Mengenal Lebih Dalam Pengertian Hingga Tingkat Keberhasilan Intervensi Kardiologi Disini

Discussion in 'Health & Medical' started by segara dian, Jun 2, 2021.

  1. segara dian

    segara dian New Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Jantung sebagai salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Sayangnya, saat ini penyakit jantung sudah mulai diderita oleh anak anak muda. Hal tersebut terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan intervensi kardiologi. Yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

    Pengertian Kardiologi Intervensi

    Secara sederhana, teknik kardiologi intervensi merupakan sebuah tindakan pengobatan penyakit jantung melalui kateterisasi. Pada umumnya prosedur tersebut digunakan untuk mengatasi masalah jantung koroner. Kateter tersebut dimasukkan ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh nadi. Lokasi pembuluh nadi yang digunakan ada di bagian tangan atau paha.

    Prosedur ini banyak dipilih karena dilakukan tanpa operasi. Bahkan di Indonesia cara ini sudah jauh berkembang sehingga banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan pada jantung. Saking banyaknya penderita penyakit jantung, WHO mencatat bahwa penyakit tersebut menjadi penyebab kematian bagi 60% orang di dunia.

    Prosedur Singkat Kardiologi Intervensi

    Lantas sudah tahukah anda bagaimana langkah atau prosedur mengatasi penyakit jantung dengan kardiologi intervensi? Pada mulanya tentu prosedur diawali dengan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter. Berangkat dari hasil inilah dokter dapat memutuskan apakah pasien dapat menerima pengobatan intervensi ini atau tidak.

    Apabila memang dokter sudah menyetujuinya, barulah prosedur dilanjutkan ke tahapan pelaksanaan. Secara singkat, proses ini dilakukan dengan memasukkan sebuah kateter ke dalam pembuluh darah. Alat itu dapat dimasukkan melalui dua akses yaitu melalui pembuluh darah tangan dan paha. Intervensi kardiologi ini dilakukan dengan bantuan kamera mini.

    Penyumbatan pembuluh darah juga disebabkan oleh banyak factor. Salah satunya yang paling sering disebabkan oleh tumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Nah, kateter inilah yang akan membantu membuka sumbatan dengan menggunakan balon. Sedangkan dokter yang melakukannya dapat melihat kondisi pembuluh darah pasien melalui mini kamera.

    Kabarnya, proses kardiologi intervensi dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik sebelum prosedur dilaksanakan. Turuti semua anjuran dokter agar proses intervensi dapat dilakukan dengan lancar. Meskipun terlihat mudah, bukan berarti prosedur ini tidak memiliki resiko.

    Tingkat Keberhasilan Kardiologi Intervensi

    Banyak calon pasien yang menanyakan berapa persen prosedur tersebut berhasil mengatasi penyakit jantung terutama jantung koroner. Kabarnya, prosedur ini memiliki tingkat keberhasilan 95 persen. Saking tingginya kemungkinan sembuh, pasien tidak perlu terlalu cemas saat prosedur sedang dijalankan.

    Meskipun memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, pastikan anda mendatangi pelayanan kesehatan jantung yang baik. Semua prosedur baru akan berjalan dengan lancar apabila didukung dengan SDM atau dokter yang mumpuni. Oleh karena itu, sangat penting untuk datang ke klinik atau rumah sakit yang sudah sering melakukan intervensi kardiologi.

    Saat ini sudah banyak penyedia layanan kesehatan jantung. Meskipun begitu sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan jantung secara mandiri. Lebih baik mencegah kemungkinan timbulnya penyakit dibandingkan mengatasinya dengan pergi ke dokter. Tentu kondisi jantung yang sehat menjadi kunci hidup yang lebih baik.

    Anda bisa melakukan pemeriksaan jantung rutin di Heartology Cardiovascular Center. Salah satu faskes khusus jantung yang menyediakan layanan pemeriksaan jantung . Selain untuk mengetahui kondisi jantung Anda, pemeriksaan rutin juga bermanfaat untuk memantau fungsi dari intervensi kardiovaskular angioplasti apakah masih berjalan dengan baik atau tidak.

    dr dafsah juzar adalah salah satu dokter spesialis jantung di Heartology yang memiliki sub spesialisasi di bidang intervensi kardiologi dan kardiovaskular intensif. buat janji dengan dr dafsah di website heartology : https://heartology.id/
     
Loading...

Share This Page