalah pakan untuk empat musim. Sayangnya karena Indonesia adalah negara dengan dua musim, pakan yang terakhir tidak di pakai. Mengingat tuntutan pakan yang terus meningkat banyak produsen pakan yang menambahkan obat anti penyakit ke pakan ikan koi selain untuk pertumbuhan dan pencerah warna. Hal itulah yang membuat saat ini banyak ditemukan berbagai macam merek pakan dengan nutrisi yang berbeda-beda.

    Khusus untuk komposisinya, makanan ikan koi yang ditemukan di pasaran memiliki protein 35%, lemak 3%, karbohidrat 3%, abu 13%, dan yang terakhir adalah air 12%. Selain nutrisi tersebut pakan ikan koi yang ditawarkan dilengkapi dengan berbagai macam unsur tambahan seperti chitin chitosan sebagai peningkat imunitas, selain itu juga ada tepung ox bile sebagai peningkat fungsi hati, phospitan c. betain untuk bisa meningkatkan metabolisme, vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan, dan bawang putih untuk anti penyakit.

    Perhatikan Labelnya
    Agar Anda tidak salah dalam memilih pakan ada baiknya Anda memperhatikan labelnya. Setiap pakan yang ditawarkan akan diberikan label masing-masing agar konsumen bisa memilih pakan sesuai dengan kebutuhannya sehingga Anda harus mengerti apa yang dimaksud dengan label tersebut. Label growth formula yaitu pakan yang digunakan untuk pertumbuhan ikan KOI yang mana di dalamnya mengandung protein, lemak, dan juga nutrisi yang tinggi. Diet formula dimana label ini digunakan untuk membentuk body conformity yang baik, mengandung protein maupun nutrisi tinggi dengan rendah lemak dan rendah karbohidrat. Label color formula untuk meningkatkan ketajaman warna ikan koi, dan yang terakhir adalah formula khusus untuk tujuan spesifik lainnya.


    Harga ikan koi ditentukan dari warna dan juga kesehatannya, sehingga perawatan yang dilakukan haruslah maksimal. Untuk bisa memberikan perawatan yang maksimal mulailah dengan memberikan makanan yang terbaik.
     
Loading...

Share This Page