Mengenal Kemasan Plastik Alumunium Foil

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by akhdi, Mar 22, 2017.

  1. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Pecandu snack renyah pasti pernah membuka kemasan alumunium foil. Tapi jarang ada yang tau kenapa plastik jenis ini digunakan. Warna silver dan mengkilap alumunium foil ini sering dijadikan alat pembungkus pada beberapa jenis makanan.

    Kenapa harus membungkus makanan dengan alumunium foil? Karena lebih aman untuk menjaga makanan agar tetap renyah dan tahan lama.

    Kok bisa? alumunium foil kedap udara dan juga tidak akan mempengaruhi rasa dan bau makanan yang dibungkusnya.

    Kita belajar barengan ya tentang alumunium foil.


    Apa itu Alumunium Foil?

    Benda ini biasanya berbentuk kemasan yang dibuat dari bauksit atau endapan besi yang mengandung alumunium Oxide dan Silikat. Sedangkan bauksit berasal dari Amerika bagian utara dan Eropa bagian utara dan juga Asutralia.

    beberapa proses alumunium ini lantas diolah menjadi lembaran tipis dengan ketebalan 0,2 mm. Sedangkan alumunium dengan ketebalan kurang dari 150 micron dinamakan alumunium foil.

    Alumunium foil ini dibuat dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Sealahsatu bentuknya adalah laminasi plastik dan juga kertas. Selain untuk membungkus makanan alumunium foil juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti menghangatkan ruangan.


    Kelemahan Alumunium Foil

    Tadi udah dibahas ya tentang kegunaan alumunium foil dan manfaatnya. Setiap barang ada kelebihan dan juga kekurangan. Termasuk alumunium foil ini sendiri.

    Alumunium foil dapat rusak karena pengaruh garam dapur, asam dan logam berat. Kerusakannya sendiri tergantung dari campuran spesifik yang ada di dalamnya dan kontak langsung dengan zat tersebut.



    Kemasan Plastik Alumunium Foil

    Salah satu olahan alumunium foil adalah plastik kemasan. Bagi pelaku bisnis makanan ringan, tentu anda tidak asing dengan benda satu ini. Sudah banyak produk makanan yang menggunakan plastik alumunium foil untuk kemasannya.

    Kemasan produk untuk lebih memilih menggunakan alumunium foil tentu bukan tanpa sebab. yang pertama, menjaga makanan tetap renyah. Kemudian kemasan plastik alumunium foil juga menjadikan produk lebih menarik sehingga meningkatkan daya jual.

    Lebih elegan gitu.

    Contoh Plastik Kemasan Alumunium Foil

    Nih kita tampilkan beberaa contoh plastik kemasan alumunium foil baik murni atau kombinasi. Beberapa diantaranya adalah:

    1. Standing Pouch Alumunium Foil Kombinasi
    Terbuat dari bahan yang tebal dan transparan. Cocok untuk aneka kerupuk, keripik buah, pasta, abon, dan lainnya. Ukurannya juga sangat variatif sehinnga memudahkan untuk menyesuiakan dengan berat makanan yang akan dibungkus.

    2. Kemasan Bantal alumunium Foil & Metalize
    Bentuknya bantal. Ya Bantal. Kemasan plastik alumunium foil pun ada yang memiliki bentuk seperti bantal dan pasti semua sudah pernah liat ya. Cocok untuk aneka produk seperti kopi, bumbu, susu, coklat, dll dengan ukuran bermacam-macam pula.

    3. Kemasan Bantal Metalize Kombinasi disertai handle untuk jinjingan dan gantungan.
    Nah kalo yang ini sedikit berbeda dengan kemasan bantal alumunium foil. Bedanya dikemasan ini diberi tambahan berupa gantungan/jinjingan sehingga cocok untuk aneka produk yang sedikit lebih berat atau bahkan hanya untuk sekedar kreasi saja.

    4. Kemasan Gusset Alumunium Foil & Metalize
    Yang ini info di google belum lengkap jadi kapan2 diupdate ya. Hihihi

    5. Kemasan Alu Paper(Alumunium foul plus pruntung)
    Alu paper adalah gabungan antara kemasan alumunium paper dan foil. Jenis ini cocok untuk aneka produk dan tersedia dalam berbagai tipe dan ukuran.

    6. Kemasan Standing Pouch Bening
    Terbuat dari plastik dengan ketebalan 135 micron, kemasan ini sangat rapi dan kokoh. Kemasan ini lebih cocok untuk produk cair seperti sabun, minyak goreng, pasta, dll.



    Nah, cukup menarik bukan. Selain fungsi membungkus ternyata kemasan plastik alumunium foil memang memiliki banyak kelebihan sebagai pembungkus makanan. Jadi jangan ragu untuk menggunakan plastik kemasan alumunium foil untuk pembungkus produk anda.
     
  2. Dewalagu

    Dewalagu Member

    Joined:
    Mar 19, 2017
    Messages:
    63
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Tapi di sebuah perdesan jarang menggunakan seperti itu
     
  3. HermanFaiber

    HermanFaiber New Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makanya sekarang produk UKM Desa manapun sudah di edukasi agar pakai aluminium foil gan, supaya produknya lebih awet dan rasa tidak berubah ketika sampai ke pelanggan
     
  4. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan New Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah bener banget, jadinya harusnya bertahan cuma 1 minggu, bisa bertahan bulanan produk UKM Kita
     
  5. rizky tasik

    rizky tasik Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Maju terus gan ane dukung :)
     
Loading...

Share This Page