Mengenal Ragam Sajian Minuman Dari Biji Kopi

Discussion in 'General Lifestyle' started by Dhika Suryaatmaja, Oct 13, 2017.

  1. Dhika Suryaatmaja

    Dhika Suryaatmaja Member

    Joined:
    Aug 4, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Indonesia yang merupakan negara produsen dan negara eksportir kopi sudah tentu memiliki banyak varian biji kopi berkualitas dan tentunya sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga sudah terkenal hingga ke manca negara. Kopi-kopi khas Indonesia yang sudah Go Internasional diantaranya adalah Kopi Luwak, Kopi Gayo, Kopi Jawa, Kopi Kintamani dan masih banyak lagi varian lainnya. Secara global kopi yang umum dikenal jenisnya adalah Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

    Untuk menikmati kopi agar cita rasa dan aroma khasnya optimal tentu perlu di racik dengan cara dan teknik khusus, buat kalian yang pecinta kopi, banyak cara untuk menikmati kopi loh! Berikut adalah ragam sajian minuman kopi seperti Espresso, Kopi Tubruk dan Kopi Instan.

    Mengenal Ragam Sajian Minuman Dari Biji Kopi
    1. Espresso

      [​IMG]
      Espresso adalah cara penyajian kopi yang dibuat dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling menggunakan uap panas tekanan tinggi. Espresso juga dapat disajikan dengan berbagai olahan lain, biasanya espresso sering dikombinasikan dengan susu dan air panas. Adapun minuman olahan yang terbuat dari bahan dasar espresso diantaranya adalah:
      – Espresso con panna, espresso yang diberi krim kocok di atasnya.
      – Espresso macchiato, espresso yang diberi susu berbuih di atasnya.
      – Americano, espresso dengan ditambah air panas.
      – Cappuccino, terbuat dari espresso, susu yang diuapkan, dan susu berbuih.
      – Caffe latte, terbuat dari espresso dan susu yang diuapkan. Untuk membuat caffe latte, isi cangkir dengan 1,5 oz. espresso, dan tuangkan uap susu ke atasnya sampai 7/8 penuh.

    2. Kopi Instan
      Kopi instan, atau bisa juga dibilang dengan kopi bubuk dan kopi cepat saji, cara penyajian kopi instans sangat mudah hanya perlu menyeduh koi instans dengan air panas yang mendidih. Kopi instant merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang diseduh dan diproses melalui pengeringan beku atau pengeringan semprot, dan setelah itu bisa direhidrasi. Adapun varian kopi instant adalah NESCAFE, TOP Kopi, Kapal Api dan banyak lainnya.

    3. Kopi Tubruk

      Kopi Tubruk merupakan cara penyajian kopi yang khas dan asli dari Indonesia, cara penyajian seperti ini paling diminati di pulau Bali dan Jawa. Kopi tubruk ini diracik dengan cara memasak biji kopi bersama dengan gula. Kopi tubruk juga merupakan cara yang paling mudah untuk menyajikan kopi, kopi tubruk juga paling nikmat jika diminum sambil menikmati pisang goreng. Adapun minuman olahan dari kopi tubruk diantaranya adalah: baca selengkapnya...
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Cara buat yang kopi tubruk itu gimana tuan? Masaknya biji kopi utuh apa dihaluskan dulu?
     
  3. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kayanya sih beda" tipis sama kopi instan bubuk kalau lihat dari penjelasan di atas, kayanya beda penamaan aja, jadi bikinnya ya itu, di tubruk" sampe halus hihi
     
Loading...

Share This Page