Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Data Science

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Aug 2, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    2 agustus mengenal data science.jpg

    Data science adalah salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Saat ini, ilmu yang satu ini mulai menjelma menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan. Menariknya lagi, ilmu data ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya.

    Apa Itu Data Science?

    Lalu apa sebenarnya data science itu? Dan apa saja yang akan kita pelajari dalam ilmu data tersebut? Secara umum data science adalah penggalian atau bisa juga disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa data science merupakan suatu hal yang dipekerjakan dan banyak pula perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan ini.

    [​IMG]

    Untuk mereka yang bekerja dalam bidang ini kerap disebut sebagai seorang data analyst atau data scientist. Bukan rahasia lagi jika pekerjaan di bidang ini adalah sesuatu yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama pun masih belum membuka jurusan khusus untuk mencetak orang-orang hebat di bidang ini. Padahal skill di data science ini sangatlah menjanjikan.

    Mengapa Data Science Menjanjikan?

    Menurut riset yang dilakukan oleh situs Linkedin, ilmu data ini adalah salah profesi paling hot yang banyak dibutuhkan oleh dunia industri akhir-akhir ini. Menariknya lagi, pekerjaan ini menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Hal ini tentu bisa menjadi alasan untuk kita terjun ke dalam bidang yang satu ini. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa membuat kamu semakin tertarik dengan data science ini.

    1. Dapat Dipelajari Siapa Saja

    Siapa saja bisa belajar data science. Sebagai disiplin ilmu baru yang terbilang unik, data science ternyata tidak membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu untuk mempelajarinya. Data science adalah ilmu yang bisa dipelajari seseorang dengan disiplin ilmu umum sekalipun. Namun, meskipun secara umum bisa dilakukan oleh orang dari latar belakang pendidikan apa pun, kemampuan dasar pemrograman, matematika dan statistik akan sangat membantu dalam menjalankan data science ini.

    2. Belum Banyak Diketahui

    Untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan jumlah saingan yang masih sedikit, data science adalah jawabannya. Dengan semakin majunya teknologi, kalian dengan kemampuan ini akan semakin bisa bernapas lega karena terdapat banyak sekali lowongan pekerjaan khusus untuk bidang ini dan saingannya pun tidak banyak karena disiplin ilmu ini masih belum diketahui banyak orang.

    3. Kesempatan Bergabung dengan Perusahaan Besar

    Hal yang paling menggiurkan dari belajar ilmu ini adalah kesempatan emas untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar dunia. Bukan rahasia lagi jika data science adalah ilmu penting bagi sebuah perusahaan terutama dalam memprediksi banyak hal di masa depan baik terkait dengan layanan atau produk mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar saat ini yang mulai menyadari hal tersebut dan mencari orang-orang dengan kemampuan seperti ini.

    Bagaimana Langkah Belajar Data Science dari Awal ?

    Lalu, bagaimana langkah awal untuk memulai belajar data science dan menjadi seorang data analyst atau data scientist? Nyatanya, ada banyak hal yang perlu kamu pelajari hingga bisa menjadi seorang data analyst dengan penghasilan yang besar. Penasaran bagaimana cara untuk memulai memasuki dunia data science atau ilmu data ini? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

    1. Ketahui Skill yang Harus Kamu Kuasai

    Data science adalah sebuah ilmu yang tidak berdiri sendiri. Kamu juga memerlukan beberapa ilmu atau skill lain untuk bisa bekerja dengan baik di bidang ini. Mereka dengan latar belakang pendidikan software developer juga belum tentu bisa secara otomatis menjadi seorang data scientist. Lalu, skill apa saja yang perlu kamu kuasai untuk terjun ke bidang ini?
    • Pemrograman
    Memiliki skill pemrograman akan sangat membantu kalian dalam menjadi seorang data scientist atau data analyst. Tidak bisa dipungkiri jika data science adalah soal memasukan data-data tertentu ke komputer. Untuk memudahkan mereka dalam melakukan hal tersebu, keahlian dalam programming akan memastikan pekerjaan tersebut berakhir sempurna. Artinya, seorang data scientist setidaknya harus mengusai bahasa pemrograman seperti Python.
    • Statistika
    Selanjutnya, pemahaman akan statistika juga merupakan suatu hal yang mendasar bagi kalian yang ingin menjadi seorang data analyst atau data scientist. Selain berguna untuk menentukan algoritma seperti apa yang akan diaplikasikan, ilmu statistika juga dibutuhkan dalam pengembangan software machine learning. Hal ini membuktikan bahwa data science adalah suatu profesi menarik yang memerlukan banyak skill sekaligus.
    • Komunikasi dan Visualisasi Data
    Selain itu, skill komunikasi dan visualisasi data juga menjadi skill yang penting untuk kamu yang ingin terjun ke bidang ini. Terutama jika kamu masuk ke dalam sebuah perusahaan yang manajemennya data-driven. Biasanya, sebagai seorang data analyst, kamu juga diminta untuk membantu menentukan arah kebijakan. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi dan visualisasi data menjadi penting untuk dimiliki.

    Kesimpulan

    Ini dibutuhkan di semua area yang memerlukan analisis statistik dan melibatkan data yang sangat besar. Bidang aktuaria (asuransi), perbankan, keuangan, konsultan jasa statistik, telekomunikasi, industri pabrik, pemasaran, industri kimia dan farmasi, riset kesehatan, dan pertahanan termasuk yang memerlukan keahlian ini. Posisinya sebagai business analyst, data solutions manager, information systems analyst, market intelligence analyst, dan sejenisnya.
    [​IMG]
     
  2. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    apa ini sama seperti, mengamati suatu produk/project/data secara mendalam, mempelajari alurnya melihat potensinya, menentukan arah pasar dan kebutuhan serta mengembangkannya? apa itu bisa juga di sebut data science?
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Siapa yang sudah mendapatkan pekerjaan menjadi data analyst ini
    dan bagaimana cara melamar pekerjaan dalam bidang ini setelah mempelajari tentang data science?
     
  4. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    wow menarik, tinggal jejak gan *bagus**bagus*
     
  5. dimasab

    dimasab Member

    Joined:
    May 19, 2018
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    "belum banyak diketahui" ini yang bikin suatu ilmu atau bidang jadi menarik, alias gaji kerjaannya juga gede
     
  6. graficurl

    graficurl Member

    Joined:
    Mar 9, 2017
    Messages:
    67
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  7. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Informasi bermanfaat *bagus*
     
Loading...

Share This Page