Mengenal Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Discussion in 'Computer' started by Arif Rachman Hakim, Nov 12, 2020.

  1. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    337
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pengertian Perangkat keras (hardware) adalah perangkat fisik atau bagian fisik dari sebuah sistem komputer. Perangkat keras ini ada bentuknya, dapat dilihat dan disentuh fisiknya.

    [​IMG]
    Gambar : Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse

    Pada artikel kali ini kita akan mencoba membahas dan mengenal lebih dekat tentang perangkat keras yang ada di perangkat komputer, baik jenisnya maupun kegunaan dan fungsinya.
    Perangkat Keras (Hardware) dikelompokkan ke dalam 3 jenis, yaitu :

    1. Perangkat Masukan (Input Device) Peralatan yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kontrol ke sistem pemrosesan informasi komputer atau alat informasi masukan yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
    2. Perangkat Keluaran (Output Device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, speaker, dan printer.
    3. Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

    Perangkat Keras juga dibedakan menurut Komponen dasarnya masing-masing, yaitu:
    1. Perangkat Input Device berupa :
    • Keyboard
    • Mouse
    • Joystick
    • Light Pen
    • Scanner
    • Webcam
    • Microphone
    • dll
    2. Out Put Device :
    • Speaker
    • Monitor
    • Printer
    • dsb
    3. Storage Device :
    • Hardisk/hardrive
    • USB Flash disk
    • Disket
    • CD room
    • Cartridge
    • dll
    4. Perferal
    • Network Card
    • Modem
    • dll
    5. Komponen Inti CPU
    • Ram
    • Processor
    • ROM
    • - dll
    Berikut ini Perangkat Keras (Hardware) komputer yang umum digunakan :
    1. CPU (Central Processing Unit)
    CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi dan penyimpanan data. Komponen CPU ada tiga bagian yaitu CU(control unit) sebagai pengontrol semua arus pusat, ALU(aritmetik Logical Unit) sebagai pemroses data berupa angka aritmetika, dan Register membantu memproses instruksi ke memory (RAM).

    2. RAM ( Random Access Memory)
    Ram adalah memori tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek, proses perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan mempengaruhi kecepatan akses komputer.

    Jenis-jenis memori RAM seperti: DRAM, SRAM, EDO RAM, SDRAM dan DDRAM, DDR II, DDR III, DDR IV, dsb.

    3. Monitor
    Monitor merupakan perangkat keluaran yang menampilkan informasi dalam bentuk gambar. Monitor biasanya terdiri dari tampilan visual, sirkuit, casing, dan catu daya. Monitor juga memiliki berbagai ukuran dan resolusi. Resolusi berarti sejumlah pixels yang sangat kecil yang dipergunakanuntuk memproksi karakter-karakter atau gambar-gambar pada layar. Monitor dengan jumlah pixels yang sangat banyak akan lebih jernih dan mudah dilihat daripada monitor yang memiliki sedikit pixels. Contoh jenis dari monitor: CRT, LCD, LED, Monitor Flat,dll

    4. Keyboard
    Fungsi keyboard yaitu alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi

    5. Mouse
    Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data. Biasanya, pada tampilan monitor, mouse berupa pointer berupa tanda panah sebagai petunjuk icon-icon yang dapat diklik. Jenis mouse juga beragam, mulai dari yang besar hingga kecil, mulai dari teknologi ball, infrared , optic, hingga wireless.

    6. Printer
    Printer ialah alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

    7. CD/DVD ROM
    CD ROM Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik. Contoh: CD/DVD-ROM, CD/DVD COMBO, CD-ROM RW, DVD

    8. Harddisk
    Hardisk merupakan alat untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Jenis harddisk ada dua yaitu harddisk ATA dan SATA. Harddisk ATA menggunakan kabel IDE, sedangkan Harddisk SATA menggunakan kabel Serial SATA serta transfer data lebih cepat dibandingkan dengan serial ATA.

    9. Scanner
    Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

    Itulah beberapa bagian dari hardware pada komputer. Masih banyak bagian-bagian lain yang belum sempat dijelaskan. Jika ada koreksi atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar.
    Semoga bermanfaat...!!!

     
    Last edited: Nov 17, 2020
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    101
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap.. Mungkin ada rekomendasi perangkat keras mas @Arif Rachman Hakim, untuk design grafis, website developer dan pembuatan aplikasi android dan iOS?..terimakasih.
     
  3. Lunargarment

    Lunargarment New Member

    Joined:
    Oct 28, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pelajaran baru buat saya, mantapp. Mungkin bisa rekomendasi GPU terbaik untuk gaming dong.... terima kasih
     
  4. Rafting Elo Magelang

    Rafting Elo Magelang New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    terima kasih informasinya. nambah pengetahuan untuk saya. sukses terus!
     
  5. andikasa

    andikasa New Member

    Joined:
    Friday
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    disket dan cd room skrg udah jarang dipake
     
Loading...

Share This Page