Mengenal Manfaat Asuransi Pendidikan/Tabungan Pendidikan Untuk Masa Depan Anak

Discussion in 'Education' started by Septiano, Oct 24, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    51
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tuntutan zaman yang semakin tinggi membuat para orang tua berlomba-lomba memberikan anaknya bekal pendidikan terbaik. Beberapa orang tua bahkan sudah merencanakan pendidikan anak dan mendaftarkan anaknya ke sekolah terbaik sejak sang anak masih sangat kecil dan jauh dari usia sekolah.

    Kini perilaku para orang tua seperti yang disebutkan di atas bukanlah hal yang berlebihan. Pasalnya sekolah-sekolah terbaik memang diperebutkan, dan Anda sebagai orang tua tentu tak ingin anak Anda kehilangan kesempatan untuk bersekolah di tempat yang sudah lama diincar.

    Baca Juga: Ingin Anak Kuliah di Luar Negeri? Begini Tipsnya

    Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

    Asuransi pendidikan adalah produk berbasis investasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempersiapkan pendidikan anak Anda di masa depan. Sebagai produk asuransi, tentu saja pihak yang mengeluarkannya adalah perusahaan asuransi. Bank hanya bertugas sebagai penyalur produk.

    Kelebihan dari memiliki asuransi pendidikan adalah peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar sekalipun sifatnya fluktuatif. Produk asuransi yang satu ini juga dapat memberikan perlindungan yang tak terbatas bagi masa depan pendidikan anak Anda, tergantung pada premi yang dibayarkan.

    Investasi adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan agar uang yang sudah terkumpul tidak tergerus inflasi begitu saja. Namun agar keuntungan yang didapat bisa maksimal tentu saja Anda harus memilih perusahaan asuransi dengan sangat cermat.

    Kredibilitas perusahaan asuransi sangat perlu diperhatikan untuk memastikan Anda benar-benar mempercayakan uang pada perusahaan yang tepat. Pastikan perusahaan yang Anda pilih sudah terdaftar di OJK.

    Kekurangan dari asuransi pendidikan anak adalah risiko kerugian yang cukup besar. Hal itu dikarenakan produk investasi semacam ini tidak dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Sehingga jika suatu saat perusahaan asuransi yang Anda percaya bangkrut maka uang yang sudah Anda investasikan bisa hilang begitu saja.

    Namun tak perlu terlalu khawatir, risiko semacam ini bisa diminimalisir dengan memilih perusahaan asuransi yang tepat. Pelajari dengan seksama perusahaan yang hendak Anda pilih dan bagaimana prospeknya hingga beberapa tahun ke depan.

    Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Pendidikan

    Jika Asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, lain halnya dengan tabungan pendidikan. Produk ini dikeluarkan oleh bank dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Ini adalah salah satu kelebihan dari tabungan pendidikan, perlindungan oleh LPS memastikan uang Anda tetap aman sekalipun bank bersangkutan mengalami masalah.

    Kelebihan lain dari tabungan pendidikan adalah sifatnya yang mirip tabungan berjangka sehingga Anda tak perlu khawatir uang yang sudah disipakan akan terpakai untuk kebutuhan lain. Jangka waktu untuk tabungan ini biasanya adalah 2 tahun atau lebih.

    Kekurangan dari tabungan pendidikan adalah keuntungan yang didapat cenderung stagnan dan kecil jumlahnya. Hal tersebut karena satu-satunya keuntungan yang mungkin didapat bersumber dari bunga bank. Jumlah maksimum dari bunga tersebut biasanya sudah ditetapkan sejak awal.

    Untuk membuka tabungan pendidikan ini Anda bisa memilih bank yang sudah Anda percaya dan tempat Anda bertransaksi selama ini. Pilihan ini akan memudahkan proses pembayaran dan lain-lain dari tabungan pendidikan yang Anda buka.

    Pilih Asuransi Pendidikan Anak atau Tabungan Pendidikan?

    Kedua produk di atas sama baiknya untuk mempersiapkan masa depan terbaik bagi anak-anak Anda. Jika memungkinkan, maka memiliki keduanya akan sangat menguntungkan bagi perkembangan dan keamanan kondisi finansial Anda. Namun jika merasa kesulitan, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

    Asuransi pendidikan rasanya menjadi salah satu produk keuangan yang paling banya dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia pada saat ini. Kebiasaan untuk berinvestasi bisa sangat baik untuk meningkatkan kondisi finansial. Dengan berinvestasi uang yang ada juga tidak dibiarkan pasif begitu saja.

    Mengingat risiko dari investasi memang tidak kecil, maka sebagai orang tua yang bijak Anda harus memiliki cukup pemahaman mengenai seperti apa kriteria perusahaan asuransi yang baik. Pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar di OJK dan memiliki sepak terjang memuaskan selama beberapa tahun terakhir.

    Saat ini tak sulit untuk menemukan informasi mengenai berbagai perusahaan di internet. Anda juga bisa memanfaatkan testimoni dari orang-orang yang sudah lebih dulu bergabung.

    Produk Mega Prima Link dari PFI Mega Life adalah salah satu yang perlu Anda pertimbangkan. Unit link ini bisa dimanfaatkan sebagai asuransi masa depan anak-anak Anda. PFI Mega Life senantiasa berkomitmen untuk melindungi mimpi nasabahnya. Jadi, lekas bergabung dan tinggalkan jauh-jauh semua kekhawatiran Anda.

    Sumber
     
Loading...

Share This Page