Mengenal Sistem Pendidikan Negara Jepang Dan Korea Selatan

Discussion in 'Education' started by Ahwas, Nov 24, 2017.

  1. Ahwas

    Ahwas Member

    Joined:
    Nov 16, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    International School Jakarta - Di Jakarta pada saat ini sudah banyak ditemukan sekolah berstaraf internasional yang dapat kita jadikan refrensi untuk kalian yang ingin masuk ke sekolah internasional atau kalian para orang tua yang ingin memasukan anak anda ke sekolah berstaraf internasional.


    - Pendidikan Jepang

    [​IMG]

    Ada berbagai macam system pendidikan yang dilakukan disetiap Negara, terutama system pendidikan Jepang dan Korea selatan yang sempat jadi sorotan masyarakat Indonesia. Kedua Negara ini sangat lah ketat dalam mendidik warganya dalam pendidikan.

    Di Jepang sendiri pernah mengubah sistem pendidikan 2 kali karena memberikan dampak yang buruk terhadap anak pelajar, yang di sebut “Yutori Kyouiku” yaitu pendidikan yag lebih longgar. Misalnya hari sabtu diliburkann dan buku pelajaran jadi lebih tipis. Namun akibatnya para siswa menjadi kurang memahami teori yang disampaikan, dan akhirnya system ini dihapus dan diubah ke “Datsu Yutori Kyouiku” sabtu tetap liburdan buku jadi tebal kembali.


    - Pendidikan Korea Selatan

    [​IMG]

    Sistem pendidikan korea selatan tergolong disiplin dan terstruktur karena adanya pengaruh konfusianisme yang sudah tertanam sejak lama dalam masyarakat Korea. Dengan adanya system tersebut maka siswanya jarang memiliki waktu cukup untuk bersantai karena banyak nya sebuah tekanan agar mereka bisa masuk ke universitas terbaik di korea. Banyak nya dampak buruk yang ditimbulkan oleh system pendidikan korea seperti adanya bunuh diri yang dilakukan siswa karena merasa perjuangan yang selama ini dilakukan sia-sia.


    Ada kelebihan yang di miliki korea selatan adalah Negara yang pertama kali memberikan akses internet berkecapatan tinggi disetiap sekolahnya.


    Dua Negara tersebut menerapkan sekolah lebih dari 10 jam bagi para siswa tingkat atas yang sedang mempersiapkan masuk ke universitas, walaupun ada hari libur mereka akan menghabiskan waktu libur tersebut dengan les atau bimbingan belajar dan menghabiskan waktu diruang baca. Dan sistem libur yang sama dengan Negara lain mereka akan dapat libur saat musim panas dan musim dingin.


    Sistem pendidikan di Korea selatan berformasi sama dengan Indonesia, yaitu:

    1. 6 tahun di sekolah dasar.

    2. 3 tahun sekolah menengah pertama

    3. 3 tahun sekolah menengah atas

    4. Dan meneruskan ke Universitas.


    Setelah melihat artikel diatas pasti kalian para pembaca ingin memasukan anak anda atau anda sendiri yang sedang mencari sekolah internasional, kunjungi www.ichtusschool.com ialah sekolah yang berstaraf internasional yang sangat perduli dengan pendidikan siswanya. dan memberikan pendidikan spiritual, karakter, dan pendidikan dasar lainnya. Bergabung lah dengan Ichtus Schools international school in Jakarta.
     
  2. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Sistem di korea tuh ketat banget ya dahsyat, aku sih taunya dari drama drama yang ada di korea, biasanya pelajar di korea yang frustasi karena terlalu tekun ampa stress, terus bunuh diri deh huhu *bye*
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Luar biasa yaaa, apalagi JEPANG, mantap banget sistem dan minat siswa"nya untuk belajar
     
  4. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    di jepang dan kore banyak siswa yang stress karena tekanan belajar yang tinggi...
     
  5. yani333

    yani333 New Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tidak bisa dipungkiri walau bagaimana pun Korea Selatan tetap tidak bisa dipisahkan dengan Jepang yang sangat mengedepankan kedisiplinan dalam pendidikan. Tentu saja hal ini tidak terlepas karena Korea Selatan sekian lama berada dalam jajahan Jepang, dan baru merdeka ketika negeri Sakura ini kena boom. Kendati demikian, tidak bisa dinafikan Korea Selatan adalah salah satu negara bekas jajahan yang bisa bangkit dengan sedemikian cepat dan sekarang produk-produk sudah mulai menguasai pasar Indonesia, ya termasuk film sama K-Pop nya. ;)

    Entah apakah ini karena mereka memiliki metode pendidikan yang sangat mengedepankan kedisiplinan kayak Jepang? Jika emang iya, kayaknya gak ada salahnya jika bangsa ini juga mulai mengambil pelajaran dari Negeri Ginseng ini.

    :):):)
     
  6. wini hamidah

    wini hamidah Member

    Joined:
    Jul 22, 2018
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    coba indonesia sistem pendidikannya bisa seperti ini, lebih disiplin
     
  7. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    kalo sistem belajar korea diterapin di indo gimana ya? saya yang baru merasakan rumitnya kurtilas pun pengen ngopi bareng jesica
     
Loading...

Share This Page