Mengenal Power Nap dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Discussion in 'Health & Medical' started by doninurdians, Jun 28, 2016.

Tags:
  1. doninurdians

    doninurdians New Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    Kali ini serupedia akan mengulas tentang Power Nap yang mungkin belum kita ketahui lebih dalam. Power nap atau dalam istilah Tidur singkat bertenaga adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS) yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran (revitalisasi) tubuh dalam waktu singkat. Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dariCornel University.

    [​IMG]
    Tidur dengan durasi sebentar selama kurang dari 30 menit -meski sesingkat 6 hingga 10 menit- dianggap mampu mengembalikan kesadaran, meningkatkan performa dan kemampuan belajar seseorang. Penelitian dari University of Düsseldorf menemukan bahwa seseorang yang telah tidur selama 6 menit saja dapat mengembalikan kemampuan memori daya ingat yang begitu besar, hal ini menunjukan bahwa permulaan tidur akan menginisiasi dan memicu proses konsolidasi daya ingat secara aktif, proses konsolidasi tersebut tetap berjalan efektif meskipun tidur kemudian dihentikan secara mendadak.

    Mengantuk di siang hari, menurut Hiromi Shinya, adalah hal yang wajar. Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas. Jika tubuh sudah memberi sinyal demikian, dengarkanlah. Jangan abaikan karena alasan apa pun. Jangan juga khawatir pekerjaan tertunda. Sebab, untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 menit sd 30 menit.

    Untuk kita terapkan, carilah tempat di mana kita tidak akan diganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan lemaskan seluruh otot tubuh. Kalau memang mengantuk, tidur saja.

    Shinya menyebut tidur siang sejenak ini sebagai power nap. Sebab, hanya dalam waktu 5 menit atau paling banyak 30 menit, kita pasti akan terbangun dengan kekuatan penuh. Istirahat singkat, menurut penulis buku Miracle of Enzyme itu, mengizinkan tubuh melakukan homestatis atau pemulihan diri. Walhasil, kinerja kita di sesi selanjutnya akan berlangsung dengan efektif.

    Tidur siang singkat padat ini, bisa dilakukan setelah habis makan siang disela-sela kesibukan sehari-hari. Pemilihan tempat untuk tidurnya bisa di meja kantor, mobil, angkot, meja belajar, kursi kelas ataupun tempat istirahat.

    Lalu apa manfaatnya?
    Manfaat yang bisa disangatlah banyak dan lebih ampuh dari pada tidur siang berjam-jam. Berikut manfaat yang bisa serupedia rangkum.

    1. Memberikan istirahat yang lebih dari cukup
    Walaupun anda hanya tidur dalam waktu yang relatif singkat, ternyata dapat memberikan manfaat kesegaran di sisa hari kerja anda. Cukup memberikan refreshing di saat anda sedang menjalani rutinitas sehari-hari.

    2. Membuat anda menjadi lebih segar dan aktif
    Setelah anda melakukan tidur siang, maka anda akan terbangun dengan perasaan yang segar. Hal ini akan membuat hari anda menjadi lebih berenergi serta semangat baru untuk melakukan tugas-tugas anda selanjutnya.

    3. Meningkatkan kesehatan jantung
    Power Nap memberikan manfaat dalam kesehatan jantung anda. Selama anda beraktivitas, ada kalanya anda memiliki beban, tuntutan kerja atau pun tuntutan nilai yang mungkin dapat berimbas pada meningkatnya stress yang dirasakan. Tidur sejenak dapat mengistirahatkan anda dari stress yang dirasakan, dan ini memberikan dampak yang baik bagi jantung anda. Dalam jangka panjang, dapat meningkatkan kesehatan jantung.

    4. Meningkatkan memori anda
    Studi yang dilakukan oleh professor David F. Dinges juga membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan power nap memiliki memori atau daya ingat yang lebih baik serta memiliki daya konsentrasi yang lebih bagus. Ini bisa saja karena setelah tidur anda merasa lebih segar sehingga anda dapat lebih berkonsentrasi dan fokus terhadap aktivitas anda.

    5. Membuat mood anda menjadi lebih baik
    Ini adalah manfaat fisik serta emosional yang besar dari tidur. Kesegaran tubuh juga meningkatkan suasana hati Anda juga. Dengan suasana optimis, anda menghadapi sisa hari dengan tingkat tinggi energi dan optimisme.

    6. Meningkatkan kinerja anda
    Dengan peningkatan fokus dan konsentrasi, power nap membantu dalam meningkatkan kinerja anda. Setelah bangun segar dari tidur, anda menangani tugas-tugas dengan pikiran yang segar, membuatnya lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan anda, sehingga meningkatkan kinerja Anda dalam segala hal.

    7. Meningkatkan Daya Berpikir Kreatif
    Penelitian NASA membuktikan, tidur siang selama 30 menit bisa meningkat kemampuan berpikir sebanyak 40 persen, sedangkan tidur siang selama 20 menit cukup bagi otak mengumpulkan energi untuk memperbaiki neuron-neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif. Hasilnya kita jadi lebih waspada, berpikir lebih jernih, meningkatkan ingatan dan kemampuan memecahkan masalah. Otak pun jadi bekerja lebih efektif saat belajar atau menerima informasi baru. Termasuk meningkatkan daya berpikir kreatif sehingga muncul ide-ide baru.

    Beberapa Tips untuk melakukan Power Nap
    Tips pertama: Cari tempat yang enak dan nyaman
    • Di tempat kerja, cari tempat yang tidak ada gangguannya
    • Jika sedang di jalan, coba mencari rest area, jangan parkir di pinggir jalan
    • Hindari apapun yang berpotensi mengganggu, jika keadaan sekitar berisik atau Anda tipe orang yang tidak bisa tidur tanpa dengerin suara, coba putar musik yang membuat merasa rileks
    • Jika Anda melakukannya di siang hari dan merasa silau, bisa juga memakai kacamata hitam atau tutup mata
    Tips kedua: Konsumsi kafein
    • Kedengerannya emang aneh, mau tidur kok malah konsumsi kafein, bukannya malah bikin melek yah.
    • Tapi... kafein tidak akan langsung ngefek begitu Anda mengkonsumsinya, kafein akan diserap di saluran pencernaan dan berefek kurang lebih 45 menit semenjak pertama kali diminum.
    • Gunanya mengkonsumsi kafein itu biar setelah power nap adalah supaya merasa lebih seger dan lebih fresh ketika bangun
    Tips ketiga: Set Alarm
    • Begitu kopi/teh yang Anda minum mau abis, set alarm.
    • buat orang yang susah tidur, boleh di set alarmnya jadi 25-30 menit
    • Buat yang punya kebiasaan mencet tombol snooze, coba taruh alarmnya agak jauhan dari tempat Anda tidur, jadi begitu bunyi mau tidak mau harus bangun untuk mematikannya
    • Begitu selesai konsumsi cafeinnya langsung merem dan rileks
    Tips keempat: Jauhkan dari semua hal yang mengganggu
    • Bahkan jika misal Anda tidak bisa tidur, cukup tutup mata dan berusaha meditasi. awalnya emang belum terbiasa, tetapi jika konsisten maka lama-lama akan terbiasa
    • Boleh juga pasang applikasi-applikasi/lagu-lagu yang ditujukan buat cepet tidur. (di appstore/google play store banyak applikasi semacam ini)
    • Power nap bertujuan mengambil manfaat 2 tahap pertama pada siklus tidur, yang membuat Anda merasa udah istirahat. sinyal elektrik pada jaringan saraf menguatkan koneksi antar saraf yang mempengaruhi ingatan, hal ini membuat otak bekerja lebih cepat dan lebih akurat.
    Tips kelima: Bangun ketika alarm berbunyi
    • Tidur lebih dari 20 menit malah bikin Anda jadi counterproductive, lebih dari 30 menit bisa bikin Anda jadi Sleep inertia, bikin Anda malah lamban, ngerasa lebih ngantuk dan lelah.
    • Begitu bangun langsung lakukan aktifitas fisik, bisa push up ato lompat-lompat kecil
    • Cuci muka juga membantu Anda lebih fresh
    Sumber : Mengenal Power Nap dan Manfaatnya yang Luar Biasa
     
    Marko Sianipar and lasealwin like this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,706
    Likes Received:
    152
    Trophy Points:
    63
    Setuju teman.
    Saya juga sering recharging my energy dengan cara seperti ini
    Dan manfaatnya memang luar biasa.
    Itu waktu tidur sesaat yang membawa semangat baru.
    Salam kreatifitas
     
  3. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Active Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    430
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    awal awal emang sulit dan bikin kepala pusing, tapi 20x kemudian in syaa' Alloh akan berjalan sesuai yang diharapkan, ane biasa nap 2o menitan lah *santai*
     
  4. doninurdians

    doninurdians New Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    pengalaman yang baik tuh,,,makasih atas sharenya
     
    Marko Sianipar likes this.
  5. katon

    katon Well-Known Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,164
    Likes Received:
    89
    Trophy Points:
    48
    Yak betul sekali, saya sering merasakan kantuk di siang hari tapi jarang bisa tidur pulas. Inginnya sih tidur tapi kalau di turuti gak bisa lelap dan justru malah bikin kepala pusing, jadi sekalian dah gak tidur,,,*akhirnya*
     
  6. doninurdians

    doninurdians New Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    itu tandanya kerja otak agan sangat aktif,,,semangat bro,,,
     
  7. doninurdians

    doninurdians New Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    26
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    bagus kalo begitu gan,,,semoga bermanfaat aja ya
    mantap
     
  8. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    85
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    sangat betul karena pernah juga saya alama tidur 3 menit tapi bangunnya segerrr sekali.
     
Loading...

Share This Page