Mengenal Lebih Dalam Penyakit Hepatitis B

Discussion in 'General Lifestyle' started by Aisy Nabilla, May 15, 2018.

  1. Aisy Nabilla

    Aisy Nabilla Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Sudahkah Anda mengenal penyakit hepatitis? Khususnya penyakit hepatitis B? Mungkin banyak dari Anda yang tak benar-benar memperhatikan penjelasan mengenai penyakit ini. Akibatnya, banyak yang tidak tahu penyebab, faktor risiko, serta penanganan yang tepat untuk penyakit yang cukup umum ini. Agar lebih mengenalnya, simak terus artikelnya ya!

    Apa itu Hepatitis B?

    Secara garis besar, Hepatitis B merupakan suatu virus (Hepatitis B Virus a.k.a HBV) yang menginfeksi hati Anda. Penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada hati ini kemudian diberi nama sama dengan virus penyebabnya, Hepatitis B. Virus ini menular jika Anda terpapar oleh darah atau cairan tubuh seseorang yang telah terinfeksi. HBV riskan menginfeksi tubuh Anda, terutama jika Anda tidak terlindungi oleh vaksin Hepatitis B. Periode inkubasi dari Hepatitis B kurang lebih adalah 75 hari, meskipun dapat bervariasi pula dari 30 – 180 hari. Umumnya, virus ini baru akan terdeteksi setelah menginfeksi tubuh sekitar 30 – 60 hari.

    Berdasarkan lama infeksinya, terdapat dua tipe penyakit Hepatitis B, yaitu :

    • Hepatitis B akut : Umumnya, hepatitis jenis ini dialami oleh orang dewasa. Jika terkena, sistem imunitas tubuh dapat melawan virus ini sehingga dalam hitungan bulan penderita dapat dikatakan sembuh.
    • Hepatitis B kronis : Ini terjadi jika virus berada dalam tubuh sesorang ±6 bulan dan apabila dibiarkan saja dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Hepatitis jenis ini umumnya menyerang bayi dan anak-anak.
    Apa saja gejalanya?
    Kebanyakan orang yang menderita jenis penyakit liver yang satu ini justru tidak akan menunjukkan gejala apapun, dan karenanya kebanyakan dari mereka justru tidak menyadari telah terkena Hepatitis B. Jikapun terdapat gejala, biasanya Anda hanya akan merasa terkena sakit flu, tidak lebih. Selain itu, berikut ini adalah beberapa gejala tambahan yang mungkin muncul selama beberapa minggu :
    1. Demam ringan
    2. Sakit kepala
    3. Rasa lelah yang teramat sangat
    4. Kehilangan nafsu makan
    5. Sakit perut
    6. Muncul rasa mual dan muntah
    7. Mata dan kulit berubah menjadi kekuningan
    8. Feses berwarna kecokelatan, dan
    9. Urin berwarna lebih gelap.
    Lalu, bagaimana penanganannya?
    Umumnya, penyakit Hepatitis B akut akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Meski begitu, Anda dapat meredakan gejala-gejala yang timbul dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak minum air putih, istirahat di rumah, serta menghindari alkohol, obat-obatan, serta rokok. Tak hanya itu, dokter Anda mungkin juga akan meresepkan obat yang diperlukan untuk mengurangi gejala yang muncul. Sementara itu, Hepatitis B kronis (jangka panjang) bergantung pada kondisi infeksi serta kerusakan hati Anda. Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin membutuhkan transplantasi hati.

    Semoga bermanfaat!
     
  2. Nas Ozil

    Nas Ozil New Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    15
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Dari segi mata,feses,dan urin mudah diidentifkasi tapi gejala yang mungkin termasuk gejala umum dari setiap penyakit...
    Bermanfaat gank...
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    431
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    untung ane belom pernah kena , dan jangan sampai kena deh
     
  4. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    98
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Bahanya juga Hepatitis B kalau didiamkan saja, hati kita bisa rusak. Untuk gejalanya kadang tidak disadari oleh kebanyakan orang yang kena Hepatitis B
     
Loading...

Share This Page