Mengenal Market Intelligence dan Contoh Penerapannya Pada Bisnis

Discussion in 'Internet Marketing' started by Dwi Aditya Herfiansyah, Oct 26, 2022.

  1. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    118
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    sumber gambar diambil dari innoviusresearch.com​

    Marketing adalah sebuah kegiatan penting dan juga tonggak pertama kesuksesan dalam sebuah perusahaan. Karena jika kegiatan marketingnya sendiri dilakukan secara optimal, maka hal ini juga memberikan dampak yang bagus kepada penjualan, membuatnya jadi semakin meningkat. Sekarang ini juga sudah hadir market intelligence atau yang dikenal juga sebagai intelligence pasar. Yaitu merupakan sebuah aspek yang sangat penting dalam memahami keadaan pasar, juga untuk mengumpulkan intelligence pesaing ini yang suatu saat justru akan membantu menguntungkan perusahaan.

    Ini adalah informasi sehari-hari yang nantinya akan relevan dengan pasar perusahaan tersebut, dimana nantinya ia akan dikumpulkan serta dilakukan analisis secara khusus dengan tujuan yaitu untuk pengambilan keputusan. Jadi perusahaan di dalam pengambilan keputusannya yaitu menentukan peluang, strategi penetrasi sampai dengan pengembangan pasar metrik sangat bergantung pada market intelligence ini. Apalagi jika seandainya perusahaan ingin terus berkembang bahkan sampai memasuki pasar luar negeri.

    Di zaman sekarang teknologi memang memiliki peran penting di dalam bisnis, termasuk diantaranya adalah untuk kegiatan pemasaran ini sendiri. Jadi jika tidak ingin kalah saing dibandingkan dengan yang lain, tentu harus bisa mengaplikasikan teknologi juga, sehingga nantinya potensi penjualan juga bisa semakin tinggi. Banyak pengaplikasiannya yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah:


    1. Competitor intelligence, ini adalah salah satu contoh market intelligence yang hasilnya adalah berupa informasi relevan terkait dengan sebuah bisnis atau usaha dari pesaing. Namun memang data yang diambil juga tidak semuanya, melainkan hanya yang dapat diakses secara umum saja, sehingga buka merupakan tindakan pencurian data perusahaan, contohnya adalah produk atau jasa yang ditawarkan, alamat, kontak perusahaan dan sejenisnya.

    2. Customer intelligence, jenis yang satu ini juga banyak diterapkan atau digunakan dalam sebuah perusahaan, tujuannya tak lain adalah untuk mengetahui keinginan atau kebutuhan dari konsumen itu sendiri. Informasi ini diperlukan untuk mempermudah perusahaan di dalam membuat inovasi produk baru yang akan ditawarkan atau dirilis ke pasar.

    3. Social media intelligence, di era sekarang ini social media juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, termasuk diantaranya juga sudah hadir social media intelligence yang banyak dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas promosi, sampai dengan dapat meningkatkan brand awareness. Bahkan ia juga banyak dipakai untuk kebutuhan berinteraksi dengan konsumennya.

    4. Technology intelligence, ini adalah sebuah proses mengenal serta menganalisis peluang dan juga ancaman dari sebuah teknologi yang nantinya bisa memberikan pengaruh terhadap sebuah usaha. Apalagi sekarang ini teknologi juga mengalami perkembangan secara pesat di berbagai sektor, mempengaruhi aktivitas usaha Anda juga.

    5. Product intelligence, contoh yang lainnya adalah product intelligence yang isinya adalah seputar informasi sebuah produk milik perusahaan sendiri maupun juga produk dari kompetitor. Data tersebut dibutuhkan juga bukan tanpa alasan, melainkan dengan tujuan untuk mengembangkan produk tersebut sehingga nantinya dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar.

    6. Geopolitical intelligence, ini adalah upaya perusahaan di dalam mengumpulkan informasi terkait dengan bahasa, budaya, sejarah maupun yang lainnya. Data ini akan dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dengan jangkauan yang lebih luas tentunya.

    Itulah setidaknya beberapa contoh dari market intelligence yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda sendiri pastinya juga berhubungan dengan hal tersebut. karena tidak dapat dipungkiri jika seandainya semakin lama pekerjaan manusia kian dipermudah dengan kehadiran teknologi. Sehingga bukan hal yang mengherankan juga jika seandainya ada banyak perusahaan yang mengurangi jumlah SDM mereka.

    Penulis mengambil sumber dari website Dataxet Sonar Platform
     
Loading...

Share This Page