Mengenal Jenis Usaha Pembiayaan

Discussion in 'General Business' started by nelson sitompul, Jan 7, 2016.

  1. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Setelah menulis beberapa threat tentang pinjaman di forum ini, ternyata belum banyak yang mengenal jenis usaha pembiayaan yang ada di Indonesia. Sangat wajar sih, karena sebagian besar member yang berpartisipasi dalam diskusi di forum bersosial ini adalah blogger muda yang mungkin masih menjalani proses pendidikan dan berstatus single. Jika membernya berstatus pekerja/pegawai terutama yang sudah berkeluarga, perbincangan tentang kredit mungkin akan lebih "hidup", karena 99% kalangan itu kehidupan sehari-harinya terkait dengan peminjaman dana.
    Bicara tentang pembiayaan, maka produk "lending" yang terpikirkan biasanya kredit kepemilikan rumah, pembelian mobil, KTA, Kartu Kredit, Gadai BPKB Mobil maupun Motor, back to back deposit dan lain-lain. Pada kesempatan ini, saya tidak bicara tentang produk, melainkan jenis usahanya. Artinya, saya ingin berbagi info legalitas usaha yang "bermain" dalam bisnis peminjaman uang di Indonesia.
    Adapun penyedia pinjaman yang lazim di Indonesia adalah sebagai berikut:
    • Perbankan. Ada 2 jenis bank di Indonesia yang dapat mengucurkan kredit yaitu bank umum dan BPR. Keduanya dalam pengawasan BI di dalam menjalankan gerak usahanya. Karena BI cukup ketat di dalam pengawasan perbankan, maka melakukan peminjaman uang di lembaga perbankan biasanya prosesnya ketat, cukup lama dan syaratnya banyak. Tetapi timbal baliknya adalah kredit di bank adalah pinjaman yang menerapkan bunga paling rendah dibanding lembaga lain.
    • Leasing. Sebagian besar jenis lembaga ini bekerjasama dengan bank. Ada yang memang merupakan anak perusahaan perbankan umum, tetapi ada pula yang perusahaan pembiayaan murni yang memutarkan dana sendiri maupun meminjam di bank.
    • Koperasi. Lembaga ini pada umumnya dimiliki perorangan yang memberikan pinjaman uang dengan sistem agunan/gadai/jaminan. Jadi kegiatannya mirip dengan BPR maupun leasing. Sumber dana yang diputar bisa milik sendiri, milik masyarakat dari hasil simpan pinjam maupun memutarkan dana yang mereka pinjam dari bank.
    • Pembiayaan pribadi atau perorangan. Ini adalah usaha yang dijalankan tanpa memiliki badan hukum. Dan pada level inilah beberapa kali terdengar permasalahan yang baik, terutama terjadi aksi tipu-tipu. Tidak semuanya seperti itu, tetapi karena bukan berbentuk lembaga, maka jenis pinjaman pribadi lebih riskan. Biasanya bunga yang diterapkan adalah yang paling tinggi diantara lembaga pembiayaan di atas. Tetapi, prosesnya adalah yang paling mudah. Tidak perlu pusing memikirkan persyaratan kredit, karena selama ada barang (fisik) yang dijaminkan, seperti unit sepeda motor, mobil atau emas, maka anda sudah dapat meminjam sejumlah uang. Memang, jenis pembiayaan biasanya tidak besar memberikan plafon pinjaman. Biasanya berkisar 1% hingga 25% dari nilai agunan. Di kota kecil maupun pelosok daerah, pembiayaan ini cukup banyak pelakunya.
    Demikianlah informasi tentang penyedia layanan pinjaman uang yang pada umumnya menerapkan sistem gadai (jaminan/agunan) yang ada di Indonesia. Masing-masing pihak memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda sebelum mengajukan permohonan kredit. Semakin anda membutuhkan dana dengan proses singkat, maka biasanya bunga yang diterapkan semakin tinggi.
     
  2. yaredi

    yaredi Guest

    Tulang aku minjam bisa? Aku mau buka bisnis properti di Medan tulang...capek bisnis tempel ban banyak keluarkan keringat..:D
     
  3. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Kunjungi aja situs mr kredit.. ada peluang bisnis nya juga koq.. klo jago seo, persaingan di medan masih low
     
  4. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Mau pinjem buat usaha tapi bingung mau usaha apa ..*badluck*
     
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    banyak usaha di dunia ini, asal bisa direncanakan yang baik dan benar :D
     
  6. koi354

    koi354 Member

    Joined:
    Dec 2, 2015
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    betul-betul.,. tinggal tergantung niat dan usaha *bagus*
     
  7. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,623
    Likes Received:
    747
    Trophy Points:
    113
    Google+:
  8. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    gak dipasang browww.. soalnya kita ageni 5 leasing.. ntar orang carinya yg paling murah tapi syarat paling gampang.. itu yg gak ada..
    soalnya ada yg murah tp seminggu dan syarat ribet.. tapi ada yg mahal cuman 1 hari udah cair dengan survey formalitas doang...
    jadi mending kita sesuaiin dengan kondisi konsumen aja.. kalo syarat lengkap dan tidak pernah nunggak kartu kredit, ngejar yg murah aja malahan..
     
  9. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,623
    Likes Received:
    747
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    iya sih kondisi pelanggan jauh lebih penting, percuma punya produk tapi malah jadi pajangan doank.
     
  10. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    wkwkwkwkw.. iya sih banyak yg minta bikin simulasi.. tapi bakal brp lembar tuh?
    contoh avanza aja ada 6 type, trus klo mo bikin simulasi th 2010 aja udah brp lembar.. misalnyan pencairan 50jt, 60jt, 70jt dst.. belum lg yg th 2011 dst.. blum lagi yg type lain.. blum lg yang merek lain.. makanya kita modelnya by sms or wa. Tinggal nyebutin merek, tipe, tahun ntar diitungin..
     
  11. Aang Abdu Muamar Rauf

    Aang Abdu Muamar Rauf Member

    Joined:
    Dec 14, 2014
    Messages:
    99
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    keren ... koperasi harus diberdayakan tuh
     
  12. sylva25

    sylva25 New Member

    Joined:
    Oct 28, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    lebih enak jika meminjam di koperasi..
     
  13. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Belum ada niatan untuk meminjam karena belum perlu banget
    mungkin kalau sudah terpaksa bisa saja meminjam, menurut seorang penceramah lucu orang yang berani meminjam itu harapan hidupnya masih panjang karena masih ada tugas mengembalikan pinjamanya :):)
     
  14. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    meminjam uang tentu yang dicari bunga terendah dan syarat paling gampang. Jadi pstikan paham 2 pokok penting diatas
     
  15. rajasales

    rajasales Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Skg si lg rame Ambil pinjaman KTA yang bisa pake kartu kredit dan yang gk bisa pke kartu kredit kyk CTBC gan,,
     
Loading...

Share This Page