Mengenal Web Developer, Profesi yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Discussion in 'Programming' started by SatyaAR, Jun 22, 2020.

  1. SatyaAR

    SatyaAR New Member

    Joined:
    Dec 11, 2019
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Web Developer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang, membuat dan memelihara sebuah web dan atau aplikasi web tersebut. Profesi ini semakin dibutuhkan perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi atau IT sejalan dengan tren bisnis yang serba digital.

    Beragam jenis web dapat kita jumpai di internet. Web Developer mempunyai tugas yang secara garis besar kami sebutkan di atas untuk beragam fungsi sebuah web, mulai dari bisnis hingga keperluan pribadi. Anda dapat menjadi seorang Web Developer dengan status sebagai karyawan sebuah perusahaan atau bekerja lepas. Jenis perusahaan pun dapat berbagai macam, mulai dari firma yang bergerak khusus untuk konsultasi hingga pembuatan aplikasi.

    Sub Profesi Web Developer

    Web Developer merupakan profesi yang luas. Setidaknya ada tiga sub profesi yang merupakan turunan dari Web Developer. Yang pertama adalah Front End Developer, si penjaga gawang atas tampilan sebuah situs. Profesi ini mewajibkan pelakonnya menguasai bahasa pemrograman, seperti Hypertext Markup Language atau HTML, CSS dan Javascript.

    Selain itu, seorang Front End Developer harus bisa membuat desain situs yang menarik dan responsif bagi pengguna. Oleh karena itulah, ia harus mengikuti perkembangan desain web terbaru agar tampilan web dan aplikasi segar dan terkini. Dalam kesehariannya, seorang Front End Developer banyak bermitra dengan UI/UX desainer, sebagai periset atas selera pengguna atas desain web dan aplikasi. Front End Developer juga mempunyai pekerjaan membangun fitur antar muka yang mudah digunakan oleh pengguna.

    Web Developer kedua adalah Backend Developer, yang bertugas mengelola bagian sisi dalam website, seperti server, aplikasi dan database. Ia bekerja menghitung, menyimpan data pengguna, memproses formulir pendaftaran dan lainnya. Seorang Backend Developer wajib menguasai bahasa pemrograman, seperti PHP, Python, NodeJS, SQL dan Ruby.

    Yang ketiga adalah Fullstack Developer, yang bertugas membuat sisi luar dan dalam website. Dengan kata lain, seorang Fullstack Developer harus menguasai Frontend and Backend dalam waktu bersamaan.

    Kualifikasi Web Developer

    Untuk menjalani profesi ini secara baik, berikut kualifikasi yang harus Anda kuasai. Yang pertama adalah mengerti tentang dunia komputer dan sistem informasi. Anda juga harus mengetahui perkembangan dunia IT terbaru. Selain itu, ia harus teliti dan sanggup memecahkan masalah, terutama terkait salah satu pengkodean atau jika terdapat bug dalam sebuah web. Ia harus bisa membuat analisa logis tentang suatu masalah lalu mengatasinya tepat waktu.

    Ada keahlian non-teknis yang tidak bisa diabaikan perannya. Anda harus bisa bekerja secara individu maupun menjadi bagian dari tim. Pelajari cara komunikasi yang baik agar proyek berjalan lancar. Pertahankan keahlian ini untuk tugas yang beraneka ragam sehingga Anda harus tetap fokus menangani berbagai proyek dalam satu waktu. Anda harus bisa menginformasikan perkembangan proyek tersebut ke klien, atasan hingga mendiskusikannya dengan sesama rekan satu proyek.
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    57
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Terimakasih untuk informasinya. Menarik sekali untuk mempelajari bahasa-bahasa pemrograman tersebut.
     
Loading...

Share This Page