Mengenal Rumah Adat dari Berbagai Daerah di Nusantara

Discussion in 'Arsitektur' started by rahmat gunawan, Feb 28, 2019.

  1. Rumah adat adalah warisan dari lelehur yang harus kita perhatikan dan jaga. Banyak budaya modern yang membuat kita melupakan untuk mengenal budaya kita sendiri yang bisa berakibat punahnya rumah adat tersebut. Bahkan tidak sedikit orang yang tidak mengetahui rumah adat dari daerahnya sendiri. Padahal banyak sekali desain interior dan eksterior rumah adat di nusantara yang dijadikan rujukan banyak interior desainer. Jadi kali ini saya akan membahas mengenai rumah adat dari berbagai wilayah di Indonesia yang tentunya bisa menjadi bahan pembelajaran untuk kita semua dan tidak melupakan budaya leluhur kita sendiri.

    1. Rumah Gadang dari Sumatra Barat

    [​IMG]

    Rumah yang memiliki atap yang unik ini memiliki tampilan yang sangat mencolok dan akan membuat kita merasakan kesan yang natural dan tradisional saat kita melihatnya. Material kayu yang merupakan bahan dasar utama dari rumah ini memberikan kesan hangat dan segar yang membuat kita merasa sangat nyaman saat berada di dalamnya. Terlebih, ruang utama yang besar yang menghubungkan ruangan-ruangan di rumah ini membuat kesan kekeluargaan sangat terasa saat kita berkumpul bersama dengan keluarga. Kalau kamu ingin membuat desain interior rumah dengan gaya etnik dan natural, desain interior rumah gadang ini bisa kamu jadikan rujukan dan referensi yang cocok banget.

    2. Rumah Kasepuhan dari Jawa Barat
    [​IMG]

    Untuk kamu-kamu yang berasal dari daerah Jawa Barat tentunya sudah tidak asing lagi dengan desain rumah adat Jawa Barat ini. Memiliki desain yang unik dan asri membuat anda merasakan kesan alami yang kuat seperti pada rumah adat pada umumnya. Yang menarik dari rumah adat Jawa Barat ini adalah ukiran kayu pada eksterior rumah yang memberikan kesan elegan pada rumah ini. Terlebih bentuk atapnya yang menarik makin membuat kita merasakan kesan etnik pada rumah adat ini.

    Kamu juga bisa membuat rumah adat ini sebagai inspirasi rumah kamu dengan menerapkan bagian-bagian dari eksteriornya seperti desain teras dan pintunya yang elegan yang akan memberikan kesan alami di rumah kamu.

    3. Rumah Joglo dari Jawa Timur
    [​IMG]

    Untuk rumah adat selanjutnya adalah rumah adat yang memiliki nuansa artistik yang sangat kuat, yaitu rumah Joglo dari Jawa Timur. Ukiran kayu yang sangat detail membuat rumah adat ini terkesan sangat artistik dan pastinya membuat siapapun yang melihatnya merasa terkesan. Rumah adat yang terbuat dari bahan dasar kayu ini terlihat sangat asri dan menawan dan sangat cocok untuk anda jadikan inspirasi interior rumah anda. Akan tetapi, anda akan sedikit kesulitan untuk menemukan pengukir yang bisa mengukir desain interior yang sangat detail dan presisi ini. Jadi pastikan anda memiliki budget yang cukup jika anda ingin membuat rumah adat ini.

    4. Rumah Adat Kebaya dari DKI Jakarta
    [​IMG]

    Untuk rumah adat yang terakhir adalah rumah adat dari ibu kota yang tentunya akan sangat sulit ditemui saat ini. Kota Jakarta yang tumbuh menjadi kota metropolitan yang padat penduduk membuat semakin sulit kita temukan rumah tradisional yang menjadi ciri khas dari Jakarta ini. Yang paling menarik dari rumah adat dari Jakarta ini adalah bentuk terasnya yang terkesan santai dan membuat kita nyaman saat berada di dalamnya. Terlebih jika anda memiliki halaman yang luas asri akan membuat rumah adat ini menjadi rujukan yang pas sebagai rumah impian anda dan keluarga.
     
  2. 9capsokue

    9capsokue Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Wah keren ya konstruksi bangunan dari Indonesia.
     
Loading...

Share This Page