Mengenal Sejarah dan Pengertian dari Gambar Teknik

Discussion in 'Photography' started by infoana, May 17, 2017.

  1. infoana

    infoana Member

    Joined:
    Mar 31, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sebelum kita tahu lebih jauh tentang gambar teknik, alangkah baiknya kita mengenal khususnya dahulu apa itu gambar teknik. Gambar teknik adalah perpaduan terhadap gambar seni dan gambar sains yang bisa digunakan untuk selesaikan lebih dari satu gangguan keteknikan. Jika kita runut sejarah dari gambar teknik maka kita dapat tahu bahwa sebelum saat dapat terdapatnya gambar teknik, peradaban manusia sudah tahu gambar seni khususnya dulu. Itu dibuktikan bersama dengan bersama dengan terdapatnya bukti penemuan dari para ahli benda purbakala yaitu berbentuk gambar seni yang tersedia terhadap batu-batu dan dinding-dinding purbakala. Gambar seni yang ditemukan itu tunjukkan bahwa gambar seni merupakan sebuah alat yang digunakan untuk tunjukkan buah pikiran, kehendak, perasaan dan juga momen yang berlangsung terhadap masa itu.

    Gambar teknik terhadap awalnya dipraktikan oleh Leonardo Da Vinci terhadap abad 15 sampai abad 16, supaya beliau dijuluki sebagai Bapak Gambar Teknik. Dan terhadap akhir abad 16, Gaspard Monge yang seorang ahli matematika dari Perancis meraih sebuah sistem menggambar bersama dengan bersama dengan mengfungsikan dua bidang proyeksi yang saling tegak lurus. Atau sistem ini bisa disebut bersama dengan bersama dengan proyeksi siku-siku atau proyeksi ortogonal. Pada th. itu proyeksi ini begitu populer dan sering digunakan untuk menggambar perancangan bangunan kapal maupun peralatan perang.

    Lalu terhadap abad 18 banyak didirikannya sekolah teknik yang tekankan mata pelajaran gambar mewarnai bersama dengan teknik di didalam kurikulumnya. Hal itu berlangsung dikarenakan terhadap masa itu James Watt seorang ilmuan dari inggris meraih mesin uap, yang mengakibatkan terjadinya pergantian besar-besaran di didalam sistem memproduksi terhadap pabrik. Yang mula-mula di didalam sistem memproduksi mengfungsikan tenaga manusia dan hewan, waktu ini diganti mengfungsikan mesin uap. Karena pergantian besar-besaran yang berlangsung itu, maka diperlukanlah sebuah bahasa komunikasi terhadap perencana bersama dengan bersama dengan pelaksana yang di mana bahasa itu wajib singkat dan jelas. Lalu mulailah mengfungsikan gambar kerja yang bisa dipahami oleh ke-2 belah pihak. Dari situlah menjadi didirikannya sekolah teknik yang tekankan mata pelajaran gambar teknik.

    Ada begitu banyak tokoh yang memberi tambahan pengertian dari gambar teknik, berikut lebih dari satu pengertian gambar teknik menurut lebih dari satu tokoh :
    1- FH. Homan dan Ir. Sutomo Wongsocitro, gambar teknik adalah bahasa yang dipergunakan terhadap perancang dan pelaksana.
    2- James S.Rising dan Maurice W.Almfedt, engineering graphic is the combination of these arts plus science of drawing applicable of the solution of engineering problems.
    3- Thomas E.French dan Charles I.Fierck, engineering drawing is the graphic language used into the industrial international by engineers plus designers to express plus record the ideas plus knowledge necessary for the building of machines plus structures.
    4- Warren I. Luzadder, technical drawing is a graphic language that is used universally by engineers to describe the shape plus size of structures plus mechanism.

    Jadi bisa disita asumsi bahwa gambar teknik wajib bisa dipahami terhadap perancang gambar bersama dengan bersama dengan pelaksana gambar di didalam wujud yang singkat dan jelas, dan tidak meninggalkan segi seni gambarnya (keindahan gambarnya). Demikianlah sejarah dan pengertian dari gambar teknik, semoga bisa tingkatkan wawasan kita tentang gambar teknik.
     
  2. erwinimg

    erwinimg New Member

    Joined:
    May 17, 2021
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Oke oke siap, dimengerti Gan Hehe
     
Loading...
Similar Threads - Mengenal Sejarah Pengertian
  1. mahasena69
    Replies:
    0
    Views:
    5,251

Share This Page